Perjuangan Suratmi Merawat Irwansyah yang Cerebral Palsy

Jurnalis : Chandra Septiadi, Fotografer : Chandra Septiadi

Relawan Tzu Chi, Susanti (kiri) Maria (kanan) datang mengunjungi Irwansyah yang terbaring lemas di lantai rumah hanya dengan beralaskan karpet saja.

Muhammad Irwansyah (15) hanya bisa terbaring lemas di karpet lantai di rumahnya karena mengalami cerebral palsy. Dari lima bersaudara, Irwansyah merupakan putra bungsu dari Suratmi (56) dan M. Nowawi (61). Awal mula dalam kandungan dan saat lahir, Irwansyah sangat normal seperti bayi pada umumnya. Tapi beranjak usia dua tahun, Irwansyah sama sekali belum bisa berdiri dan berjalan seperti anak-anak seusianya. Dari situ orang tua Irwansyah membawanya ke puskesmas terdekat dan juga menjalani terapi.

Sampai saat ini hingga usianya 15 tahun, kondisi Irwansyah makin hari semakin memburuk, tangan dan kakinya terlipat kaku dan hanya bisa berbaring. Ketika kaki dan tangan Irwansyah terasa pegal, ibu Irwansyah hanya membaluri bagian tubuh yang pegal dengan menggunakan minyak urut yang dibelinya dari tukang obat tradisional.

Mendapat Bantuan dari Tzu Chi
Berawal dari teman anaknya yang menderita penyakit jantung dan mendapat bantuan dari Tzu Chi, Suratmi pun mengetahui Tzu Chi dan kemudian mengajukan bantuan.

Susanti (kanan) menyuapi minum saat Irwansyah baru bangun. Susanti merasa senang bisa bermain dan bercanda dengan Irwansyah.

Tak menunggu lama kemudian para relawan datang untuk melakukan survei ke rumah Suratmi. Irwansyah hanya terbaring dan hanya bisa tersenyum kepada relawan yang datang ke rumahnya saat itu.

Karena semakin hari Irwansyah semakin dewasa dan berat tubuhnya, Suratmi sudah tidak sanggup menggendong Irwansyah sehingga sekarang ini Irwansyah makan dan tidur dengan tubuh tergeletak di lantai rumah beralaskan karpet saja.

“Saya sudah tidak kuat gendong, enggak kuat ngangkat. Makan juga kan saya suapin,” ujar Suratmi.

Suratmi menjelaskan bahwa bantuan yang ia ajukan ke Yayasan Buddha Tzu Chi adalah berupa diaper atau popok sekali pakai. Permohonan tersebut disetujui dan setiap bulan Irwansyah mendapat dua pak diaper dari Tzu Chi. “Ya alhamdulillah saya lebih penting pempers-nya dia. Kadang dia buang kotoran di situ (lantai), kencing sembarangan kalo tidak dipakaikan pempers,” ucap Suratmi.

Suratmi sangat senang saat relawan Yayasan Buddha Tzu Chi kembali mengunjunginya dan berinteraksi dengan Irwansyah, putra bungsunya.

Kamis, 16 November 2023 relawan kembali mengunjungi Irwansyah dan membawakan bingkisan sembako. Susanti, relawan Tzu Chi yang sejak awal survei mendampingi Irwansyah menjelaskan bahwa ia sangat sedih karena mengingat usia Irwansyah yang sepantaran dengan anaknya.

“Saya kalau lihat Irwansyah sedih. Masa kecilnya ini hanya dengan tiduran, yang harusnya dia lari-lari bermain, sekolah sama teman-teman yang seumurannya. Ini malah hanya tiduran engga bisa ngapa-ngapain,” ucap Susanti.

Susanti berharap Irwansyah dapat segera membaik, agar bisa kembali sempurna seperti anak-anak pada umumnya. “Harapan saya, Ibu dan Bapak diberi kesehatan dan ketabahan merawat Irwansyah. Irwansyah biar cepat diberi kesehatan biar lebih berkembang, jangan hanya tiduran,” harap Susanti.

Orang tua mana pun berharap anaknya segera pulih dari penyakit yang diderita, seperti harapan Suratmi ketika berbincang dengan relawan Tzu Chi yang datang mengunjunginya saat itu. “Harapan saya anak ini cepat sehat kembali dan bisa menjalani aktivitas normal seperti layaknya anak-anak lain pada umumnya,” harap Suratmi.

Editor: Erli Tan

Artikel Terkait

Berbagi Kasih Menyambut Natal

Berbagi Kasih Menyambut Natal

30 Desember 2015 Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal, para relawan Tzu Chi Bandung berbagi kasih dengan mengunjungi Panti Wreda Nazaret di Jl. Cikutra, no. 7, Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 19 Desember 2015.
Menyambut Tahun Baru Imlek Bersama Opa Oma

Menyambut Tahun Baru Imlek Bersama Opa Oma

12 Februari 2018

Minggu, 4 Februari 2018 pukul 8.00 WIB relawan telah sampai di panti. Kali ini topiknya adalah menyambut tahun baru Imlek.

Kunjungan Kasih Karena Ada Ikatan Batin

Kunjungan Kasih Karena Ada Ikatan Batin

12 Oktober 2015

Tidak bisa dipungkiri, para relawan Tzu Chi tidak hanya sibuk berkegiatan di Tzu Chi saja, tetapi mereka juga memiliki kesibukan dalam pekerjaan mereka masing-masing. Namun, di tengah kesibukannya itu, para relawan Tzu Chi masih senantiasa meluangkan waktunya untuk berbagi kasih dengan sesama.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -