Peningkatan Kerjasama dalam Penanggulangan Bencana

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Relawan Tzu Chi Indonesia mengunjungi Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur untuk bersilaturahmi serta melakukan penandatanganan MoU kerja sama penanggulangan bencana bersama BNPB.

Sebagai bentuk kepedulian serta ikut dalam penanganan bencana alam di Indonesia, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penandatanganan MoU kerja sama di Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur pada Selasa, 18 Oktober 2022.

Penandatanganan kerja sama ini merupakan pengukuhan secara resmi dimana Tzu Chi Indonesia dan BNPB akan saling bersinergi dalam kegiatan penanganan serta pemberian bantuan kepada korban bencana alam di Indonesia.

Bentuk kerja sama yang nantinya akan dilakukan oleh kedua belah pihak adalah berupa kerja sama dalam penguatan strategi mitigasi bencana, kolaborasi dalam penyaluran bantuan pascabencana, kerja sama dalam penanggulangan bencana pada tahap tanggap darurat yang meliputi kegiatan evakuasi korban dan pelayanan kesehatan, kerja sama dalam tahap rehabilitasi dan rekonstruksi bagi penyintas bencana, dan pengembangan kapasitas relawan kebencanaan dalam bidang penanggulangan bencana melalui berbagai kegiatan seperti simposium, seminar, serta pelatihan.

Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma memperkenalkan Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, dan relawan Komite Tzu Chi Rebecca Halim dan relawan Tzu Chi lainnya kepada Kepala BNPB dan jajarannya.

Setelah penandatanganan MoU, Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma dan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M mengangkat MoU perjanjian kerja sama dengan didampingi Ketua Tzu Chi Indonesia, Liu Su Mei, relawan Komite Tzu Chi Rebecca Halim, Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia Joe Riadi dan jajaran dari BNPB.

Dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma dan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M saling memperkenalkan jajaran relawan Tzu Chi Indonesia dan jajaran staf BNPB. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah serta saling menandatangani MoU kerja sama yang disaksikan oleh Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, relawan Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, relawan Komite Tzu Chi Jakarta, dan jajaran dari BNPB.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M menyambut baik kunjungan serta penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Tzu Chi Indonesia dan BNPB. “Kami merasa senang karena secara resmi tadi BNPB melaksanakan kerja sama dalam bentuk MoU kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia,” kata Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M.

Setelah kegiatan penandatanganan MoU kerja sama selesai, kegiatan diakhiri dengan saling bertukar suvenir berupa plakat dari BNPB dan beberapa buku karya Pendiri Tzu Chi Master Cheng Yen dari Tzu Chi Indonesia.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berguna bagi penganggulangan bencana secara keseluruhan sehingga dampaknya nanti akan terasa bagi masyarakat yang terkena dampak bencana supaya bisa lebih cepat, lebih lengkap, teratasi segala masalah yang harus dipecahkan,” harap Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M lebih lanjut.

Dalam kesempatan penandatanganan MoU kerja sama ini, Tzu Chi Indonesia dan BNPB saling bertukar suvenir berupa plakat dari BNPB dan beberapa buku karya pendiri Tzu Chi, Master Cheng Yen. 

Wakil Ketua Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M, Ketua Tzu Chi Indonesia Liu Su Mei, relawan Komite Tzu Chi, Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, dan jajaran dari BNPB berfoto bersama setelah kegiatan penandatanganan MoU kerja sama berakhir.

Sebelumnya di tahun 2020, BNPB juga memberikan penghargaan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dalam tema Penanggulangan Bencana Urusan Bersama. Tzu Chi mendapatkan predikat sebagai organisasi masyarakat yang berkontribusi dalam aksi tanggap bencana dan rehabilitasi pascabencana di sejumlah daerah bencana seperti penanganan gempa di Lombok dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Tzu Chi menerima penghargaan tersebut dalam kategori Organisasi yang Peduli dan Berperan Aktif dalam Penanggulangan Bencana di tahun 2019.

Dalam kesempatan penandatanganan MoU kerja sama ini, Ketua Tim Tanggap Darurat (TTD) Tzu Chi Indonesia, Joe Riadi yang ikut hadir juga bersyukur karena dapat terus menjali jodoh baik dan meningkatkan kerja sama dengan BNPB.

“Kita dengan BNPB juga sudah sering bekerja sama, jadi hari ini ditingkatkan lagi dengan penandatanganan MoU sehingga menjadi lebih jelas apa yang mau kita lakukan bersama BNPB. Kerja sama akan kita tingkatkan dalam penyaluran bantuan bencana, bantuan kerelawanan, bantuan pelayanan kesehatan, sama kedepannya pelatihan untuk relawan kebencanaan. Semoga ini bisa berjalan kedepannya dan bisa lebih cepat bantuannya sampai ke korban jika terjadi bencana,” papar Joe Riadi.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Peningkatan Kerjasama dalam Penanggulangan Bencana

Peningkatan Kerjasama dalam Penanggulangan Bencana

19 Oktober 2022

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan penandatanganan MoU kerja sama dalam penanggulangan bencana alam di Indonesia pada 18 Oktober 2022 di Graha BNPB Jakarta.

Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -