Perayaan Hari Bidan Nasional di Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

Jurnalis : Aditia Saputa (RSCK Tzu Chi), Fotografer : Aditia Saputa (RSCK Tzu Chi)

RS Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan peringatan Hari Bidan Nasional yang dihadiri oleh 15 bidan dan perwakilan bidan dari berbagai unit. Dalam kegiatan ini para bidan juga membagikan setangkai bunga mawar kepada pasien maternity RS Cinta Kasih Tzu Chi sebagai simbol cinta kasih.

71 tahun yang lalu, tepatnya 24 Juni 1951 menjadi hari yang bersejarah dalam dunia kesehatan Indonesia karena menjadi hari terbentuknya Ikatan Bidan Indonesia (IBI), yang berkomitmen membantu meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Ibu Fatimah Muin yang menjadi salah satu tokoh wanita yang berpengaruh dalam pergerakan nasional yang memajukan dan mengembangkan mengenai kesehatan ibu dan anak hingga menjadikan IBI semakin maju dan berkembang dengan baik.

Kemudian pada Jumat, 24 Juni 2022 RS Cinta Kasih Tzu Chi mengadakan peringatan Hari Bidan Nasional yang dihadiri oleh 15 bidan dan perwakilan bidan dari berbagai unit. Kegiatan ini juga dihadiri Direktur RS Cinta Kasih Tzu Chi, Dokter Spesialis Anak dan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Cinta Kasih Tzu Chi yang juga turut mengapresiasi para bidan.

Kegiatan peringatan Hari Bidan Nasional di RS Cinta Kasih Tzu Chi ini diawali dengan pemutaran video Ceramah Master Cheng Yen yang disaksikan oleh seluruh peserta.

Kegiatan in pun diawali dengan menyimak video Ceramah Master Cheng Yen. Dalam ceramahnya, Master Cheng Yen berpesan, “Berharap kita semua dapat menjadi penyelamat dalam kehidupan orang lain dan tugas kalian kalian erat dengan kehidupan dan keselamatan manusia, sebagai tim medis. Bersumbangsih bagi pasien dengan dengan cinta kasih seorang ibu”.

Bersumbangsih Dengan Cinta Kasih Seorang Ibu

Pembagian tanda cinta kasih dan apresiasi kepada bidan oleh Dirktur RS Cinta Kasih Tzu Chi dan perwakilan dokter spesialias.

Direktur RS Cinta Kasih Tzu Chi dr. Tonny Christianto MS, Sp.B.,MM juga menceritakan kembali asal usul Master Chen Yen mencetuskan Misi Kesehatan Tzu Chi karena melihat bercak darah seorang ibu dilantai rumah sakit yang saat itu mengalami pendarahan dan terpaksa dibawa pulang kembali karena tidak memiliki biaya untuk rumah sakit. Master Cheng Yen sangat memperhatikan kesehatan ibu dan anak, hal ini menjadi pengingat untuk setiap tim medis dalam menjaga kesehatan dan menyelamatkan kehidupan.

“Profesi bidan menjadi ujung tombak kesehatan ibu dan anak. Dan menjadi sangat penting dalam pengembangan generasi yang sehat dan cerdas,” kata, dr. Tonny Christianto MS, Sp.B.,MM.

Bidan Eva Fitrina Sirait, SST membagikan pengalamannya sebagai bidan selama 15 tahun dan testimoni setelah mendenger Ceramah Master Cheng Yen.

Dalam prayaan Hari Bidan Nasional ini juga diadakan pembagian tanda apresiasi berupa bunga mawar kepada para bidan dan pasien maternity (ibu melahirkan). Hal ini pun menjadi simbol menyebarkan cinta kasih yang lembut dan harmonis seorang bidan dalam mengobati pasien.

“Saya bersyukur kepada Tuhan, sudah 15 tahun menjadi bidan dan 13 tahun bergabung di RS Cinta Kasih Tzu Chi. Setelah melihat video Ceramah Master Cheng Yen memotivasi saya untuk bisa lebih bermanfaat dan semangat menyebarkan cinta kasih sebagai tenaga medis,” kata Eva Fitriana Sirait, SST. Kepala Unit Kamar Bersalin RS Cinta Kasih Tzu Chi.

“Saya anak ketiga dari 3 bersaudara dan semua kakak saya berprofesi seebagai bidan, mereka yang menginspirasi saya untuk menjadi seorang bidan yang bermanfaat bagi masyarakat terutama di daerah pedesaan. Bidan menjadi pendamping semua siklus kehidupan wanita, dimulai dari pra menikah, masa kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas, sampai ke usia menopause. Jadi bidan itu adalah sahabat bagi wanita,” ungkap Silia Tri Satyani, AMKeb yang sejak November 2013 bergabung di RS Cinta Kasih Tzu Chi.

Dalam kegiatan ini, Bidan Silia Tri Satyani, AMKeb juga membagikan pengalamannya yang terinspirasi dari kedua kakanya yang menjadi bidan yang bersumbangsih bagi masyarakat.

Senyum hangat juga terlihat dari para pasien maternity RS Cinta Kasih Tzu Chi ketika para bidan membagikan setangkai bunga mawar sebagai simbol cinta kasih. Saat membagikan para bidan juga sambil mendoakan dan memotivasi para pasien agar senantiasa sehat dan cepat pulih pascamelahirkan.

“Selamat Hari Bidan Nasional untuk para bidan di RS Cinta Kasih Tzu Chi. Semoga profesi bidan menjadi lebih baik dalam melayani dan memberi arti kepada keluarga Indonesia,” ucapan salah satu pasien maternity RS Cinta Kasih Tzu Chi.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Perayaan Hari Bidan Nasional di Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

Perayaan Hari Bidan Nasional di Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi

05 Juli 2022

Menyambut Hari Bidan Nasional, Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi memberikan apresiasi kepada para bidan yang bertugas meningkatkan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -