Rasa Syukur dan Harapan di Ulang Tahun Tzu Chi Singkawang yang ke-6

Jurnalis : Novia Ferryani (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Bong Bui Kim (Tzu Chi Singkawang)

Peringatan ulang tahun Tzu Chi Singkawang juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan bagi penerima bantuan Tzu Chi.

Tak terasa, perjalanan Tzu Chi Singkawang telah memasuki tahun keenam. Sebagai ungkapan rasa syukur, para relawan Tzu Chi Singkawang menggelar rangkaian kegiatan pada Minggu, 6 November 2016. Kegiatan dimulai dengan Xun Fa Xiang atau mendengarkan ceramah pagi Master Cheng Yen, pemeriksaan kesehatan bagi penerima bantuan atau Gan En Hu, ramah tamah yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan juga adalah sharing dari para relawan.

Xun Fa Xiang sendiri merupakan kegiatan mingguan di Tzu Chi Singkawang. Namun, kali ini terasa istimewa karena pesertanya lebih banyak. Tak hanya relawan, kegiatan ini juga diikuti oleh para penerima bantuan Tzu Chi. Selain itu hadir juga para relawan dari Desa Binaan Caokng dan beberapa dokter umum Singkawang. Para peserta tak lupa berdoa agar Tzu Chi Singkawang terus dapat menyebarkan cinta kasih.

Peringatan ulang tahun Tzu Chi Singkawang juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan bagi penerima bantuan Tzu Chi. Total Gan En Hu Tzu Chi Singkawang sendiri ada sebanyak 67 KK, namun yang bisa hadir kali ini sebanyak 42 orang. Tampak para Gan En Hu, yang sebagian adalah orang lanjut usia bahagia mendapatkan perhatian dari para relawan dan juga dokter. Para Gan En Hu diperiksa tekanan darahnya, gula darah, serta asam urat. Muda-mudi Tzu Chi Singkawang sigap menuntun para Gan En Hu dan mengajak berbincang.

 

Sebanyak 42 orang Gan En Hu, yang sebagian adalah orang lanjut usia bahagia diperiksa kondisi badannya, seperti tekanan darah, gula darah, serta asam urat.

Sebagai ungkapan rasa syukur, relawan merayakan ulang tahun Tzu Chi Singkawang yang keenam dengan prosesi pemotongan tumpeng.

Sebanyak tiga dokter umum asal Kota Singkawang turut bersumbangsih, yakni dr.Lim Fong Cung, dr.Tatang, dan dr.Hijanto Rustam. Para dokter ini juga yang biasanya aktif setiap kali Tzu Chi Singkawang melaksanakan bakti sosial. Setelah diperiksa kesehatannya, para Gan En Hu diberikan obat dan vitamin serta paket sembako yang terdiri dari beras, minyak sayur, gula, dan telur.

Sebagai ungkapan rasa syukur, relawan merayakan ulang tahun Tzu Chi Singkawang yang keenam dengan prosesi pemotongan tumpeng. Dalam kesempatan ini Wakil Ketua Tzu Chi Singkawang, Tjhang Tjin Djung yang biasa disapa Ajung mengatakan umur Tzu Chi Singkawang telah bertambah satu tahun. Ia berharap para relawan bisa menyisihkan waktu waktu untuk melaksanakan empat misi utama Tzu Chi dengan lebih tulus, dan lebih bersungguh-sungguh dalam mempraktekkan ajaran kebenaran. Ia juga berharap agar benih-benih cinta kasih bisa berkembang lebih luas.

Para relawan Tzu Chi Singkawang bertekad akan melakukan banyak lagi kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga masing-masing relawan bisa mengajak lebih banyak lagi relawan relawan baru untuk bergabung ke Tzu Chi sehingga benih-benih cinta kasih ini bisa bertumbuh lebih luas. Saya sendiri akan lebih tulus lagi dalam membagi waktu saya untuk Tzu Chi dan lebih bersungguh-sungguh menapaki jalan bodhisatwa ini serta lebih memberikan cinta kasih, welas asih dengan suka cita dan penuh keseimbangan,” ungkap Tjang Tjin Djung.

Artikel Terkait

Penghijauan di Desa Binaan Tzu Chi

Penghijauan di Desa Binaan Tzu Chi

25 Agustus 2017

Senin, 14 Agustus 2017, relawan Tzu Chi Singkawang yang bekerja sama dengan SMAN 2 Mempawah Hulu, serta jajaran masyarakat dan TNI melakukan penanaman pohon sebagai bentuk melestarikan lingkungan dan menyambut HUT ke-72 Republik Indonesia. 

Membersihkan Lingkungan Panti Werdha di Singkawang Selatan

Membersihkan Lingkungan Panti Werdha di Singkawang Selatan

20 April 2018

Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih serta nyaman bagi lansia, relawan Tzu Chi Singkawang bersih-bersih Panti Werdha Sinar Abadi yang terletak di Singkawang selatan, Minggu 15 April 2018. Di sini relawan juga memberikan edukasi begaimana menjaga kebersihan kamar masing-masing.

Rasa Syukur dan Harapan di Ulang Tahun Tzu Chi Singkawang yang ke-6

Rasa Syukur dan Harapan di Ulang Tahun Tzu Chi Singkawang yang ke-6

22 November 2016

Tak terasa, perjalanan Tzu Chi Singkawang telah memasuki tahun keenam. Sebagai ungkapan rasa syukur, para relawan Tzu Chi Singkawang menggelar rangkaian kegiatan pada Minggu, 6 November 2016.

Memiliki sepasang tangan yang sehat, tetapi tidak mau berusaha, sama saja seperti orang yang tidak memiliki tangan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -