Selesainya Putaran Ke Enam Tantangan 21 Hari Diet Wholefood Vegan

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Lukman, Augustina, Liani (Tzu Chi Medan)

Sebanyak 36 orang peserta telah menyelesaikan Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan putaran ke enam.

Peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan putaran ke enam (periode 20 Maret 2022 - 9 April 2022) telah selesai. Program ini di ikuti 36 orang (14 peserta paket penuh dan 22 peserta paket catering). Para peserta dibimbing dan diawasi oleh Dr. Susianto MKM seorang doktor gizi selama menjalani Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet, dan tim medis TIMA Medan.

Pada Minggu, 10 April 2022, para peserta berkumpul di Jingsi Books & Café Medan, untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh tim medis TIMA Medan setelah menyelesaikan program diet selama 21 hari. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pengecekan tekanan darah, berat dan tinggi badan untuk menentukan indeks masa tubuh, pengukuran lingkaran perut,serta pengambilan sampel darah oleh tim medis laboratorium RS Bunda Thamrin Medan.

Pemeriksaan laboratorium pascaprogram meliputi cek darah lengkap, fungsi hati, (SGOT, SGPT), fungsi ginjal (ureum, kreatinin), asam urat, profil lemak (kolesterol total, HDL, LDL, dan trigliserida), gula darah puasa. Hasil lab pra dan pasca juga akan dibandingkan untuk menarik kesimpulan keberhasilan program. Selain itu juga dilakukan pemotretan tubuh posisi berdiri menghadap depan dan samping untuk membandingkan perbedaan sebelum dan sesudah mengikuti program.

Seusai pemeriksaan kesehatan dan pengambilan sampel darah, semua peserta disuguhkan hidangan sarapan yang sehat. Hidangannya berupa mushroom soup dengan bahan multi grain instant mix free sugar yang diproduksi oleh Jingsi Shifu di Hualien, Taiwan.

Untuk putaran ke enam ini, menu masakan disajikan oleh Resto Green Village dan makanan di antar oleh ojek online ke rumah atau kantor peserta. Para peserta juga ada yang mengambil sendiri makanannya di Resto Green Village.

Relawan Tzu Chi Medan Hariatno Widjaja sedang mengikuti tes kesehatan oleh tim medis TIMA Medan dan tim medis RS Bunda Thamrin setelah selesai mengikuti Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan putaran ke enam.

Sylvia Chuwardi, koordinator kegiatan Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan sangat senang dengan pencapaian peserta yang berhasil menyelesaikan program dan memperoleh hasil laporan kesehatan yang membaik.

Hariatno Widjaja, relawan yang juga salah satu peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet putaran ke enam ini pun mendapat manfaat setelah menyelesaikan programnya. “Awalnya saya ragu untuk mengikuti program ini. Namun setelahnya, berat badan saya dari 71 kg turun menjadi 69,5 kg. Kolesterol saya dari 206 mg/dl turun menjadi 169 mg/dl,” kata Hariatno Widjaja.

Selain Hariatno Widjaja, ada juga drg. Sherley Ganda (anggota TIMA Medan) yang menjadi peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet. “Awalnya saya ikut Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet dengan tujuan mencapai pola hidup sehat. Dengan dibimbing oleh Dr. Susianto, ternyata setelah dijalani tidaklah sulit, meskipun godaan disana sini pasti selalu ada,” jelasnya. Setelah drg. Sherley Ganda merasakan manfaatnya, Susanna (78) ibu dari drg. Sherley Ganda juga termotivasi dan ikut Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet di putaran ke enam.

Sylvia Chuwardi, kordinator kegiatan juga senang dengan pencapaian para peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet. “Sangat bahagia setelah melihat hasil laporan kesehatan, antusias dari peserta yang melewati tantangan. Tanpa sadar Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet ini juga melatih kesabaran dan pengetahuan akan pola makan yang benar. Program ini mendapat respon yang baik sehingga Tzu Chi Medan masih terus melanjutkan untuk putaran ke tujuh akan dilaksanakan pada Mei-Juni 2022 mendatang,” kata Sylvia Chuwardi.

Pencapaian drg. Sherley Ganda, FISID, FICD mengikuti Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet, menginspirasi ibunya Susanna (kanan) ikut juga di putaran ke enam ini.

Sosialisasi baksos pembagian sembako menyambut Hari Raya Idul Fitri di Tzu Chi Medan yang diikuti oleh tim ojek online dan peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet.

Pada kesempatan ini juga diadakan sosialisasi baksos pembagian sembako menyambut Hari Raya Idul Fitri di Tzu Chi Medan yang diikuti oleh tim ojek online dan peserta Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tujuh Kali Diadakan di Medan, Tantangan 21 Hari Diet Wholefood Vegan Tetap Diminati Pelanggan

Tujuh Kali Diadakan di Medan, Tantangan 21 Hari Diet Wholefood Vegan Tetap Diminati Pelanggan

20 Juni 2022

Program Tantangan 21 Hari Wholefood Vegan Diet Tzu Chi Medan telah memasuki putaran ke-7 (periode 15 Mei 2022 – 4 Juni 2022) dan selesai.

Pencapaian, Tantangan, dan Manfaat Dari 21 Hari Wholefood Vegan Diet

Pencapaian, Tantangan, dan Manfaat Dari 21 Hari Wholefood Vegan Diet

09 November 2021

Selain menyehatkan bagi para pesertanya, Program Tantangan 21 Hari Diet Nabati Utuh Tzu Chi Medan memberikan wawasan baru bagi orang-orang yang terlibat serta memberikan manfaat bagi para pengemudi Ojol.

Melestarikan Lingkungan dengan Menata Pola Makan

Melestarikan Lingkungan dengan Menata Pola Makan

10 November 2022

Program Tantangan 21 Hari Hidup Sehat yang dilakukan relawan Tzu Chi di Hu Ai Jembatan Lima diisi berbagai kegiatan seru di program ini, dari bazar, demo masak, hingga penyaluran makanan vegetarian ke panti-panti.

Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -