Semangat Para Relawan Tzu Chi di Kota Medan dalam Menebar Cinta Kasih

Jurnalis : Gunawan Halim (Tzu Chi Medan), Fotografer : Effendy Leman, Liani (Tzu Chi Medan)
Penyerahan paket sembako secara simbolis dari relawan dan aparat pemerintah kepada warga.

Dengan semangat yang membara, para relawan Tzu Chi dari komunitas Hu Ai Medan Perintis menyalurkan 964 paket sembako kepada masyarakat di Kecamatan Medan Perjuangan, Minggu 24 Maret 2024.  Paket ini masing-masing berisi 10 kg beras, minyak goreng 1,8 liter, 2 botol sirup serta 2 bungkus DAAI Mie.

Susanto Musim, penanggung jawab penyaluran paket sembako berharap, bantuan Tzu Chi ini dapat membawa suka cita masyarakat dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Aksi kepedulian sosial yang penuh solidaritas bagi masyarakat yang membutuhkan ini turut dihadiri Camat Medan Perjuangan, Muhammad Pandapotan Ritonga dan jajarannya, ada juga Kanit Propos, Aiptu Indra, juga perwakilan dari Koramil 0201-02/Medan Timur, Peltu Dicky Lubis.

Sebanyak 184 petugas kebersihan juga menerima paket sembako.

Relawan Tzu Chi memperagakan isyarat tangan lagu Satu Keluarga.

Sebelum penyaluran paket sembako ini, pada 10 dan 17 Maret 2024, para relawan telah mendistribusikan kupon kepada masyarakat secara langsung untuk memastikan bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Kupon ini juga diberikan kepada 184 petugas kebersihan Kecamatan Medan Perjuangan sebagai wujud apresiasi karena telah menjaga kebersihan lingkungan.

Muhammad Pandapotan Ritonga, Camat Medan Perjuangan menyampaikan terima kasih atas kerjasama dari Yayasan Buddha Tzu Chi. “Kami juga berharap kegiatan kemanusiaan semacam ini dapat dilakukan secara berkala, khususnya di wilayah Kecamatan Medan Perjuangan,” ujarnya.

Disediakan jalur khusus untuk memudahkan para lansia untuk mengantre.

Seorang relawan Tzu Chi membantu lansia membawakan paket sembako menuju becak yang ditumpanginya.

Penampilan isyarat tangan lagu Satu Keluarga menambah suasana hangat penyaluran paket sembako. Pembagian paket cinta kasih Tzu Chi ini pun dimulai dengan seremoni penyerahan paket oleh pihak pemerintah dan relawan kepada warga. Warga kemudian secara tertib menukarkan kupon mereka dengan paket bantuan yang telah disiapkan.

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan terutama bagi lansia, tim relawan menyediakan jalur khusus dan tempat duduk. Tidak hanya itu, tim relawan juga menyediakan beberapa kotak amal untuk memberi kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi. Ini mencerminkan nilai-nilai saling mendukung dan kepedulian antar warga.

Marni, seorang lansia, bertahun-tahun menderita pengapuran tulang belakang sehingga ia sulit berjalan. Bantuan paket sembako ini pun memberikan suka cita baginya. "Saya sangat bersyukur sekali dapat menerima bantuan ini. Hanya Tuhan Yang Maha Kuasa yang dapat membalas kebaikan ini," ujar Marni dengan tulus.

Seorang relawan Tzu chi dengan suka cita membantu seorang lansia untuk membawakan paket sembakonya.

Yanti Yunita (memakai rompi Tzu Chi) penuh dedikasi melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Yanti Yunita merupakan calon relawan Tzu Chi. Ia tertarik dengan Tzu Chi setelah melihat tayangan DAAI TV tentang kegiatan-kegiatan relawan Tzu Chi. Yanti sudah beberapa kali mengikuti kegiatan Tzu Chi seperti survey kasus dan rapat kasus misi amal Tzu Chi. Dan kali ini ia berpartisipasi dalam penyaluran paket sembako Tzu Chi. "Setiap kegiatan Tzu Chi yang saya ikuti selalu menimbulkan kesan-kesan positif yang sangat mendalam," ungkap Yanti penuh semangat.

"Hanya kekuatan cinta kasih sejati tanpa pamrih yang dapat menjernihkan aliran keruh dalam masyarakat," Kata Perenungan dari Master Cheng Yen, tersebut menggambarkan esensi dari setiap tindakan kebaikan yang dilakukan. Dengan kata-kata bijak ini, kita diingatkan akan kekuatan luar biasa yang dimiliki oleh cinta kasih dalam membawa perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Merajut Cinta Kasih dan Kebersamaan Melalui Pembagian Paket Lebaran di Kota Binjai

Merajut Cinta Kasih dan Kebersamaan Melalui Pembagian Paket Lebaran di Kota Binjai

04 April 2024

Tzu Chi Medan membagikan 10.000 paket cinta kasih di 16 titik dari Kota Medan sampai Banda Aceh. Salah satu titik tersebut adalah Kota Binjai tepatnya di Kelurahan Setia dan Kelurahan Rambung Timur.

Berkah Ramadan Bagi Mereka yang Membutuhkan

Berkah Ramadan Bagi Mereka yang Membutuhkan

01 April 2024
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia kembali membagikan Paket Cinta Kasih Lebaran untuk menyambut hadirnya bulan Ramadan, bulan penuh berkah. Ada total 22.687 paket yang dibagikan di 41 titik di Jabodetabek.
Paket Cinta Kasih untuk Warga Percut Sei Tuan

Paket Cinta Kasih untuk Warga Percut Sei Tuan

02 April 2024

Dengan tema “Satu Orang Satu Kebajikan Menghimpun Cinta Kasih”, Tzu Chi Medan berbagi kasih dengan membagikan paket sembako bagi warga prasejahtera di Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -