Sebuah Kehangatan Berbagi untuk Sesama Menjelang Imlek

Jurnalis : Teddy Lianto (He Qi Barat 1) , Fotografer : Merry Christine, Teddy Lianto (He Qi Barat 1)

Simbolis pemberian paket sembako untuk umat BBC.

Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Barat 1 membagikan paket cinta kasih Imlek di beberapa titik di wilayah Tangerang. Salah satunya di Sekolah Bodhisatta Budhist Center (BBC), Jl Raya Kampung Melayu, Kabupaten Tangerang. Sebanyak 250 paket sembako yang terdiri dari beras 5 kg, minyak sayur, gula, mi instan, dan masker ini dibagikan kepada warga sekitar dan pengurus BBC.

Hendra Sugalimin, relawan Tzu Chi sekaligus koordinator acara hari itu merasa senang acara yang dilaksanakan pada Minggu 15 Januari 2023, pukul 10.00 WIB selepas umat melaksanakan doa bisa berjalan dengan lancar dan khidmat. “Bersyukur acara hari ini berjalan lancar dengan dukungan dari teman-teman relawan Tzu Chi dan relawan dari BBC,” ujar Hendra dengan semringah. Hendra berharap paket cinta kasih ini dapat menghangatkan suasana keluarga di perayaan Imlek.

Pembagian paket cinta kasih Imlek Tzu Chi berjalan lancar dengan dukungan dari relawan Tzu Chi dan relawan dari BBC.

Neliyani, Bendara Sekolah BBC sekaligus koordinator relawan BBC menjelaskan jika pembagian paket ini ditujukan untuk warga kabupaten Tangerang, seperti Desa Kampung Melayu Barat, Desa Kampung Melayu Timur, Desa Pangkalan, Desan kosambi, Desa Kalijaya, Desa Selapajang, Desa Rawa Rotan dan sekitar BBC.

“Kami memiliki koordinator lapangan di setiap desa. Kami lakukan pendataan warga yang benar-benar butuh bantuan sembako baru kami berikan kupon.”, terang Neliyani yang sudah 22 tahun bergabung di BBC.

Hendra Sugalimin  (biru) memastikan setiap kupon yang diterima telah divalidasi dan paket diserahkan kepada orang yang tepat.

Neliyani mengucap syukur dan terimakasih atas bantuan sembako yang diberikan oleh Tzu Chi sehingga umat mereka bisa merayakan Imlek dengan tercukupi secara pangan. “Terima kasih kepada Tzu Chi untuk bantuan yang diberikan pada hari ini. Kami senang dapat bersinergi bersama. Seperti motto kami suatu berkah utama bagi kami dapat mempraktikkan salah satu praktik Dhamma menuju kebahagian dengan memberikan bantuan sembako untuk warga yang membutuhkan,” terang Neliyani dengan penuh bahagia.

Sebuah Berkah Menjelang Hari Raya
Iis Sugiharti (42) merasa senang hari itu. Ia datang memanjatkan syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang maha Esa karena hari itu  ia mendapat paket sembako. Iis yang sebagai ibu rumah tangga dan suami yang bekerja sebagai buruh pabrik memiliki hidup yang sangat sederhana.

Iis Sugiharti (biru muda, kiri) merasa senang menerima paket sembako dari Tzu Chi yang mana paket ini dapat kembali ia salurkan untuk orang tuanya.

“Suami buruh pabrik, kami hidup mengontrak dan anak masih kelas 2 SD. Jadi dengan adanya bantuan sembako ini bener-bener senang,” ujar Iis penuh ceria.  Pasalnya bantuan ini ia ambil bukan untuk dirinya, tetapi untuk ia salurkan kembali untuk orang tuanya yang tinggal di Karawaci, Tangerang. “Paket ini untuk orang tua. Saya biasa beli beras bulanan. Senang bisa berbagi,” terang Iis.

Vicky (coklat) bersyukur ia dan keluarga mendapat berkat berupa sembako dari Tzu Chi.

Vicky(23), warga Kampung Melayu Barat yang menerima bantuan pada hari itu juga bersyukur menerima bantuan. Ayah Vicky yang bekerja sebagai pandita dan ibunya yang bekerja sebagai penjahit musiman yang mana orderan ramai di hari –hari seperti Lebaran, Natal dan Imlek. “Senang sekali bisa dapat paket ini. Bisa kami gunakan untuk beberapa hari ke depan. Terima kasih Tzu Chi,“ ujar Vicky.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Makassar Sambut Imlek dengan Berbagi Bingkisan kepada Warga Prasejahtera

Tzu Chi Makassar Sambut Imlek dengan Berbagi Bingkisan kepada Warga Prasejahtera

13 Januari 2023

Tzu Chi Makassar membagikan 600 paket bingkisan dalam kegiatan Pembagian Bingkisan Imlek sebagai bentuk kepedulian kepada keluara prasejahtera Tionghoa dalam rangka perayaan Imlek 2574.

Menyambut Imlek Dengan Kebahagiaan

Menyambut Imlek Dengan Kebahagiaan

26 Januari 2023

Dalam momen Tahun Baru Imlek, Yayasan Buddha Tzu Chi Tanjung Balai Karimun membagikan 28 paket Imlek kepada para penerima bantuan Tzu Chi.

Bersama Menghimpun Cinta Kasih dalam Perayaan Imlek 2023

Bersama Menghimpun Cinta Kasih dalam Perayaan Imlek 2023

27 Januari 2023

Cuaca di Minggu siang itu sangat terik, tapi tak menjadi penghalang bagi 34 insan Tzu Chi menuju Vihara Dharma Ratna di Jalan Husein Sastranegara, Kec. Benda, Kota Tangerang, Banten. 

Benih yang kita tebar sendiri, hasilnya pasti akan kita tuai sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -