Pengenalan Gizi Seimbang untuk Para Ibu di Kutai Barat

Jurnalis : Nur Rizda Malay (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Fahri Al Fikri, Veronika One Savitri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Dr. Elyas Santoso memberikan penjelasan tentang stunting dengan materi Gizi Seimbang.


“Cara mengatur orang lain bukanlah dengan jalan memerintah, melainkan harus memberikan teladan dengan tindakan nyata”
 (Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Masalah stunting masih menjadi perhatian relawan Tzu Chi di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Untuk itu relawan melakukan pencegahan stunting dengan memberikan penyuluhan di Balai Penitipan Anak (BPA) Divisi 1 dan 2 Sungai Kedang Estate. Kali ini dr. Elyas Santoso menyampaikan penyuluhan tentang makanan bergizi seimbang untuk ibu hamil dan balita.

Kedatangan relawan disambut antusias oleh para ibu yang membawa anak balitanya. Mereka banyak yang hadir lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Senyum di wajah mereka menjadi acuan semangat relawan untuk melakukan kegiatan dengan penuh suka cita. Setelah semuanya siap, Dokter Elyas segera memberikan penjelasan bahwa gizi yang seimbang untuk ibu hamil dan balita perlu diperhatikan agar ibu hamil dan balita selalu sehat dan mencegah terjadinya stunting.

Salah satu peserta memberikan kesannya tentang kegiatan ini.

Tak hanya orang tua, bahkan anak-anak pun antusias mengikuti kegiatan ini.

Stunting wajib diwaspadai karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Anak-anak yang mengidap stunting cenderung memiliki sistem imun yang lemah, lambat memahami sesuatu, memiliki badan yang pendek (kerdil) dan mengidap penyakit kekurangan gizi kronis sehingga membuat berat badan anak-anak sulit naik. Maka dengan itu dianjurkan kepada ibu-ibu untuk memberikan makanan bergizi seimbang yang bisa membuat balita tumbuh sehat dan cerdas,” jelas Dokter Elyas.

Lebih lanjut dokter juga menjelaskan jika sebaiknya dilakukan pengecekan pada masa awal kehamilan, dari awal masa kehamilan dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu hamil sebagai pencegah terjadinya anemia yang menimbulkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah, serta mencegah kegagalan perkembangan organ bayi selama masa kehamilan,” sambungnya.

Nova Triana Tarigan juga memberikan penyuluhan kepada ibu hamil dan balita.

Selain dokter, Nova Triana Tarigan, salah satu relawan Dharma Wanita juga memberikan penyuluhan kepada ibu hamil dan balita.  “Yang perlu diperhatikan dalam pencegahan stunting yaitu perbaikan pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih,” jelasnya. “Sebagai contoh makanan yang sehat untuk ibu hamil dan balita mencakup karbohidrat, protein lemak, vitamin, dan mineral,” tambahnya.

Para orang tua antusias merespon kegiatan ini sehingga diberikan kesempatan kepada salah satu peserta untuk memberikan kesannya pada penyuluhan kali ini.  “Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini kami sangat berterima kasih, sehingga kami ibu-ibu di sini semakin paham dan pentingnya memperhatikan gizi anak-anak kami,” ungkap Amira salah satu peserta.

Relawan Tzu Chi memberikan makanan tambahan dan susu kepada anak-anak.

Pada akhir penyuluhan, relawan bersama dr. Elyas membagikan makanan tambahan dan susu untuk para balita. Karena Susu mengandung protein dan berbagai jenis nutrisi untuk mendukung anak mencapai tinggi badan dan berat badan ideal, serta meningkatkan kecerdasan pada anak. Relawan berharap penyuluhan ini dapat diambil manfaat ilmunya dan dapat diterapkan kepada ibu, calon ibu dan anak-anak.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Sebuah Kolaborasi Untuk Cegah Stunting

Sebuah Kolaborasi Untuk Cegah Stunting

02 Maret 2023

Sebanyak 44 anak dari enam desa di Kecamatan Natar diberikan makanan tambahan oleh Komunitas Relawan Tzu Chi APP Sinar Mas dari PT Konverta Mitra Abadi (KMA) Lampung.  

Pemberian Bingkisan Cinta Kasih Peduli Stunting Bersama Yayasan Sehati

Pemberian Bingkisan Cinta Kasih Peduli Stunting Bersama Yayasan Sehati

06 Oktober 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Yayasan Sehati dalam kegiatan bernama “Peduli Stunting” yang diadakan di Apartemen Arandra, Kelurahan Cempaka Putih Timur.

“Anak Sehat, Anak Bahagia”

“Anak Sehat, Anak Bahagia”

24 November 2022

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Lampung mengadakan penyuluhan pencegahan kurang gizi kronis (stunting) dan pemberian makanan tambahan kepada warga Desa Batu Ampar.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -