Sekotak Nasi Vegetaris Membahagiakan Wati

Jurnalis : Anand Yahya, Fotografer : Anand Yahya

Guru-guru Tzu Chi School membagikan paket nasi kotak vegetaris siap saji di titik pertama di wilayah Waduk Pluit di Rw. 017 Kel. Penjaringan, Jakarta Utara.

Wati (62) menangis terharu ketika mengambil nasi kotak vegetaris siap saji yang dibagikan oleh guru-guru Tzu Chi School pada Jumat, 27 Mei 2022. Para guru Tzu Chi School bersama staf Wonder Food Indonesia membagikan 500 buah nasi vegetaris di wilayah sekitar Waduk Pluit, Kel. Penjaringan Jakarta Utara.

Wati di usia senjanya kini sudah tidak lagi bekerja sebagai petugas PPSU, dan suami Wati menderita penyakit stroke dan kini hanya terbaring di tempat tidur. “Suami saya kena stroke nggak bisa kerja apa-apa, saya hidup sehari-hari dari pengasih orang, tetangga kadang kasih 5 liter beras, kadang sayur dikasih tetangga,” ungkap Wati sambil menangis.

Wati menerima nasi kotak vegetaris dari salah seorang guru Chi School. Wati sangat bersyukur dan berterima kasih kepada para guru Tzu Chi School yang sudah mau berbagi dengan ia dan warga Waduk Pluit lainnya.

Wati membawa nasi kotak vegetaris dari guru-guru Tzu Chi School untuk suami wati yang mengalami stroke. Keluarga Wati hidup dari pemberian orang-orang dan para tetangganya.

Wati mendapat kabar ada pembagian nasi kotak dari tetangga sebelah rumahnya. “Itu ada bagi-bagi nasi kotak gratis…, buruan ambil,” ungkap Wati. Wati tinggal di RT 019 /017 Kel. Penjaringan Jakarta Utara. Wilayah ini padat penduduk, yang berada di sisi Waduk Pluit Penjaringan Jakarta Utara. Wati tinggal berdua dengan suami sedangkan anak-anaknya meninggalkan mereka berdua.

“Terima kasih, Pak yaaa…, syukur Alhamdulillah ada yang kasih saya nasi. Saya makan dari pengasih tetangga pak,” ucap Wati kepada guru Tzu Chi School dan relawan yang membagikan makanan. Pasangan berusia lanjut ini kini hidup dari belas kasihan tetangga-tetangga sekitar rumah.

Para guru Tzu Chi School membagikan nasi kotak vegetaris, jelly, dan roti kepada anak Arma. Arma sangat senang menerima nasi kotak yang diberikan oleh guru-guru Tzu Chi School dan Wonder Food Indonesia.

Di wilayah waduk Pluit Jakarta Utara para guru menyiapkan nasi kotak vegetaris, roti, jelly untuk warga dan anak-anak.

Lain halnya dengan Arma (38) warga Rt. 20/ 017 gedung pompa Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Arma sehari-hari berjualan jajanan anak-anak (warung) yang bersanding langsung dengan tanggul air laut Pluit. Menurut pengakuan Arma, Wonder Food sudah rutin menyalurkan bantuan paket makanan siap saji kepada warga sekitar Waduk Pluit. “Makanya waktu lihat mobilnya datang saya udah tau mau bagi makanan,” ujar Arma.

Arma mengungkapkan sangat senang ada pembagian nasi kotak vegetaris siap saji di kampungnya. “Senang dan terima kasih sekali gak pernah lupa sama wilayah sini, kan lumayan ngirit pak buat sarapan anak-anak” ujar Arma. Arma dan ibu-ibu lainnya lalu menyuapi anak-anak mereka dengan makanan nasi kotak vegetaris yang dibagikan oleh guru-guru sekolah Tzu Chi School dan wonder Food Indonesia.

Guru-guru Tzu Chi School menyiapkan pembagian nasi kotak vegetaris di titik kedua di wilayah rumah pompa waduk Pluit Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara.

Tzu Chi School bersama Wonder Food melanjutkan rangkaian yang berkaitan dengan Earth Day (Hari Bumi), Enterpreneur Day, dan Early Childhood dengan menyalurkan nasi kotak vegetaris siap saji di wilayah pemukiman padat penduduk di sekitar waduk Pluit Jakarta Utara.

Pembagian nasi kotak vegetaris ini sudah berjalan sejak tanggal 23 hingga 27 Mei 2022. Pembagian nasi kotak vegetaris siap saji ini dibagikan ke sekolah-sekolah negeri di wilayah Jakarta Utara pada saat makan siang dan di pemukiman-pemukiman warga yang padat penduduk. Total makanan siap saji yang dibagikan selama 5 hari sebanyak 1.900 buah nasi kotak vegetaris.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

Bersyukur Masih Ada yang Peduli Pada Kami

27 September 2021

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Timur kembali bekerja sama dengan Yayasan Atmabrata untuk memberikan 300 kotak nasi hangat vegetarian kepada lansia, pemulung, dan warga kurang mampu di wilayah Cakung Drain Cilincing pada 19 Oktober 2021.

Tzu Chi School Peduli, Tzu Chi School Berbagi

Tzu Chi School Peduli, Tzu Chi School Berbagi

25 Mei 2022

Tzu Chi School membagikan 250 paket meal box vegetaris untuk SDN 06 dan 250 paket meal box vegetaris untuk SDN 03 Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Sekotak Nasi Vegetaris Membahagiakan Wati

Sekotak Nasi Vegetaris Membahagiakan Wati

30 Mei 2022

Tzu Chi School bersama Wonder Food melanjutkan rangkaian yang berkaitan dengan Hari Earth Day, Enterpreneur Day, dan Early Childhood dengan menyalurkan 500 buah nasi kotak vegetaris di dua titik wilayah pemukiman padat penduduk di sekitar waduk Pluit Jakarta Utara.

Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -