Jalinan Jodoh Warga RW 12 Tanah Tinggi dengan Tzu Chi Makin Erat Lagi

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat) , Fotografer : Susi Christine, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)
Ibu Roliyah menerima kupon paket cinta kasih lebaran dari relawan yang berkunjung ke rumahnya.

“Hidup manusia tidaklah kekal, bersumbangsihlah pada saat anda dibutuhkan dan lakukanlah selama anda bisa melakukannya.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen) 

Hujan rintik yang mengguyur Kelurahan Tanah Tinggi pada Kamis, 14 Maret 2024 tidak menyurutkan semangat 33 relawan Tzu Chi dari He Qi Pusat untuk membagikan kupon Paket Cinta Kasih Lebaran kepada warga RW 12 Kelurahan Tanah Tinggi Jakarta Pusat. Sekitar pukul 08.30 WIB sebelum memulai pembagian kupon, relawan mendengarkan pengarahan tata cara pembagian dari koordinator, Sugianto Halim.

Roliyah (60), seorang ibu rumah tangga sehari-harinya menambah penghasilan dengan memberikan jasa urut, menjadi salah seorang penerima kupon. "Anak saya tujuh, paling besar umur 35, suami narik bajaj, penghasilan lagi susah sehari paling dapat 35 ribu. Saya suka terima urut tetangga, seminggu dapat paling 100 ribu. Terima kasih banyak kuponnya, terbantu banget di saat beras lagi mahal, dapat mengurangi beban.” Raut bahagia terpancar dari wajahnya saat menerima kupon. Roliyah juga tinggal bersama ibunya Siti yang saat ini sudah berusia 91 tahun.

Relawan menyiapkan paket Lebaran yang akan dibagikan kepada warga Kelurahan Tanah Tinggi.

Sebelumnya, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sudah menjalin jodoh baik dengan warga Kelurahan Tanah Tinggi melalui program bedah rumah Tzu Chi. Bedah rumah yang diadakan mulai November 2023 membawa cinta dan harapan untuk 12 Kepala keluarga.

Dan pada 21 Maret 2024, jalinan jodoh baik ini dikembangkan dengan pembagian paket cinta kasih Lebaran, yang kuponnya sudah dibagikan pada 14 Maret lalu. Ketua RW 12, Imron Buchari bersyukur atas perhatian Tzu Chi kepada warganya.

"Yayasan amal Buddha Tzu Chi semoga semakin berkembang dan bisa membantu sesama, dan kami berterima kasih atas berkah dan amanah yang warga kami terima," ujarnya.

Seorang warga dengan penuh syukur menerima paket Lebaran Tzu Chi.

"Jalinan jodoh Tzu Chi dengan warga di sini sudah berjalan dengan adanya bedah rumah, Nah sekarang kami ingin menambah jalinan jodoh ini dengan pembagian Paket Cinta Kasih Lebaran untuk 550 warga lainnya. Agar semua merasakan kebahagiaan yang sama, berbagi cinta dan kasih terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah ini" ujar Johan, Ketua He Qi Pusat.

Acara dilanjutkan dengan simbolis penyerahan Paket Cinta Kasih Lebaran yang terdiri dari 10 kg beras dan 20 Mie DAAI. Warga terlihat sangat antusias.

Pak Muhammad Ridwan, salah seorang penerima bantuan bedah rumah, juga menerima paket Lebaran.

"Saya juga mendapatkan bedah rumah dari Tzu Chi, sangat terbantu, rumah saya sebelumnya bocor parah, sekarang sedang menunggu jadinya tempat tinggal saya. Saya jarang mendapatkan bantuan, ini dapat lagi paket lebaran, bisa untuk puasa dan lebaran nanti. Terima kasih banyak sangat membantu saya, semoga Allah membalas kebaikan kalian semua," haru Muhammad Ridwan (44), ayah satu anak yang sehari-hari berprofesi sebagai penjual barang bekas, yang merupakan warga penerima paket lebaran sekaligus bedah rumah Tzu Chi. 

Untuk warga yang kesulitan membawa beras, relawan membantu membawakannya. "Acara seperti ini baik adanya, membantu di saat Lebaran, relawan yang datang juga bersemangat," ujar Sugianto Halim, yang mengkoordinir pembagian paket lebaran dan selesai pukul 11.00 WIB.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran bagi Warga Pekojan

Paket Lebaran bagi Warga Pekojan

05 April 2024

Relawan Tzu Chi komunitas Hu Ai Pluit 1 membagikan 530 paket lebaran yang berisi beras 10 kg dan 20 pcs mi instan kepada warga RW 10 Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora.

Paket Cinta Kasih Lebaran Bagi Warga Jelutung, Jambi

Paket Cinta Kasih Lebaran Bagi Warga Jelutung, Jambi

15 April 2024

Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijrah, Tzu Chi Jambi mengadakan baksos pembagian paket sembako di sekitar lingkungan pembangunan gedung Kantor Tzu Chi Jambi. Paket berisi beras, tepung, biskuit, sirup, dan susu.

Berkah Ramadan Bagi Mereka yang Membutuhkan

Berkah Ramadan Bagi Mereka yang Membutuhkan

01 April 2024
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali membagikan Paket Cinta Kasih Lebaran untuk menyambut hadirnya bulan Ramadan, bulan penuh berkah. Ada total 22.687 paket yang dibagikan di 41 titik di Jabodetabek.
Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -