Semangat Mencintai Bumi

Jurnalis : Susilawati Ng (Tzu Chi Medan), Fotografer : Pieter Chang, Ivan Shen (Tzu Chi Medan)
 
foto

Kedua kalinya relawan Tzu Chi Medan mengunjungi Rumah Susun Sukaramai dan membersihkan lingkungan bersama-sama dengan warga.

Semangat yang tidak kenal lelah demi menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tak terasa sudah sebulan kegiatan penyuluhan pelestarian lingkungan di Rusun Sukaramai berlalu. Tiba saat bagi Tzu Chi Medan kembali mengadakan penyuluhan yang sama di sekitar Rusun Sukaramai Blok A6 dan A7 Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area, untuk tahap kedua.

Sebulan lewat, sudah bertambah banyak warga rusun yang peduli terhadap lingkungan. Sekitar 40 warga rusun dengan antusias turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 19 April tersebut. Pagi-pagi, 83 relawan telah berkumpul di lokasi dan membagikan masker, cangkul, dan sarung tangan. Mereka bersiap-siap membersihkan selokan gang hingga tumpukan sampah yang berserakan di sekeliling rusun. Para relawan dibagi menjadi 9 regu dan dituntun oleh masing-masing ketua regu menuju titik lokasi pembersihan yang berbeda satu dengan lainnya.

“Ini baru pertama kali saya ikut pembersihan semacam ini. Walaupun capek, saya gembira dan ikhlas mengerjakannya karena melihat semangat relawan Tzu Chi lainnya turut membersihkan lingkungan,” tutur Lim Chun Fuk yang usianya sudah memasuki separuh abad ini. Salah seorang relawan perempuan, Lisnawaty berkata, ”Saya tidak takut dengan bau sampah. Hal itu tidak akan mematahkan semangat saya. Dan, saya akan ikut lagi berpartisipasi membersihkan rusun ini untuk tahap selanjutnya.” Karena terlalu bersemangat, Lisnawaty hampir jatuh pingsan karena kecapekan. Tapi, untunglah kondisinya masih baik.

foto  foto

Ket : - Setelah bekerja seharian, relawan dan warga berhasil mengumpulkan sampah sejumlah 3 truk.
           Pada pengumpulan pertama bahkan mencapai 5 truk. Pengurangan ini menunjukkan kesadaran warga
           mulai meningkat. (kiri)
         - Cukup banyak relawan yang baru pertama kali mengikuti kegiatan pelestarian lingkungan seperti ini.
           Mereka sangat terkesan hingga langsung mendaftar untuk menjadi relawan Tzu Chi. (kanan)

Melihat semangat Tzu Chi yang siap membantu sesama, Lim Chun Fuk dan Lisnawaty terdorong untuk menuju posko relawan dan mendaftar menjadi relawan Tzu Chi. Mereka mengingatkan agar Tzu Chi Medan jangan lupa mengajak mereka kembali mengikuti kegiatan pembersihan rusun tahap ketiga yang dijadwalkan pada bulan Mei.

Hasil kerja keras relawan hari itu, terkumpul 3 truk sampah. Sementara dari pembersihan tahap sebelumnya sebanyak 5 truk. Kesadaran dan kepedulian warga rusun untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, sudah mulai tumbuh. Ditambah lagi, dengan kesungguhan dan semangat para relawan dalam mensosialisasikan tentang pelestarian lingkungan pada tanggal 15 April 2009 malam, yang diikuti hampir semua warga rusun, menambah pengetahuan mereka tentang pentingnya kebersihan.

foto  foto

Ket : - Tengah hari, di bawah siraman terik matahari, relawan Tzu Chi teguh melaksanakan tugas demi
           menyelamatkan bumi. (kiri)
         - Setelah dua kali melakukan sosialisasi pelestarian lingkungan, kondisi rusun Sukaramai sudah lebih bersih
           dari sampah yang berserakan. Para relawan merencanakan kegiatan ini secara rutin. (kanan)

Relawan berharap melalui kegiatan pelestarian lingkungan Tzu Chi ini, lingkungan Rusun Sukaramai ini bisa menjadi bersih, nyaman, dan indah. Para warga rusun diajak untuk melihat ke dalam diri sendiri tentang kesadarannya menjaga kebersihan, sehingga mereka menjadi terinspirasi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Semua ini akan terwujud jika kita semua peduli terhadap lingkungan, terutama di sekitar tempat tinggal kita.

 

Artikel Terkait

Memulihkan Kehidupan Melalui Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe

Memulihkan Kehidupan Melalui Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe

02 Juli 2019

Kabar bahagia kembali menyapa warga terdampak gempa dan tsunami di wilayah Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah. Pasalnya, pembangunan hunian tetap (Huntap) akan kembali dimulai. Berlokasi di Desa Pombewe, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi, Sulawesi Tengah peletakan batu pertama pembangunan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe ini dilakukan pada Senin, 1 Juli 2019.

Tzu Ching Fun Day: Be Different, Your Experience with Tzu Chi

Tzu Ching Fun Day: Be Different, Your Experience with Tzu Chi

19 Oktober 2017
Sosialisasi Tzu Ching yang mengusung tema Jiu Shi Bu Yi Young (Be Different, Your Experience with Tzu Chi) ini berhasil mengumpulkan sebanyak 42 peserta yang berasal dari kalangan mahasiwa, SMK dan sederajat, serta umum.
Pentas Seni Religi Lintas Iman dimulai dari Aula Jing Si

Pentas Seni Religi Lintas Iman dimulai dari Aula Jing Si

27 Oktober 2017

Pagelaran Seni Religi Lintas Iman akan diadakan pada Minggu, 29 Oktober 2017 di Tzu Chi Center, Lt. 3, PIK, Jakarta Utara. Pagelaran ini terselenggara atas kerja sama Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) dengan Tzu Chi Indonesia dan digelar dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017 lalu.

Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -