Penuh Berkah, Juga Penuh Syukur

Jurnalis : Eny Herlina (Tzu Chi Bandung) , Fotografer : Eny Herlina (Tzu Chi Bandung)

Titin Supriatin senang bekesempatan memberikah kasih yang tulus pada anak- anak panti.

Para relawan Tzu Chi Bandung mengunjungi Panti Asuhan Bhakti Luhur Alma yang berada di Jalan Taman Kopo Indah II, Kabupaten Bandung, 7 Desember 2023. Kunjungan kasih ini sekaligus dalam rangka menyambut Natal 2023.

Para relawan sangat bersukacita karena diterima baik oleh Suster Maria, Suster Linda dan pengurus lainnya. Anak-anak panti pun bersorak sorai menyambut kedatangan para relawan. Adapun yang dibawa oleh relawan yakni beras, telur, biskuit, kue kering, diapers, minyak goreng dan masker medis.

Diawali sambutan dari Pepeng Kuswati, relawan Tzu Chi dan doa dari seorang suster kemudian relawan pun mempersembahkan lagu isyarat tangan Satu Keluarga. Relawan dan anak-anak panti juga menyanyikan lagu Dalam Yesus Kita Bersaudara, juga lagu Hidup Ini Adalah Kesempatan. Suasana makin meriah lagi dengan menari bersama dengan lagu I want christmast dan Joy to the world.

Di sesi bincang-bincang dan makan kue bersama, para pengasuh panti mendapatkan motivasi agar tetap bersabar dalam mengasuh anak-anak panti. Acara ditutup dengan hiburan berupa nyanyian dengan lagu Senyuman Terindah.

Para relawan begitu bersyukur mengikuti  kunjungan ini. Mereka diberikan kesempatan dan ladang berkah berbuat kebaikan.

Firly Agisni Pramono, relawan Tzu Chi sangat bahagia melihat ekspresi wajah bahagia dan juga perasaan bersyukur anak-anak dengan kedatangan relawan. Melihat semangat anak- anak panti yang memiliki keterbatasan namun masih bisa memaksimalkan semuanya membuat Firly tersadar untuk lebih bersyukur dengan apa yang Tuhan sudah berikan.

 “Melihat semangat mereka tanpa mempedulikan keterbatasannya membuat saya merasa tertampar karena saya suka ngeluh, tapi melihat mereka jadi banyak bersyukur,” lirih Firly.

Bagi Devis Pramudya Nanda, kunjungan ini merupakan yang pertama kali di dalam hidupnya. Ia sangat terharu karena bisa langsung melihat kondisi kehidupan di panti. “Pertama saya ikut kunjungan ke panti ini, terharu lihat mereka yang yang serba kekurangan tapi punya semangat untuk hidup, mengingatkan saya untuk bersyukur atas apa yang telah saya punya sekarang,” ucap Davis.

Titin Supriatin, relawan lainnya juga sangat terkesan dengan kunjungan kasih kali ini. Saya rasa ini pembelajaran baik buat saya juga relawan lain pentingnya bersyukur,” ujar Titin

Para relawan Tzu Chi begitu bersyukur mengikuti  kunjungan kasih ini. Mereka diberi kesempatan dan mendapat ladang berkah berbuat kebaikan dan dapat melatih diri untuk selalu penuh rasa syukur dan lebih memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar yang membutuhkan bantuan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran 2019: Paket Lebaran untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas di Desa Maruyung

Paket Lebaran 2019: Paket Lebaran untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas di Desa Maruyung

10 Juni 2019

Para relawan Tzu Chi Bandung terus meluangkan waktu untuk berbagi kasih dengan anak-anak penyandang disabilitas di Desa Maruyung. Pada kesempatan ini relawan Tzu Chi juga membagikan paket lebaran yang terdiri dari beras, minyak goreng dan bermacam biskuit bagi 32 anak berkebutuhan khusus.

Mengasihi Opa dan Oma Sepenuh Hati

Mengasihi Opa dan Oma Sepenuh Hati

31 Maret 2015
Para relawan Tzu Chi dalam setiap kunjungan kasih selalu berbaur mendekatkan diri kepada opa dan oma. Mereka selalu diajak berbicara maupun bercerita agar hati mereka menjadi nyaman. Misalnya saja Opa Yusuf. Pada hari itu, opa yang sudah berumur 72 tahun.
Harapan Dalam Kunjungan Kasih

Harapan Dalam Kunjungan Kasih

29 Februari 2016

Senyum cerah terlihat dari semua wajah para penghuni Panti Jompo Wisma Sahabat Baru, Jakarta barat, pada Minggu pagi, 21 Februari 2016, saat relawan Tzu Chi berkunjung. Walaupun kunjungan Kasih ke panti ini telah sering dilakukan, namun selalu membuahkan kisah dan pengalaman yang berbeda setiap bulannya.


Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -