Penyerahan Kunci Bantuan Rumah Layak Huni, Sri Yatno: “Terima kasih Tzu Chi dan relawan Tzu Chi

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Tjong Mia Yolanda Ketua He Qi Timur memberikan pesan cinta kasih kepada keluarga Sri Yatno dan Srie Hidayanti bahwa pembangunan rumah ini berkat kerja sama dengan pemda DKI Jakarta dan dana pembangunan rumah ini berasal dari cinta kasih banyak orang melalui celengan bambu.

Suasana haru menyeruak di Rt.002/05 Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat. Raut wajah bahagia Sri Yatno (60) dan Sri Yati (57) tak bisa disembunyikan. Pria paruh baya itu mondar-mandir menerima delapan orang relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Timur dan sekretaris Lurah Kemayoran, Ketua RT dan RW, serta tokoh masyarakat yang bertamu ke rumahnya.

Sri Yatno sendiri adalah salah satu penerima manfaat program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi  Indonesia tahun 2023. Sri Yatno mengisahkan kondisi kehidupan keluarga yang menempati rumahnya yang tak layak huni bersama dua anak dan menantu serta cucu. “Rumah saya sebelum dibangun berantakan nggak karuan, atap hampir semua bocor, keropos semua kalau hujan pasti banjir, Pak,” ungkap Sri Yatno.

Pada penyerahan kunci rumah ini relawan komunitas He Qi Timur juga memberikan kipas angin dan peralatan makan kepada keluarga Sri Yatno dan keluarga Srie Hidayanti.

Relawan Tzu Chi komuitas He Qi Timur juga memberikan celengan bambu kepada Sri Yati (istri Sri Yatno) untuk mulai berdana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Jika hujan datang Sri Yatno harus menutupi sebagian atap rumah dengan plastik lebar agar air mengalir ke kamar mandi rumahnya. Selain itu, ia sering mengalami sakit-sakitan jika musim penghujan tiba. Sri Yatno juga mengidap penyakit diabetes sudah 15 tahun dan kelainan kulit di telapak tangan yang mengalami kulit tebal (kapalan). Saat ini Sri Yatno harus kontrol ke rumah sakit satu bulan sekali.

“Saya sakit itu pasti ada aja nggak tahu kenapa? Tetapi saya ikhlas bersyukur mungkin Tuhan sedang menguji saya,” ujar Sri Yatno. “Saya sangat bersyukur kehadirat Allah SWT, atas bantuan perbaikan rumah saya dan keluarga dari Yayasan Buddha Tzu Chi, semoga Tzu Chi dan seluruh relawannya selalu diberkahi kesehatan dan keselamatan dalam bekerja,” tutur Sri Yatno.

Andre, Sekretariat Eksternal Yayasan Tzu Chi memandu kegiatan penyerahan kunci rumah yang berlangsung di depan rumah Sri Yatno yang dihadiri oleh Isbandariyati Sekretaris Lurah Cempaka Baru, Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat.

Kini Sri Yatno sudah jauh lebih tenang setelah rumah kecilnya selesai dibangun kembali dan layak untuk dihuni. Rumah Sri Yatno memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan 1 kamar mandi. Kehadiran Program Bedah Kampung dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan Pemprov DKI Jakarta ini memberinya semangat hidup yang baru.

Hal senada juga diungkap oleh Srie Hidayanti (51), Wanita sederhana yang sehari-harinya bekerja swasta. Bantuan bedah rumah dari Tzu Chi baginya sangat membantu kehidupan keluarganya untuk dapat menikmati tempat tinggal yang layak dihuni. Rumah Srie direnovasi memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan satu kamar mandi.  

“Kalau tak ada bantuan dari Tzu Chi, saya pun tak tahu harus berbuat apa. Penghasilan saya tidak memungkinkan untuk memperbaiki atap rumah sekalipun. Anak saya hanya membuka bengkel motor kecil-kecilan,” kata Srie penuh haru.

Di dalam rumah Srie Hidayanti relawan disambut dengan hangat oleh anggota keluarga sambil mencicipi lontong sayur buatan Srie Hidayanti.

Relawan Tzu Chi dari komunitas He Qi Timur bersama staf sekretariat eksternal, tim proyek pembangunan Tzu Chi menghadiri peresmian dan penyerahan kunci rumah di wilayah Cempaka Baru Jakarta Pusat. Tepatnya di rumah Sri Yatno dan rumah Srie Hidayanti yang masuk dalam Program Bedah Kampung Tzu Chi.

Tjong Mia Yolanda Ketua He Qi Timur dalam kunjungannya bersama tujuh orang relawan komunitas He Qi Timur mengatakan bahwa bantuan bedah rumah ini adalah kumpulan cinta kasih dari banyak orang melalui celengan bambu.

Yayasan Tzu Chi membantu berlandaskan cinta kasih universal tanpa membeda-bedakan agama, suku, ras, dan golongan. “Semoga dengan selesainya pembangunan rumah ini keluarga Pak Sri Yatno dan Ibu Srie Hidayanti lebih semangat lagi dalam beraktivitas. Tolong dirawat rumah ini, jaga kebersihan rumah dan lingkungan,” ajak Mia Yolanda.  

Relawan komunitas He Qi Timur berkesempatan untuk foto bersama di dalam rumah Srie Hidayanti yang sudah rapi dan bersih. Tzu Chi membangun dua unit rumah yang tidak layak huni di Kelurahan Cempaka Baru Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat.  

Penyerahan kunci rumah Sri Yatno yang berlokasi di Rt. 002/ 05 Kelurahan Cempaka Baru ini dihadiri oleh Isbandariyati Sekretaris Lurah Cempaka Baru, Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat pada Kamis 14 September 2023.

Sebelumnya pada 11 September 2023 relawan juga telah meresmikan Program Bedah Kampung Tzu Chi di Pegangsaan Jakarta Pusat dimana ada empat unit rumah telah selesai dibangun yang dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma.  Program ini merupakan sinergi antara pemprov DKI Jakarta dan Tzu Chi. Program bedah kampung ini sedang berjalan secara bertahap di lima wilayah DKI Jakarta untuk mendukung pemerintah mengurangi hunian yang tidak layak huni di DKI Jakarta.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Melihat Langsung Bedah Rumah Tzu Chi di Pademangan

Melihat Langsung Bedah Rumah Tzu Chi di Pademangan

05 Agustus 2018

Setelah September tahun lalu melihat dari dekat seperti apa Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Cengkareng, TBN kembali mengunjungi karya kemanusiaan Tzu Chi Indonesia lainnya. Kali ini, Jumat 3 Agustus 2018 mereka melihat rumah-rumah warga Pademangan Jakarta Utara yang telah diperbaiki oleh Tzu Chi.

Mengukur Bentala Warga Bedah Rumah

Mengukur Bentala Warga Bedah Rumah

18 April 2016

Turut merasakan penderitaan yang dialami warga Desa Jagabita , Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia membantu membedah rumah mereka yang tidak layak huni.

Bedah Rumah Tzu Chi Tahap Kedua di Surakarta

Bedah Rumah Tzu Chi Tahap Kedua di Surakarta

04 Maret 2024

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Pemkot Surakarta mengadakan Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Surakarta. Sebelumnya Tzu Chi juga telah membangun 10 rumah warga. 

Keindahan kelompok bergantung pada pembinaan diri setiap individunya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -