Penyuluhan pentingnya Makanan Bergizi Bagi Keluarga

Jurnalis : Dedi Afrianto (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Lucky (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Dokter Donny Geraldo Picauly menyampaikan materi pentingnya makanan bergizi bagi keluarga.

Orang harus menyayangi diri sendiri baru dapat mencintai semua orang di dunia
(Kata Perenungan: Master Cheng Yen)

“Gizi seimbang itu bisa dicapai dengan prinsip keragaman makanan yang dipilih,” tutur dr. Donny Geraldo Picauly saat penyuluhan pentingnya makanan bergizi bagi keluarga yang dilakukan Desa Bandar Aji Jaya, Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung pada Kamis (22/9).  Selain keragaman makanan, dr. Donny menambahkan aktivitas fisik, kebersihan diri dan lingkungan juga mempengaruhi kesehatan seseorang.

Penyuluhan pentingnya makanan bergizi bagi keluarga diinisiasi karena kurangnya perhatian masyarakat terhadap pentingnya kebutuhan gizi untuk setiap anggota keluarga. Tak hanya orang dewasa, bahkan sejak janin pun kita membutuhkan gizi yang cukup untuk tumbuh kembang. Terlebih lagi pada 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yakni sejak sang ibu memasuki fase kehamilan sampai dengan anak berusia 2 tahun.

Relawan menyerahkan suvenir kepada warga yang aktif bertanya.

Pada periode 1.000 HPK ini akan berdampak panjang pada kecerdasan dan kesehatan anak di masa yang akan datang. Salah satu hal yang dapat terjadi apabila kekurangan gizi kronis adalah stunting.

Usai dr. Donny Geraldo Picauly menyampaikan materi, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya. Tak hanya pertanyaan yang berkaitan dengan materi, namun juga berkaitan dengan persoalan-persoalan kesehatan lainnya. Peserta pun antusias dengan menyampaikan pertanyaan yang langsung dijawab oleh pemateri.

Relawan juga menyerahkan kenang-kenangan untuk Kepala Desa Bandar Aji Jaya.

Materi tentang gizi ini sangat menarik bagi peserta, khususnya ibu-ibu, yang sehari-hari menyiapkan makanan untuk keluarga. Meski ibu memiliki peran penting dalam mengolah makanan yang bergizi untuk keluarga, sang ayah juga turut berperan penting untuk mendukung tercukupinya kebutuhan gizi keluarga.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Desa Bandar Aji Jaya beserta ibu, bidan desa, para aparatur desa, kader PKK, dan elemen masyarakat lainnya. Kepala Desa Bandar Aji Jaya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan membuka mindset para ibu tentang gizi untuk keluarga. Tak lupa juga ia mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk berperan dalam pemenuhan gizi keluarga, termasuk ayah. Ia juga bergarap bidan desa bisa mengambil peran aktif untuk melakukan bimbingan kepada warga desa, khususnya ibu-ibu terkait kesehatan keluarga.

Foto bersama relawan dengan warga Desa Bandar Aji Jaya.

Di penghujung kegiatan, para relawan menyerahkan bantuan kepada pihak desa. Para relawan berharap hal baik ini dapat terus dijalin dan manfaat akan tersebar semakin luas. Mari kita sama-sama renungkan kata perenungan Master Cheng Yen,” Berikrar harus bertujuan memberi manfaat yang besar bagi orang banyak, juga harus dilakukan sendiri kapan saja dan dimana saja”.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Wujud Kasih Ibu Melalui ASI

Wujud Kasih Ibu Melalui ASI

19 April 2016 Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xieli Kalimantan Timur 2 menyelenggarakan penyuluhan terhadap ibu dan calon ibu dengan mengangkat tema "Manfaat Menyusui Bagi Ibu". Kegiatan ini disambut positif oleh mereka.
Menjaga Kesehatan Gigi Bersama Relawan Tzu Chi di Tulang Bawang

Menjaga Kesehatan Gigi Bersama Relawan Tzu Chi di Tulang Bawang

21 Agustus 2017
Menyikat gigi adalah kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Produk kesehatan gigi seringkali memberikan slogan “Minimal Dua Kali Sehari” agar kita rutin menyikat gigi. Namun, seringkali kita lupa menyikat gigi dengan baik dan benar sehingga gigi kita tidak bersih dan sehat.
Mewujudkan Keluarga Sehat Melalui Penyuluhan Kesehatan Gigi

Mewujudkan Keluarga Sehat Melalui Penyuluhan Kesehatan Gigi

11 Februari 2019

Pagi hari itu, 19 Januari 2019 cerah, secerah wajah siswa-siswi SD 04 Sam Sam dan TK Seroja SRKE serta para relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Siak yang penuh semangat mengikuti penyuluhan kesehatan gigi di TK Seroja Sungai Rokan Estate.

Umur kita akan terus berkurang, sedangkan jiwa kebijaksanaan kita justru akan terus bertambah seiring perjalanan waktu.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -