Semangat Perubahan Melalui Kegiatan Pelestarian Lingkungan

Jurnalis : Lorenzo Setiawan (He Qi Tangerang), Fotografer : Lorenzo Setiawan (He Qi Tangerang)

Putri, Metta, dan Yuni dengan semangat memilah botol plastik.

Tak terasa sudah memasuki tahun kedua, relawan Tzu Chi di Xie Li Lippo yang tinggal di Kota Serang konsisten melakukan pelestarian lingkungan. Kegiatan ini digelar di pekan ke-3 setiap bulannya di titik pemilahan Artha Bangunan.

Banyak perubahan dirasakan para relawan yang konsisten hadir di kegiatan pelestarian lingkungan ini, salah satunya Yuni Syahruni. “Berawal dari ketidak pedulian terhadap lingkungan kini dengan adanya kegiatan pelestarian lingkungan ini saya sadar akan pentingnya menjaga kebersihan untuk kelangsungan hidup yang sehat,” tuturnya.

Okky Anastasya Libryana memberikan botol plastik yang sudah dipilah untuk dibawa ke titik pilah Artha Bangunan.

Kesibukan di titik pelestarian lingkungan Artha Bangunan.

Semangat yang sama juga dirasakan Okky Anastasya Libryana. Mulanya ia adalah donatur Tzu Chi dan sekarang Okky mulai memilah botol plastik di rumahnya kemudian diserahkan ke titik pilah Artha Bangunan. “Pengumpulan botol-botol plastik seperti ini untuk didaur ulang sangat lah bagus untuk mengurangi limbah dan berharap sebisa mungkin kita semua bisa meminimalisir penggunaan botol plastik seperti ini untuk tetap menjaga pelestarian lingkungan,” katanya.

Sebanyak tujuh relawan Tzu Chi dan 13 relawan dari Artha Bangunan mengikuti pemilahan barang daur ulang pada Minggu pagi, 17 Desember 2023 ini. Mereka begitu semangat dan bergotong-royong serta berharap dengan kegiatan ini setiap orang dapat melakukan perubahan kehidupan yang lebih bersih dan sehat.

Faisal memasukan botol yang sudah dipilah ke dalam karung dibantu Bagus dari relawan Artha Bangunan.

Sementara itu Metta Sari yang baru pertama kali datang ke titik pilah Artha Bangunan sangat terkesan dengan semangat para relawan. “Pelestarian lingkungan ini bukan hanya yang ikut memilah di lokasi setiap bulan, tetapi juga melakukan pemilahan dari rumah dengan cara mengurangi pemakaian barang sekali pakai, memilah barang yang bisa didaur ulang, menghabiskan makanan dan minuman yang dibeli jangan sampai ada sisa makanan dan minuman yang terbuang sia-sia,” ujar Metta Sari.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Dharma Dalam Tindakan Nyata

Dharma Dalam Tindakan Nyata

16 September 2016

Pelatihan ke-4 Relawan Abu Putih kembali digelar pada 11 September 2016 di kantor Tzu Chi He Qi Pusat yang diikuti sebanyak 33 relawan berseragam dan 58 relawan Tzu Chi setempat. Dalam pelatihan ini, relawan diajak lebih mendalami Misi Amal Tzu Chi.

Saatnya Bergabung Dalam Barisan Relawan Tzu Chi

Saatnya Bergabung Dalam Barisan Relawan Tzu Chi

02 Desember 2021

Minggu, 28 November 2021, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan pelatihan relawan baru. Ada 30 orang peserta yang mengikuti pelatihan relawan Tzu Chi.

Menggenggam Jalinan Jodoh dalam Pelatihan Relawan Tzu Chi

Menggenggam Jalinan Jodoh dalam Pelatihan Relawan Tzu Chi

25 Mei 2022

Baksos pembagian sembako yang digelar Tzu Chi Tebing Tinggi beberapa waktu lalu menjadi sebuah pintu yang mengantar jalinan jodoh sukarelawan yang saat itu ikut bersumbangsih, kini bertekad menjadi relawan Tzu Chi.

Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -