Peresmian Titik Green Point Tzu Chi di High Scope Medan

Jurnalis : Mega Laura Lubis (DAAI TV Medan), Fotografer : Fahroza Nasution (Tzu Chi Medan)

Relawan Tzu Chi Medan meresmikan titik Green Point bersama dengan jajaran dan staf High Scope Medan.

We can recycle bottle, tissue, tissue box, and paper, and so much. The important about recycle is, if we do not recycle, the trash just be like everywhere. Ya, itulah ungkapan yang terucap dari salah satu murid sekolah dasar di High Scope Medan ketika relawan Tzu Chi Medan hadir untuk meresmikan titik Green Point di lingkungan sekolah tersebut pada 29 Agustus 2023. Dan ternyata Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi sejalan dengan visi dan misi dari High Scope Medan, yaitu Redesigning the World. Membuat desain dunia yang baru, dengan dunia yang bebas dari sampah.

“Pengadaan Green Point sejalan dengan konsep sekolah. Sedari awal kami mengajarkan anak-anak untuk aware dengan isu-isu ekologi. Maka dengan adanya Green Point , anak-anak dapat menjadi  agen perubahan, berkontribusi aktif  dalam sosial, eknomi, dan lingkungan,” ungkap Novi Dian Isra, selaku Kepala Sekolah High Scope Medan.

Salah satu konsep pemilahan sampah yang telah di terapkan di High Scope Medan. Para siswa diajak untuk memisahkan sampah yang akan dibuang sesuai dengan kategori jenis sampah.

Sebelumnya, relawan Tzu Chi telah berkunjung ke High Scope Medan untuk memberikan sosialisasi pelestarian lingkungan. Kali ini relawan kembali berkunjung, untuk meresmikan titik Green Point sebagai wadah daur ulang sampah di lingkungan sekolah. Harapannya, dengan diresmikan titik daur ulang sampah, konsep pemilahan sampah yang sudah dijalankan oleh pihak sekolah semakin berjalan efektif dan membawa perubahan yang baik bagi bumi.

Mijuno Shixiong, selaku penanggung jawab persemian titik Green Point di High Scope Medan mengungkapkan. “Ini merupakan bagian dari misi pelestarian lingkungan. Sebelumnya kita juga sudah berdiskusi dengan  pihak sekolah, bahwa kegiatan daur ulang bisa membersihkan lingkungan.”

Siswa dan guru High Scope Medan sedang beraktivitas menggambar. Selain itu para siswa juga akrab dengan kurikulum pembelajaran dengan konsep pelestarian lingkungan.

Siswa siswi High Scope Medan pun telah akrab dengan kurikulum pembelajaran dengan konsep pelestarian lingkungan. Di sekolah anak-anak diberikan ruang untuk berekspresi melalui barang-barang bekas dan kesadaran untuk memilah sampah sesuai jenisnya. Euwin, salah seorang siswi High Scope Medan, berharap dengan adanya Green Point di lingkungan sekolah, para generasi muda dapat berpartisipasi dalam aksi menjaga bumi.

Pada kesempatan ini, Euwin pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tzu Chi, atas kesempatan pengadaan Green Point di lingkungan sekolahnya. “Terima kasih kepada Tzu Chi, yang sudah bersedia menyediakan titik Green Point. Semoga generasi muda bisa ikut berpartisipasi dalam memilah sampah,” ungkapnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Sukacita Melestarikan Lingkungan di Florence

Sukacita Melestarikan Lingkungan di Florence

10 April 2017

Sebanyak 17 relawan komunitas He Qi Utara 1 beserta warga komplek perumahan Florence di Pantai Indah Kapuk telah berkumpul untuk mengadakan kegiatan Pelestarian Lingkungan. Dalam kegiatan yang diadakan pada tanggal 9 April ini juga menjadi pembukaan titik baru pemilahan sampah daur ulang Tzu Chi.

Peresmian Titik Green Point Tzu Chi di High Scope Medan

Peresmian Titik Green Point Tzu Chi di High Scope Medan

06 September 2023

Titik Green Point Tzu Chi di wilayah Kota Medan dan sekitarnya terus bertambah. Kali ini Tzu Chi Medan meresmikan titik Green Point di High Scope School Medan pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Cintai Bumi di Titik Pelestarian Lingkungan yang Baru

Cintai Bumi di Titik Pelestarian Lingkungan yang Baru

03 Mei 2019
Relawan Tzu Chi di Komunitas Hu Ai 1 Batam meresmikan titik pemilahan daur ulang baru di Gudang Satu Center View, Batam Center, Kota Batam, Minggu, 21 April 2019.  
Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -