Satu Tahun Klinik Onkologi Radiasi Tzu Chi Hospital

Jurnalis : Khusnul Khotimah, Fotografer : Khusnul Khotimah, Dokumentasi Tzu Chi Hospital

Dr. Defrizal, Sp.Onk.Rad (K), Kepala Klinik Onkologi Radiasi Tzu Chi Hospital (kiri) bersama Dr.Gunawan Susanto, Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital yang dipenuhi rasa syukur karena Klinik Onkologi Radiasi telah memberikan layanan yang paripurna kepada para pasien.

Klinik Onkologi Radiasi Tzu Chi Hospital telah menginjak usia satu tahun pada 1 November 2022. Meski baru setahun, pencapaiannya sungguh mengagumkan dan patut disyukuri. Dalam setahun ini, Klinik Onkologi Radiasi telah melayani banyak pasien dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

“Kami bersyukur, selama satu tahun kami dapat melayani pasien dengan berbagai jenis kanker, di antaranya yang dominan memang kanker payudara, kanker mulut rahim untuk wanita, kemudian untuk pria-nya head and neck cancer, dan tumor otak,” terang Dr. Defrizal, Sp.Onk.Rad (K), Kepala Klinik Onkologi Radiasi Tzu Chi Hospital.

“Dari sisi SDM kita mampu, dari sisi teknologi kita punya teknologi yang canggih saat ini yang berada di Indonesia dan untuk pasien pun sudah dapat merasakan pelayanan yang kita berikan tersebut,” tambahnya.

Menandai pencapaian satu tahun tersebut, jajaran direksi Tzu Chi Hospital bersama tim Klinik Onkologi Radiasi mengadakan syukuran sederhana berupa potong tumpeng dan kue ulang tahun, Selasa 1 November 2022. Hadir Dr. Gunawan Susanto, Sp.BS, Direktur Utama Tzu Chi Hospital yang dipenuhi rasa syukur karena Klinik Onkologi Radiasi telah memberikan layanan yang paripurna kepada para pasien.

“Pelayanannya sesuai dengan visi dari Tzu Chi Hospital yang ingin memberikan pelayanan bukan hanya fisik saja, tapi jiwa pasien juga,” terangnya.

Peralatan Canggih, Pelayanan Humanis

Jajaran direksi Tzu Chi Hospital bersama tim Klinik Onkologi Radiasi mengadakan syukuran sederhana berupa potong tumpeng dn dan kue ulang tahun, Selasa 1 November 2022.

Berbicara tentang layanan radioterapi, layanan radioterapi di Tzu Chi Hospital merupakan layanan terdepan di Indonesia, mengingat teknik yang diberikan mencakup teknik VMAT (Volumetric Modulated ARC Therapy), SBRT (Stereotactic Body Radiotherapy) dan SRS (Stereotactic Radiosurgery).

“Teknik VMAT ini teknik yang paling modern yang mana kita bisa menargetkan radiasi benar-benar precise (presisi) sama seperti bentuk tumornya. Sehingga efek samping ke organ sekitarnya sangat minimal, tapi dosis ke tumor itu sangat maksimal,” jelas dr. Fenny Gozal, Sp.Onk.Rad.

Klinik Onkologi Radiasi Tzu Chi Hospital tak hanya memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan penuh cinta kasih  namun dari sisi teknologi pun memiliki teknologi yang canggih. Radioterapi di Tzu Chi Hospital merupakan yang paling unggul di Indonesia, baik dari segi teknik radiasi yang diberikan, kelengkapan alat fiksasi maupun alat pendukung radioterapi lainnya.

Radioterapi menjadi salah satu satu senjata berteknologi mutakhir untuk melawan kanker dengan penggunaan radiasi.  Tzu Chi Hospital sendiri didukung dengan peralatan teknologi terbaru yang mampu memberikan pengobatan radiasi yang akurat sesuai target.

Teknologi berbasis LINAC 4D dapat membunuh sel-sel kanker, menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, serta mencegah kambuhnya penyakit kanker. Radioterapi bisa berdiri sendiri atau juga bisa dikombinasikan dengan pengobatan lain seperti kemoterapi dan operasi pengangkatan kanker.

Kecanggihan peralatan dan teknologi ini dipadukan dengan pelayanan yang humanis dari para dokter dan tim medis. Pelayanan yang penuh cinta kasih ini memberikan dampak psikologis yang baik bagi para pasien. Mereka yang sebelumnya putus harapan pun kembali semangat. Komunikasi yang intens, juga hubungan silaturahmi yang erat antara pasien dengan tim Klinik Onkologi Radiasi membuat mereka merasa dilayani dan dianggap bak keluarga sendiri.

“Bahkan ada pasien yang merayakan ulang tahun di tengah sesi radioterapi-nya, dia mau dirayakannya di onkologi radiasi Tzu Chi Hospital bersama kami. Pasien ini merasa selama terapi perkembangannya sangat baik, dari awalnya sangat kesakitan, terus membaik. Jadi pasien benar-benar merasa dekat dengan kami dan dia mau berbagi kebahagiaan dengan kami di hari ulang tahunnya,” pungkas dr. Fenny Gozal, Sp.Onk.Rad.

Pelayanan yang diberikan kepada para pasien sesuai dengan visi misi dan nilai-nilai yang ada di Tzu Chi Hospital, yaitu ketulusan, kebenaran, keyakinan, dan kesungguhan.

Untuk merayakan satu tahun Klinik Onkologi Radiasi, Tzu Chi Hospital memberikan promo berupa bebas biaya konsultasi hingga potongan biaya paket Radiasi s/d 35 % untuk semua pasien baru. Promo berlaku hingga 30 November 2022.

“Sebagai bentuk syukur di perayaan 1 tahun pelayanan Klinik Onkologi Radiasi Tzu Chi Hospital, kami memberikan promo untuk pasien yang harapannya dapat membantu pasien dalam melewati proses terapinya,” tambah dr. Fenny Gozal, Sp.Onk.Rad.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi: Tzu Chi Hospital di (021) 5095 0888 / 0811 160 195.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Kunjungi Tzu Chi Hospital, KH Said Aqil Sampaikan Pesan Kemanusiaan

Kunjungi Tzu Chi Hospital, KH Said Aqil Sampaikan Pesan Kemanusiaan

17 April 2018
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj memenuhi undangan untuk menghadiri acara di Taiwan. Di sana, Said Aqil sempat melakukan kunjungan ke Tzu Chi Hospital di Taipei, Taiwan.
Semangat untuk Memulai Kembali

Semangat untuk Memulai Kembali

07 Februari 2017

Insan Tzu Chi kembali dirundung rasa syukur yang amat besar karena akhirnya pembangunan Tzu Chi Hospital yang sempat terhenti karena penyempurnaan disain, kini dimulai kembali. Ungkapan syukur tersebut diwujudkan dalam bentuk Upacara Selamatan di lantai 1 gedung DAAI, Tzu Chi Center, PIK di akhir pekan pada awal bulan Februari lalu (3/2/17).

Kesan Terbaik Saat Mengunjungi Tzu Chi dan Tzu Chi Hospital di Indonesia

Kesan Terbaik Saat Mengunjungi Tzu Chi dan Tzu Chi Hospital di Indonesia

18 Juli 2023

Senin 17 Juli 2023, Deputy CEO Tzu Chi Foundation Prof. Rey-Sheng Her datang mengunjungi Tzu Chi Center bersama Prof. John Hoffmire dari Oxford University, Prof. Hwang-Yeh Chen dari Tzu Chi College of Tecnology, dan Ted Chi-Che Hwang staff dari Tzu Chi Foundation. 

Mendedikasikan jiwa, waktu, tenaga, dan kebijaksanaan semuanya disebut berdana.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -