Perayaan Hari Ibu di Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan

Jurnalis : Erlina Khe (Tzu Chi Medan), Fotografer : Rita, Djuang Tzu Chi Medan)

Lagu isyarat tangan “Mama De Yan Jing” membuat anak-anak terharu dengan perjuangan ibu mereka.

Meski pemerintah telah memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk beraktivitas, Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan tetap berlangsung secara daring. Ini demi kebaikan Bersama.

Hari Ibu juga dirayakan secara daring. Perayaan Hari Ibu ini diadakan pada 22 Mei 2022, diikuti 22 keluarga dan 12 relawan. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00-11.30 WIB ini berlangsung dalam suasana penuh khidmat dan tertib.

Acara diawali dengan memberikan penghormatan kepada Sang Buddha. Juga penghormatan kepada Master Cheng Yen dan diikuti dengan menyanyikan Mars Tzu Chi dan pembacaan 10 sila Tzu Chi.

Penampilan lagu isyarat tangan dengan judul “Mama De Yan Jing” (Mata Mama) memberikan sentuhan suasana yang indah pada kelas kali ini. Lagu tersebut menyiratkan indahnya langit yang penuh dengan bintang-bintang yang bersinar bagaikan Mata Mama yang penuh dengan cinta kasih.

Video “Mama yang tegar” juga diputarkan pada perayaan Hari Ibu kali ini.

Sesi Video “Menghargai dan Menyayangi”.

Anak-anak juga diajak menonton bersama video “Mama yang Tegar”. Video ini menceritakan seorang ibu yang tidak memiliki anggota tubuh yang lengkap (tidak memiliki kedua lengan tangan). Walaupun dengan keterbatasan fisik, ibu ini masih bisa melakukan semua pekerjaan rumah layaknya orang normal dan juga masih bisa menjaga anak perempuannya dengan sangat baik dan cekatan. Ibu ini merupakan pedoman bagi semua orang untuk tidak menyerah akan keterbatasan fisik yang ada, melainkan menjadikan keterbatasan kita ini menjadi kelebihan.

Video selanjutnya yang diputarkan berjudul “Menghargai dan Menyayangi”. Video ini menceritakan bagaimana besarnya cinta dan kasih sayang ibu kepada anaknya walaupun anaknya telah dewasa dan memiliki keluarga sendiri. Seorang ibu selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya tetapi terkadang anak tidak merasakannya dan selalu bersikap egois tanpa memikiran perasaan ibunya. Kasih Ibu sepanjang masa dan bagaikan sang surya menyinari dunia.

Acara puncak dalam perayaan Hari Ibu ini adalah “Feng Cha” (secangkir teh hangat). Para Bodhisatwa Cilik sudah menyiapkan secangkir teh hangat, mereka lalu berlutut dan menyuguhkannya kepada ibu tercinta. Kemudian Bodhisatwa Cilik memeluk erat ibunya dan mengatakan: Mama, WoAi Ni.

Moderator lalu mengingatkan agar anak-anak senantiasa menyayangi dan menjaga ibu bukan hanya pada Hari Ibu saja.

Acara puncak dalam perayaan Hari Ibu ini adalah “Feng Cha” (secangkir teh hangat).

Para Bodhisatwa Cilik menyiapkan secangkir teh hangat, mereka lalu berlutut dan menyuguhkannya kepada ibu tercinta. Mereka lalu memeluk erat ibu mereka dan mengatakan: Mama, WoAi Ni.

Di tengah-tengah sesi perayaan Hari Ibu, para Bodhisatwa cilik diajak untuk menyimak video Master Cheng Yen Bercerita yang bertemakan “Anak Pembangkang”. Diceritakan, dalam sebuah keluarga, ada seorang anak yang dibesarkan oleh orang tuanya dengan memberikan yang terbaik dan kasih sayang yang penuh dan berharap kelak anaknya dapat berpendidikan dan bermoral tinggi. Tetapi anaknya malah berlaku kasar dan tidak mengindahkan perkataan orang tuanya.

Setelah diusir oleh orang tuanya, anak ini pergi ke Vihara Buddha dan memohon menjadi murid Buddha, namun ditolak oleh Buddha dikarenakan belum pantas. Buddha memintanya untuk mempelajari kembali apa yang dahulu diajarkan oleh gurunya. Dan anak ini berubah menjadi anak rajin, suka berdana dan menolong banyak orang.

Dengan perubahannya ini akhirnya anak ini diterima menjadi murid Buddha. Inti dari cerita ini adalah dalam hidup, kita harus bisa membedakan baik dan buruk saat melihat ataupun mendengarkan sesuatu. Kita hendaknya terlebih dahulu mencari tahu prinsip kebenaran yang terkandung di dalamnya. Orang-orang hendaknya dapat kembali pada hati yang polos dan murni tanpa noda.

Dalam acara ini ada sesi handmade yaitu membuat pembatas buku untuk dihadiahkan kepada ibu tercinta.

Dalam acara ini ada sesi handmade yaitu membuat pembatas buku untuk dihadiahkan kepada ibu tercinta. Dengan dipandu oleh Sanggar Kreativitas Anak Indonesia, Bodhisatwa cilik diminta untuk mem-posting hasil karya pembatas buku mereka di grup whatsapp melalui orang tuanya.

Acara ditutup dengan doa bersama, semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir. Manusia semakin suci hatinya, masyarakat aman dan damai, dunia bebas dari bencana.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Ramah Tamah Imlek

Ramah Tamah Imlek

13 Februari 2020

Minggu, 2 Februari 2020, Kelas Bimbingan Budi Pekerti Tzu Chi Medan melakukan acara Ramah Tamah Imlek dengan serangkaian acara yang sudah disusun sedemikian rupa serta makan Steamboat Bersama di tahun 2020.

Membentuk Anak Berbudi Pekerti Sejak Dini

Membentuk Anak Berbudi Pekerti Sejak Dini

12 Mei 2023

Pelestarian Lingkungan menjadi tema penutupan kelas budi pekerti yang berlangsung pada Minggu, 7 Mei 2023 di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Membentuk Karakter yang Baik Dengan Pendidikan Budi Pekerti

Membentuk Karakter yang Baik Dengan Pendidikan Budi Pekerti

21 November 2019

Di Tahun 2019, Kelas Budi Pekerti Qin Zi Ban sudah memasuki tahun ke 14, dan Kelas Pendewasaan Tzu Shao Ban memasuki usia ke 11. Tentunya perjalanan panjang khususnya pendidikan Budi Pekerti bagi para murid, banyak memberikan perubahan dalam pembentukan karakter anak yang lebih baik.

Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, malah sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -