Penyuluhan untuk Mencegah Demam Berdarah

Jurnalis : Juli Ansyah (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Juli Ansyah (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Dokter Noverma menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah timbulnya demam berdarah.


“Orang yang bisa menyayangi dirinya baru bisa menyayangi semua orang”
(Kata Perenungan Master Cheng Yeng)

Tahun 2022 beberapa warga pondok karyawan Rama-Rama Estate, Kampar terserang demam berdarah. Agar hal ini tidak terjadi lagi, relawan Xie Li Kampar dari Unit Rama-Rama Estate melakukan penyuluhan untuk mencegah terjangkitnya penyakit ini lagi. Kegiatan yang digelar para relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar pada 13 Februari 2023 ini menghadirkan dr. Noverma sebagai pemateri dalam penyuluhan kali ini. Ia menyampaikan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjangkit demam berdarah.

Suasana penyuluhan yang dilakukan di Unit Rama-Rama Estate Kampar.

“Demam berdarah itu disebabkan nyamuk, jadi kita harus memastikan tidak ada genangan air yang menyebabkan timbulnya nyamuk di sekitar rumah ya,” terang dr. Noverma. “Gejala yang biasanya terjadi itu demam, mual, sakit kepala. Jadi kalau sudah mengalami gejala ini lebih baik harus segera ke klinik terdekat,” sambungnya. Jangan sampai apa yang terjadi tahun lalu di beberapa warga kita, terjadi lagi di tahun ini. “Ingat mencegah itu lebih baik daripada mengobati,” pesannya.

Penyuluhan ini disambut antusias 23 peserta yang merupakan ibu-ibu karyawan dan istri karyawan di Unit Rama-Rama Estate. Salah satunya Lisbeth Situmorang. “Penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk kami yang tinggal di sini. Terkena demam berdarah itu bukan urusan sepele, jadi dengan tahu apa yang harus dilakukan sangat cepat kami bisa bertindak,” ujarnya. Saya juga setuju sama dokter kalau kebersihan tempat tinggal kita itulah cara kita untuk tidak mengundang nyamuk datang. Makanya jangan malas lah kita untuk bersihkan lingkungan sekitar kita tinggal ya,” sambungnya.

Penyerahan doorprize sebagai apresiasi bagi peserta teraktif selama penyuluhan.

Dengan adanya penyuluhan tentang bahaya dan pencegahan demam berdarah ini diharapkan dapat bermanfaat untuk menambah wawasan baru bagi karyawan dan istri karyawan, sehingga dapat bersama-sama berkomitmen untuk mencegah adanya demam berdarah di pondok karyawan Unit Rama-Rama Estate. Selain itu juga untuk meningkatkan kepedulian akan pentingnya menjaga kebersihan areal sekiatar rumah masing-masing.

Foto bersama setelah penyuluhan berakhir.

Di akhir penyuluhan, relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar memberikan kejutan berupa doorprize berupa minyak goreng sebagai apresiasi bagi peserta yang paling aktif menjawab selama penyuluhan berlangsung.  

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Wujud Kasih Ibu Melalui ASI

Wujud Kasih Ibu Melalui ASI

19 April 2016 Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xieli Kalimantan Timur 2 menyelenggarakan penyuluhan terhadap ibu dan calon ibu dengan mengangkat tema "Manfaat Menyusui Bagi Ibu". Kegiatan ini disambut positif oleh mereka.
Kebahagiaan di Indonesia Timur

Kebahagiaan di Indonesia Timur

15 November 2017

Selasa, 17 Oktober 2017, relawan Tzu Chi Sinarmas Xie Li Papua mengadakan Penyuluhan Kesehatan Gigi di wilayah Indonesia Timur, Provinsi Papua, tepatnya di Desa Lapua, Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Mewujudkan Keluarga Sehat Melalui Penyuluhan Kesehatan Gigi

Mewujudkan Keluarga Sehat Melalui Penyuluhan Kesehatan Gigi

11 Februari 2019

Pagi hari itu, 19 Januari 2019 cerah, secerah wajah siswa-siswi SD 04 Sam Sam dan TK Seroja SRKE serta para relawan Tzu Chi Sinar Mas Xie Li Siak yang penuh semangat mengikuti penyuluhan kesehatan gigi di TK Seroja Sungai Rokan Estate.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -