Penyuluhan Kesehatan di TK Tenera

Jurnalis : Fithria Calliandra (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Dok. Tzu Chi Cabang Sinar Mas
Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri melakukan penyuluhan kesehatan dan membagikan sigat gigi kepada siswa TK Tenera PT. Bumipalma Lestaripersada, Rumbai Jaya, Kempas, Indragiri Hilir, Riau.

Sabtu pagi yang cerah, 6 Mei 2023 mengiringi langkah relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri menuju TK Tenera PT. Bumipalma Lestaripersada, KM 14, Rumbai Jaya, Kempas, Indragiri Hilir, Riau. Hampir semua anak sudah berada di dalam kelasnya tetapi ada dua orang anak yang berada diluar kelas seakan menunggu kedatangan para relawan.

Ibu la datang, ayoo ayooo. . . .” ujar salah seorang anak dengan wajah girang. “Manaaa . .? Iyo la itu. . ., ayoo la nak masuk,” sahut temannya sembari berlari senang setelah mengetahui kedatangan para relawan. Guru-guru pun keluar untuk menyambut kemudian relawan masuk ke dalam kelas.

Pada pagi hari ini relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri melakukan penyuluhan kesehatan anak sekolah. Penyuluhan ini diisi dengan edukasi bagaimana cara mencuci tangan serta gosok gigi yang baik dan benar. Program ini  untuk mendukung pembentukan karakter warga sekolah melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan kegiatan pemberdayaan siswa dan guru agar mau melakukan pola hidup bersih dan sehat untuk menciptakan sekolah yang sehat.

Dokter Jupanri Siregar yang didampingi 3 orang guru segera menyapa 37 orang anak. “Hayoo, siapa yang rajin menggosok gigi dan cuci tangan angkat jari? Siapa yang tahu caranya? Berapa kali gosok gigi dalam sehari?” ujar dokter Jupanri mengawali penyuluhannya.

Ruang kelas seketika menjadi riuh penuh dengan suara anak-anak yang mengangkat jari. “Sayaaa......, sayaaa pak dokter,” sahut anak-anak serentak. Dokter memberi penjelasan pada anak-anak bahwa sangatlah penting menjaga kebersihan badan dengan mandi sehari minimal 2 kali dan tidak lupa menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi untuk menjaga kebersihan mulut kita.

Dokter Jupanri Siregar memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan badan dan merawat gigi kepada siswa TK Tenera.

Dokter juga memperagakan cara menggosok gigi yang baik dan benar dengan sikat gigi. Anak-anak terlihat sangat memperhatikan penjelasan dokter. Bahkan ada anak yang duduknya sampai bergeser ke depan karena melihat peragaan menggosok gigi ini.

Nah kan gitu caranya, ma. Kok beda sama yang mama ajari. Gimana sih mama ini. . .?” celetuk Gibren Buffon Siregar (5) yang tiba-tiba menghampiri ibunya yang duduk paling belakang. Seketika ruangan penuh dengan riuh gelak tawa. “Iya, iya nak, besok begitu ya cara Gibren gosok giginya,” jawab Margaretta Sihotang dengan wajah tersipu malu yang merupakan salah satu relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Dharma Wanita Xie Li Indragiri.

Dokter juga menyampaikan pentingnya rajin mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan supaya tidak mudah terserang penyakit seperti sakit cacingan yang sering diderita oleh anak-anak. Cuci tangan harus segera dilakukan setelah aktivitas di luar rumah.

Setelah dokter memberikan penyuluhan, kemudian relawan membagikan sikat gigi kepada anak-anak. Ruangan bertambah riuh dengan suara anak-anak yang girang mendapatkan sikat gigi.

Saya bu, saya bu. . . Saya mau. . .,” ujar anak-anak. ”Jangan rebutan anak-anak, berbaris yang rapi, nanti semua pasti dapat,” tutur Agustina Melisa sembari membagikan sikat gigi. “Bahagia sekali melihat keceriaan anak-anak kami hari ini. Belum pernah ada kegiatan seperti ini di TK kami. Alhamdulillah, dari Tzu Chi mengadakan kegiatan di TK kami,” ujar Merida (54) salah seorang guru yang telah mengajar selama 23 tahun di TK Tenera.  

Kemudian semua menuju ke halaman depan sekolah untuk mempraktekan secara langsung cara gosok gigi yang baik dan benar. Relawan pun memberikan pasta gigi pada masing-masing sikat gigi. Anak-anak telihat sangat antusias, dengan membuat formasi lingkaran sembari membawa sikat gigi dan air untuk kumur, mereka pun mulai menggosok gigi.

Dengan penuh perhatian relawan Elly Damanik terlihat sangat ceria saat mengajari anak anak menggosok gigi dengan baik dan benar.

“Ayo diputar-putar ke atas dan ke bawah secara perlahan lahan,” ujar dokter Jupanri Siregar. Dengan sabarnya relawan mengajari anak satu per satu cara menggosok gigi yang baik dan benar. “Nah iya benar begitu nak, diputar-putar atas bawah, samping kanan kiri.” kata Elly Damanik dengan wajah penuh senyum. “Iiiiii. . . , sudah bersih bu,” celetuk Birgita Yohana Berta (5) diikuti juga oleh Arsila Anugrah (6).

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah memperagakan cuci tangan yang dipandu oleh relawan Darmawati Sembiring dan Arthessy Febnation. Dimulai dengan menggosok punggung kanan, punggung kiri, sela jari, punggung jari dan jempol. Anak-anak pun berjajar rapi menunggu giliran maju ke depan untuk praktek cuci tangan menggunakan sabun yang telah disediakan oleh relawan.

“Ambil sabunnya dulu dan ikuti ibu ya nak, gosok-gosok punggung tangan kanan dan kiri juga sela jari,” ujar Arthessy Febnation seraya pelan-pelan memperagakan cara cuci tangan. “Kalau cuci tangan sabunnya harus banyak supaya tangan kita menjadi benar-benar bersih,” sambung Darmawani Sembiring dengan lembut sembari mengajari anak-anak.

”Senang rasanya hati ketika melihat semangat para relawan dalam mengajari anak-anak, bahagia melihat keceriaan anak-anak. Mereka menjadi tahu cara menggosok gigi juga mencuci tangan yang baik dan benar. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada semua relawan yang telah mengadakan kegiatan ini di sekolah kami,” tutur Ellya Desrianti (52) Kepala Sekolah TK Tenera, PT. Bumipalma Lestaripersada.

Selain mengajarkan cara mengosok gigi, relawan juga mengajarkan tahapan-tahapan mencuci tangan yang baik dan benar.

Relawan dan peserta berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan anak di sekolah ini dapat mengingatkan akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh terutaman mencuci tangan dengan sabun serta menggosok gigi dengan pasta gigi. Bersyukur bisa peduli juga berbagi dengan mengajarkan sejak dini anak-anak TK cara menggosok gigi serta cuci tangan dengan baik dan benar.

Rasa syukur selalu terpancar dari para relawan karena masih diberikan kesempatan untuk bisa berbagi dan mendidik anak-anak. Hal ini pun sejalan dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen. “Mendidik anak dan mengasihi mereka adalah tanggung jawab kita. Berbakti pada orang tua dan merawat mereka adalah kewajiban kita.”

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Kebahagiaan di Indonesia Timur

Kebahagiaan di Indonesia Timur

15 November 2017

Selasa, 17 Oktober 2017, relawan Tzu Chi Sinarmas Xie Li Papua mengadakan Penyuluhan Kesehatan Gigi di wilayah Indonesia Timur, Provinsi Papua, tepatnya di Desa Lapua, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Waspada Menyikapi Ancaman Virus Corona

Waspada Menyikapi Ancaman Virus Corona

03 Februari 2020

Gathering penerima bantuan Tzu Chi di He Qi Pusat, Minggu 2 Februari 2020 tampak sedikit berbeda dari biasanya. Puluhan penerima bantuan mendapatkan penyuluhan bagaimana menyikapi ancaman novel coronavirus (2019-nCoV).

Penyuluhan Kesehatan dan Bersumbangsih Kepada Masyarakat

Penyuluhan Kesehatan dan Bersumbangsih Kepada Masyarakat

25 Juni 2018
Sabtu, 23 juni 2018, relawan Tzu Chi Biak mengadakan sosialisasi kesehatan dan SMAT (Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi) bagi warga Desa Dofyo Wafor. Selain sosialisasi, para warga desa juga mendapatkan celengan bambu.
Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -