Sekantung Darah untuk Sesama

Jurnalis : Noorizkha (He Qi Barat), Fotografer : Merry C (He Qi Barat)


Cinta kasih tidak cukup hanya ada di dalam hati saja, tetapi juga harus diwijudkan dalam perilaku”(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Pada hari Sabtu, 23 Agustus 2014, relawan Tzu Chi Hu Ai Kebon Jeruk kembali mengadakan kegiatan donor darah. Acara yang digelar setiap tiga bulan sekali ini diadakan di Kantor RW 06 Bojong, Jakarta Barat dan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang. Kegiatan rutin ini cukup tepat diadakan mengingat setelah bulan puasa berakhir di bulan Juli, stok darah di PMI semakin menipis. Beberapa relawan melakukan sosialisasi ke Pasar Bojong yang tak jauh dari lokasi.

Adapun warga sekitar terlihat cukup antusias untuk menyumbangkan darahnya. Misalnya Tarmini yang sudah datang sejak pukul 07.30 WIB padahal acara baru dimulai pukul 08.30 WIB. Ibu yang sudah berusia paruh baya ini memang rutin mengikuti donor darah yang diadakan Tzu Chi sejak tahun lalu. Tarmini mengaku merasakan manfaat donor darah sangat baik bagi tubuh. Semangat Ibu Tarmini juga diikuti oleh warga lainnya, menjelang pukul 11.30 WIB, warga masih saja berdatangan dan mendaftarkan diri.

Karena keterbatasan waktu, dari 108 pendaftar hanya bisa diambil sebanyak 92 kantung darah. Hal ini dikarenakan kantung darah telah dikumpulkan harus segera dimasukan ke freezer PMI. Kantung darah yang terkumpul menunjukan bahwa masih banyak orang yang peduli untuk membantu orang lain. Seperti pesan Master Cheng Yen melalui kata perenungan ”Kehidupan yang sempurna, tidak dinilai dari materi, kekuasaan, ketenaran, dan kedudukan seseorang, melainkan dari perhatian dan jalinan persahabatannya dengan sesama.”

Karena keterbatasan waktu, dari 108 pendaftar hanya berhasil diambil sebanyak 92 kantung darah. Hal ini dikarenakan darah yang telah terkumpul harus segera dimasukkan ke dalam freezer PMI.

Beberapa relawan Tzu Chi juga melakukan sosialisasi tentang adanya kegiatan donor darah hingga ke Pasar Bojong. 


Artikel Terkait

Donor Darah, Dapat Berkah

Donor Darah, Dapat Berkah

08 Oktober 2019

Dion Afriyand (20), seorang donor yang bahagia karena bisa mendonorkan darahnya. “Ini ibaratnya sama halnya seperti menolong orang tua. Saya merasa acara ini sangat bagus karena bisa mengajak orang lain untuk membantu orang yang sedang membutuhkan darah atau orang yang kesusahan,” ungkapnya.

Donor Darah di Masa Pandemi

Donor Darah di Masa Pandemi

01 April 2021

Tzu Chi Singkawang bekerja sama dengan PMI dan PFKPM Singkawang menyelenggarakan Baksos Kesehatan Donor Darah, Minggu, 28 Maret 2021.

Setetes Darah yang Bermanfaat Bagi Sesama

Setetes Darah yang Bermanfaat Bagi Sesama

22 November 2018

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun dan PMI rutin mengadakan Donor Darah setiap 3 bulan sekali. Selasa, 20 November 2018, tidak seperti kegiatan donor darah yang biasanya dilakukan pada hari Minggu, kali ini donor darah diadakan pada hari libur nasional yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menyayangi dan melindungi benda di sekitar kita, berarti menghargai berkah dan mengenal rasa puas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -