Sebelas Tahun Depo Daur Ulang Titi Kuning

Jurnalis : Rifandi (Tzu Chi Medan), Fotografer : Rifandi, Liani (Tzu Chi Medan)

Para relawan bersukacita merayakan HUT-11 Depo Pelestarian Lingkungan Titi Kuning Medan.

Para relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Titi Kuning Medan bersama–sama merayakan hari jadi ke-11 titik pilah Depo Daur Ulang Titi Kuning, pada 29 Oktober 2023. Depo merupakan sarana pendidikan serta tempat menampung barang daur ulang, juga tempat pembinaan diri.

Irwan Chandra memulai acara dengan memberikan sambutan selamat datang kepada para relawan. Sebanyak 39 relawan dan staf depo meramaikan hari yang berbahagia ini. Mereka diajak bersama-sama menyaksikan tayangan video kilas balik perjalanan depo daur ulang dari awal hingga sekarang. Berbagai kegiatan telah digelar di depo ini mulai dari donor darah, baksos kesehatan, pelestarian lingkungan serta kegiatan amal lainnya.

Luis sedang memilah barang daur ulang di Depo Pelestarian Lingkungan Titi Kuning.

Pak Abusman, sukarelawan depo mendapatkan dua berkah yaitu berkah materi dan berkah kedamaian dalam kehidupan karena dapat berbuat kebajikan.

Pak Abusman Sidik (72) yang tinggal di Jalan Karya Jaya mengenal Tzu Chi dari menonton DAAI TV. Ia rutin datang ke depo membantu pemilahan barang daur ulang sejak tahun 2021. Ia membantu memperbaiki barang daur ulang yang rusak seperti jam dinding, kipas angin, dan lain lain sehingga dapat dijual dan dananya digunakan untuk kegiatan kemanusiaan. “Saya merasakan sendiri bisa mendapatkan dua keberkahan yaitu pertama berkah untuk diri sendiri dalam bentuk materi dan kedua dalam bentuk ketenangan dan kedamaian,” paparnya.

Sementara itu, Lina dan suaminya Aho merupakan relawan Tzu Chi yang aktif melakukan daur ulang di depo pelestarian lingkungan Titi Kuning. “Saya baru satu tahun bergabung menjadi relawan. Setelah menjadi relawan dan beraktifitas di depo, saya merasa badan menjadi lebih sehat karena banyak beraktifitas, serta mendapatkan kebersamaan dari sesama relawan yang terus memberikan perhatian dan bimbingan,” tutur Lina.

Lina dan suaminya, Aho telah menjadi relawan yang bermula dari mengikuti pemilahan barang daur di Depo Titi Kuning.

Relawan menikmati makanan yang telah disediakan tim konsumsi.

“Kami berharap depo ini kedepannya makin maju dan bersih, dan juga saya berharap dengan depo ini kita dapat menjalin jodoh baik dengan masyarakat luas,” tutur Aini Lidjaya, Wakil Ketua He Qi Medan.

Di puncak acara, relawan bersama-sama dengan suka cita meniup lilin dan memotong kue ulang tahun depo ke-11. Para relawan juga bersama-sama memanjatkan doa semoga Depo Pelestarian Lingkungan ini terus memberikan berkah dan terus dapat menjadi sarana menggalang relawan baru dan juga semoga bumi pertiwi semakin asri.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Syukuran 10 tahun Depo Pelestarian Lingkungan Titikuning

Syukuran 10 tahun Depo Pelestarian Lingkungan Titikuning

04 November 2022

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Hu Ai Titikuning Medan mengadakan syukuran 10 tahun Depo pelestarian lingkungan Titikuning.

Sebelas Tahun Depo Daur Ulang Titi Kuning

Sebelas Tahun Depo Daur Ulang Titi Kuning

10 November 2023

Para relawan Tzu Chi di komunitas Hu Ai Titi Kuning Medan bersama–sama merayakan hari jadi ke-11 titik pilah Depo Daur Ulang Titi Kuning. Depo merupakan sarana pendidikan juga tempat pembinaan diri.

Tujuh Tahun Depo Mandala; Mari Bersatu Hati

Tujuh Tahun Depo Mandala; Mari Bersatu Hati

15 April 2019
Tak terasa sudah tujuh tahun diresmikannya Depo Pelestarian Lingkungan Mandala. Pada Senin 8 April 2019, Komunitas Tzu Chi di Hu Ai Medan Timur mengadakan gathering memperingati tujuh tahun Depo Mandala. 
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -