Posyandu Terpadu: Dukungan untuk Balita dan Ibu Hamil

Jurnalis : Lily Diana Fitri, Imelda Virgo Vintia (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Novita Putri (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)
Pendaftaran dan pendataan balita yang datang. Relawan membantu penimbangan balita sebelum diberikan vitamin. Dilanjutkan dengan pengukuran tinggi badan.

Perbuatan baik harus diwujudkan dalam tindakan nyata, kebijaksanaan yang tumbuh dari perbuatan baik ini baru benar – benar bermanfaat dalam kehidupan.
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Sore itu, Selasa (13/02/24), Klinik Perdana Mill/Transport terlihat ramai dengan Ibu hamil dan balita yang melaksanakan posyandu rutin di bulan Februari. Tampak beberapa relawan Dharma Wanita (Dhawa) Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 membantu kader melayani pemeriksaan rutin, imunisasi serta pemberian vitamin A di Posyandu Terpadu. Relawan berbagi tugas melayani mulai pendaftaran, penimbangan, pemeriksaan, pemberian vitamin dan pemberian makanan tambahan (PMT).

Kehadiran relawan memperlancar kegiatan ini. Dalam posyandu ini diberikan makanan tambahan (PMT) berupa bubur kacang hijau, telur rebus dan susu. Ibu hamil dan balita pun sangat antusias.  Balita yang hadir berjumlah 55 dan ibu hamil berjumlah 5 orang. Jumlah ini lebih banyak dari biasanya. Sedangkan kader posyandu ada 8 kader dibantu 13 relawan. Para kader merasa bahagia karena merasa diperhatikan oleh ibu-ibu staf dari  Dhawa Xie Li Kalteng 3.

Pemberian Vitamin A. Tampak juga para relawan sedang menyiapkan paket PMT yang akan diberikan

Ika Setyaningsih selaku kader turut senang ada pemberian makanan tambahan. “Alhamdulillah bu, terima kasih  sudah membantu dan memberikan tambahan PMT buat anak-anak dan ibu hamil, biasanya cuma satu macam saja dan itupun mereka mengganti dengan uang 2000. Ini sudah gratis dapat tiga macam lagi,” tuturnya. “Iya bu, terima kasih juga sudah dibantu dengan ibu-ibu yang lain ini, jadi pekerjaannya cepet sat set nggak  antr lagi trus ngasih e lho buanyak bu seneng kami jadinya perhatian ibu-ibu stafnya,” saut Endah Oktivianti, kader posyandu yang lain.

Erna ibu salah satu balita bersyukur atas pelayanan yang diberikan di posyandu ini.  “Makasih bu sudah diberi PMT sudah banyak nggak bayar lagi wes iso-iso rajin ini dapat menu banyak gini lengkap lagi bu,” ujarnya tak lama setelah menerima PMT dari relawan.

Pemberian PMT yang kali ini berupa bubur kacang hijau, telur rebus dan susu.

Pada posyandu kali ini juga diberikan penyuluhan untuk selalu membawa mangkok yang telah diberikan oleh relawan setiap posyandu karena bertujuan mengurangi sampah plastik. Ibu-ibu dari balita-balita pun setuju dan senang dengan diadakannya kegiatan ini.

Posyandu bulan Februari di unit Perdana Mill/Transport berjalan lancar tanpa halangan apapun. Demikian juga para relawan dengan senang membantu mulai dari awal hingga selesai. Melihat senyum para ibu hamil dan balita yang datang membuat lelah hilang seketika.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

06 Maret 2024

Relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 dari Unit Seirindu terus memberikan perhatian pada pemenuhan gizi seimbang bagi anak dan balita. Sebagai rangkaian peringatan Hari Gizi, relawan memberikan makanan tambahan.

Peduli pada Kesehatan Siswa-siswi di Desa Wanatirta

Peduli pada Kesehatan Siswa-siswi di Desa Wanatirta

13 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 4 memberikan paket vitamin C untuk siswa yang berasal dari TK Sekar Bangsa dan SDS Eka Tjipta Sulin yang berada di Desa Wanatirta, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan.

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

29 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menggelar penyuluhan kesehatan ibu dan anak di Desa Pantap, Kecamatan Mentaya Hulu. Penyuluhan ini juga disertai pemberian makanan tambahan (PMT).

Mengonsumsi minuman keras, dapat melukai orang lain dan mengganggu kesehatan, juga merusak citra diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -