Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Jurnalis : Juli Ansyah (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Juli Ansyah (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
dr. Yossy Ani Pritarini Purba menyosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada para murid-murid Sekolah Dasar Negeri 022 Kijang Makmur kelas satu dan dua dengan gaya penyampaian yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Di tahun 2023 ini merupakan tahun ke-3 pascapandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk wilayah Kampar Riau. Mulai terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya di Kampar, relawan Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas (Dhawa) Xie Li Kampar dari Unit Kijang Mas Estate bersama Unit Kijang Mill melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada siswa SDN 022 Kijang Makmur. Kegiatan ini agar siswa memiliki PHBS agar tercipta lingkungan yang bersih dan kondisi kesehatan yang baik di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.

Gusti Rayani relawan Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kampar mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama dan bermain game. Para murid-murid menyambut gembira ajakan bernyanyi bersama dan permaianan games.

Relawan Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kampar pada awal penyuluhan mengajak para siswa-siwi kelas satu dan dua ini untuk bernyanyi bersama, dan permainan games. Penyampaian PHBS tentang memakai pakaian yang bersih dan rapi, memelihara rambut agar bersih dan rapi, memotong kuku dan memakai sepatu yang bersih, membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan yang benar dengan air bersih dan sabun yang disampaikan oleh dr. Yossy Ani Pritarini Purba. Pada penyampaian mencuci tangan dengan bersih dr. Yossy mengajak murid-murid untuk  mempraktekan langsung tujuh langkah mencuci tangan yang benar.

Penyuluhan PHBS ini disambut antusias oleh 35 orang siswa kelas satu dan dua takterkecuali kepala sekolah SD N 022 Kijang Makmur Amri S.Pd. dan para guru. “Kami keluarga besar SDN 022 Kijang Makmur menyambut positif kegiatan ini karena sangat berarti bagi siswa-siswi kami sehingga dapat menambah wawasan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan baik di sekolah maupun di rumah,” ucap Amri. Semoga kegiatan ini tidak hanya berakhir di sini, tetapi bisa terus berkelanjutan,” lanjut Amri dengan semangat. 

dr. Yossy melibatkan salahsatu murid untuk mempraktekan tujuh langkah mencuci tangan yang benar agar bersih dengan menggunakan media gambar.

Dr. Yossy juga menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih sudah diberi kesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan para murid-murid SDN 022 Kijang Makmur.  Penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat ini diharapkan dapat menambah wawasan baru bagi anak-anak didik SDN 022 Kijang Makmur sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Terima kasih untuk pihak sekolah yang sudah menerima kami. Semoga apa yang kami sampaikan bisa menjadi bekal bagi anak-anak agar terbiasa memiliki perilaku hidup yang bersih dan sehat,” harap dr.Yossy.

Harapan relawan Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kampar untuk murid-murid sekolah mulai menerapkan PHBS ini di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Di akhir penyuluhan relawan Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Kampar memberikan alat tulis sebagai wujud kepedulian bagi siswa-siswi yang mengikuti penyuluhan PHBS ini. 

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bersatu hati Memberikan Layanan Kesehatan Bagi Anak dan Ibu hamil

Bersatu hati Memberikan Layanan Kesehatan Bagi Anak dan Ibu hamil

24 Februari 2023

Sebanyak 47 anak balita dan 7 ibu hamil mendapat layanan posyandu yang digelar relawan Xie Li Indragiri pada Rabu (15/2/2023). 

Hidup Berharga dengan Jauh dari Rokok dan Minuman Keras

Hidup Berharga dengan Jauh dari Rokok dan Minuman Keras

07 September 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Timur 1 memberikan penyuluhan kesehatan remaja untuk siswa SMP Eka Tjipta Foundation 01 Kongbeng. Bahaya rokok dan minuman keras menjadi materi penyuluhan ini.

Menjaga Kesehatan Diri Demi Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

Menjaga Kesehatan Diri Demi Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

11 Februari 2015 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Perwakilan Sinar Mas melakukan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yangmengajarkan cara mencuci tangan dan menjaga kesehatan gigi dengan berkeliling ke sekolah-sekolah di Kecamatan Pagetan, Jawa Tengah. Penyuluhan ini dilakukan pada tanggal 16 dan 17 januari 2015 kepada 1.755 orang siswa/i dari 20 sekolah dasar.
Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -