Sekantong Darah yang Sangat Berarti Bagi Sesama

Jurnalis : Indri Roselin, Ingriani Wionika (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Deviana, Edy Susanto, Yuki Cinthya Bella (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Donor darah ini diadakan di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti), Tanjung Batu.

Mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru.  Sel-sel darah merah berfungsi mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian, fungsi darah menjadi lebih baik sehingga para donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan juga dapat terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Minggu, 16 Juli 2023, relawan Tzu Chi di Tanjung Batu bekerja sama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) beserta Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Kundur kembali mengadakan donor darah untuk ketiga kalinya. Kegiatan ini diadakan di Gedung PMVDS (Persatuan Muda-Mudi Vihara Dharma Shanti), Tanjung Batu.

Sebelum mendonorkan darah, relawan melakukan registrasi terhadap para calon donor.

Ingriani Wionika, seorang dokter yang bertugas di UPT Puskesmas Tanjung Batu sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.

Sejak pagi, para relawan sudah mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan untuk donor darah. Sebelum mendonorkan darah, para peserta diwajibkan mencuci tangan dan melakukan registrasi. Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dasar berupa tensi darah dan kadar Hemoglobin (Hb) yang dilakukan oleh petugas PMI.

Ingriani Wionika (25) seorang dokter yang bertugas di UPT Puskesmas Tanjung Batu merasa sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Menurutnya, kegiatan ini sangat bagus karena merupakan aksi kemanusiaan untuk membantu sesama yang membutuhkan lewat sekantong darah.

“Donor darah merupakan aksi kemanusiaan yang sangat penting. Sekantong darah yang disumbangkan dapat memberikan harapan hidup bagi orang lain yang membutuhkan, terutama mereka yang mengalami kecelakaan, menjalani operasi, atau menderita penyakit serius,” ungkapnya.

Erman, selaku koordinator berterima kasih kepada para relawan, tenaga medis dan para donor yang berpartisipasi pada kegiatan ini.

Diakhir kegiatan, para relawan dan petugas PMI berfoto bersama.

Erman (48) selaku koordinator kegiatan sangat berterima kasih kepada para relawan, tenaga medis dan para donor. Pada kesempatan ini ia juga mendonorkan darah dengan niat bisa membantu sesama lewat sekantong darah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para relawan, tenaga medis yang membantu pelaksanaan kegiatan donor darah serta kepada para donor yang secara sukarela menyumbangkan darahnya untuk mereka yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini terhimpun 35 kantong darah yang akan disalurkan kepada orang yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menghimpun Hati Warga Tanjung Balai Melalui Baksos Donor Darah

Menghimpun Hati Warga Tanjung Balai Melalui Baksos Donor Darah

26 Juli 2022

Benih yang telah tersemai di hati warga Tanjung Balai melalui sosialisasi relawan, memberi semangat relawan Tzu Chi Medan dan Tebing Tinggi untuk gelar donor darah yang pertama kalinya di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Membantu Sesama Melalui Donor Darah

Membantu Sesama Melalui Donor Darah

24 November 2017

Membantu sesama tak memandang usia. Sama seperti yang dilakukan oleh Margareta, seorang ibu berusia 51 tahun yang turut bepartisipasi dalam kegiatan donor darah yang diadakan oleh Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas di Kantor Head Office Sinar Mas di Thamrin Jakarta, Rabu 23 November 2017.

Sumbangsih dengan Donor Darah

Sumbangsih dengan Donor Darah

10 September 2014 Relawan Tzu Chi Batam bekerja sama dengan PMI Batam dan PT OSI Electronics mengadakan bakti sosial donor darah untuk yang pertama kalinya pada Sabtu, 30 Agustus 2014.
Luangkan sedikit ruang bagi diri sendiri dan orang lain, jangan selalu bersikukuh pada pendapat diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -