Pemprov DKI Bersama Unsur TNI Polri Mulai Beri Vaksin untuk Warga Berumur 18+

Jurnalis : Anand Yahya , Fotografer : Anand Yahya

Joe Riadi, Ketua TTD Tzu Chi Indonesia berbincang dengan Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan tantang pelaksanaan sentra vaksin di Pasar Tanah Abang yang melibatkan tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan Pemkot Jakarta Pusat.

Pemkot Jakarta Pusat mulai membuka fasilitas sentra vaksinasi di Tanah Abang tepatnya di Pasar Tanah Abang Blok F Jakarta Pusat. Sasarannya adalah penduduk berusia 18+ tahun, usia pra-lansia (50–59 tahun), serta pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdomisili dan bekerja di DKI Jakarta. Sentra vaksinasi ini menjadi sentra vaksinasi perdana yang melayani pemberian vaksin kepada masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas.

Berlokasi di depan pasar Tanah Abang Blok F, sudah banyak warga yang duduk mengantre untuk divaksin. Pendaftaran peserta vaksinasi pun sudah dapat dilakukan hanya dengan membawa kartu identitas khusus DKI Jakarta. Pelayanan sentra vaksinasi ini berlangsung serentak di semua wilayah DKI Jakarta pada 17 Juni 2021.

Menanggapi hal ini, Yayasan Buddha Tzu Chi sudah menjalin nota kesepahaman dengan TNI-Polri dan Pemda DKI Jakarta untuk mensukseskan vaksinasi nasional khususnya di DKI Jakarta. “Kami diminta untuk membantu kegiatan vasinasi di Jakarta, Yayasan Buddha Tzu Chi membantu untuk menyalurkan konsumsi di 9 titik sentra vaksin di DKI Jakarta,” ujar Joe Riadi.

Relawan Tzu Chi menyaksikan pelaksanaan vaksinasi covid 19 di pasar Tanah Abang didampingi tenaga medis dari Pemkot Jakarta Pusat.

Bantuan makanan vegetaris ini diberikan untuk para tenaga medis dan aparat TNI-Polri dan SatPol PP yang bertugas.

“Untuk hari ini kita membagikan 70 paket nasi kotak vegetaris di sentra vaksin pasar Tanabang Blok F ini,” lanjut Joe Riadi.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Hengki Haryadi mengatakan sentra vaksin yang diadakan hari ini targetnya bisa memberi vaksinasi kepada warga DKI Jakarta sebanyak seribu vaksin.

“Ini perwujudan dari rapat kami dari tiga pilar yaitu walikota Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat dan Dandim Jakarta Pusat untuk bersama-sama khususnya TNI-Polri untuk bersama-sama mem-backup pemerintah kota dalam rangka akselerasi vaksinasi sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo yaitu pada bulan Agustus 2021 bisa mencapai 7,5 juta masyarakat sudah divaksin,” ujarnya.

Kapolres Jakarta Pusat, Komisaris Besar Hengki Haryadi menyaksikan langsung pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Pasar Tanah Abang. Ibu Emi warga Kebon jeruk menerima vaksin pertama dari tenaga medis Pemkot Jakarta Pusat.

Dhany Sukma, Wali Kota Jakarta Pusat yang turut menyaksikan peroses vaksinasi di Pasar Tanah Abang ini mengatakan, khusus untuk Jakarta Pusat, pemkot mempunyai target sampai dengan akhir bulan Agustus 2021 harus mencapai 800 ribu warga yang sudah divaksin.

“Kami punya target untuk Jakarta Pusat mulai hari ini hingga akhir Agustus 2021 harus mencapai 800 ribu warga yang berumur 18+ sudah divaksin. Sementara kemampuan tim kami harus mencapai 16 ribu orang perhari sudah divaksin sehingga bisa tercapai dengan mengadakan sentra -sentra vaksinasi salah satu yang kita lakukan adalah dalam rangka mencukupi target dalam sehari itu 16 ribu kita melakukan vaksinansi,” ujar Dhany Sukma.

Salah satu warga penerima vaksin adalah Ibu Emi (44) warga Kebon Jeruk. Ia menuturkan bahwa sebenarnya ia telah mendaftar di Puskesmas Kebon Jeruk namun setelah sampai di Puskesmas ternyata kuotanya sudah habis, ia pun mengurungkan untuk menjalani vaksin dan menunggu jadwal berikutnya.

Teguh Harianto menjalani vaksinansi Covid 19 disaksikan Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Hengki Haryadi, Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P.

Karena gagal divaksin, Emi berniat berbelanja pakaian di pasar Tanah Abang, beruntung di pasar ini ada sentra vaksin. “Saya niatnya ke sini mau beli rok (pakaian) eh ternyata di sini ada layanan vaksin, saya coba tanya apakah bisa vaksin ternyata boleh hanya dengan membawa KTP DKI. Cek kesehatan bagus semua saya langsung bisa divaksin, ini lagi tunggu 30 menit setelah itu boleh pulang.” ungkap Emi.

Lain halnya dengan Teguh Harianto, pemuda 24 tahun ini dengan berseragam satu perusahaan bersama enam kawan kantornya datang bersama-sama untuk divaksin. Teguh Harianto dari PT Sinar Jernih Saran,a petugas cleaning service mendapat kabar dari perusahaan tempatnya bekerja untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

“Di tempat saya kerja sekarang diwajibkan untuk divaksin” ungkap Teguh. Teguh mengungkapkan sebenarnya dirinya sudah berkeinginan untuk menjalani vaksin namun, ia tidak mengerti prosedur untuk menjalani vaksin.    
    

Emi, warga Kebon Jeruk berfoto bersama dengan Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Hengki Haryadi, Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P setelah menerima kartu vaksinasi pertama yang dilaksanakan di sentra vaksin pasar Tanabang Blok F Jakarta Pusat.

Sementara itu, Sentra Vaksinasi perdana di pasar Tanabang Blok F ini dihadiri oleh Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Hengki Haryadi, Dandim 0501/Jakarta Pusat BS Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P., sebagai Aparat gabungan unsur Tiga Pilar khususnya TNI-Polri untuk bersama-sama mendukung Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Vaksinasi di Kampung Sambawofuar Distrik Samofa

Vaksinasi di Kampung Sambawofuar Distrik Samofa

28 Maret 2022

Tzu Chi Biak berkerja sama dengan TNI AU / Koopsau III di Biak melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi masyarakat, Kamis 17 Maret 2022. Sebanyak 192 paket sembako disalurkan bagi warga yang mengikuti vaksinasi ini.

Pemprov DKI Bersama Unsur TNI Polri Mulai Beri Vaksin untuk Warga Berumur 18+

Pemprov DKI Bersama Unsur TNI Polri Mulai Beri Vaksin untuk Warga Berumur 18+

18 Juni 2021

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan 70 kotak makanan vegetaris untuk para tenaga medis dan aparat TNI-Polri dan SatPol PP yang bertugas di sentra vaksinasi Nasional di Pasar Tanabang Blok F Jakarta Pusat.

Vaksinasi Covid-19 di Lampung

Vaksinasi Covid-19 di Lampung

23 Juni 2021

Pada Jumat, 18 Juni 2021 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Penghubung Lampung mengadakan vaksinasi Covid-19 yang bekerjasama dengan Polda Lampung. Dalam kegiatan ini, sebanyak 230 peserta yang berhasil divaksinasi.

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -