Sembako Cinta Kasih Bagi Warga Dayeuhkolot

Jurnalis : Galvan (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Galvan (Tzu Chi Bandung)
Relawan Tzu Chi Bandung memberikan paket sembako kepada Dede Kurnia (40), salah satu warga penerima bantuan di Dayeuhkolot.

Sembilan bahan pokok (Sembako) merupakan salah satu kebutuhan pokok penting bagi masyarakat kita. Namun, terkadang harga kebutuhan pokok tersebut terus melambung tinggi sehingga meresahkan warga khusunya bagi yang kurang mampu. Seperti halnya bagi sebagian warga Dayeuhkolot dan sekitarnya, disetiap musim hujan menjadi langganan banjir di wilayah kabupaten Bandung

Sejak bulan Maret 2016, debit air sungai Citarum mengalami pasang surut, pada saat hujan deras tiba debit air pun meninggi disertai sampah yang mengalir dan menumpuk di sungai Citarum. Akibatnya air meluap hingga ke pemukiman warga. Kondisi inilah yang membuat insan Tzu Chi Bandung memberikan bantuan bagi warga yang terkena dampak banjir.  


Warga mengantri dalam pembagian sembako yang diadakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi yang bekerjasama dengan KODAM III/Siliwangi dalam rangka HUT KODAM III/Siliwangi ke 70. Kegiatan ini berlangsung di MAKO (Markas Komando) Yon Zipur 3, Jl. Raya Dayeuhkolot no. 246, Kabupaten Bandung. (18/05/16).

Pada tanggal 18 Mei 2016, Tzu Chi Bandung membagikan kebutuhan berupa 1000 paket sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan mie instan bagi warga Dayeuhkolot dan sekitarnya yang mengikuti karya bhakti dengan membersihkan anak sungai Citarum dari sampah. Pembagian Sembako ini berlangsung di Mako Yon Zipur 3 Siliwangi, Jl. Raya Dayeuhkolot no. 246.  Kabupaten Bandung.  Disamping itu, adanya baksos pembagian sembako ini karena berkat adanya kerjasa sama antara Yayasan Buddha Tzu Chi dan KODAM III/Siliwangi dalam rangka memperingati HUT KODAM III/Siliwangi yang ke-70.

Ketua Tzu Chi Bandung, Herman Widjaja, menerima kupon sembako dari warga serta memberikan arahan tempat mengambil sembako. 

Menurut Herman Widjaja selaku ketua Tzu Chi Bandung, tujuan dari pembagian sembako ini adalah untuk meringankan beban warga yang terkena dampak banjir, “Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari jadi KODAM III/Siliwangi yang ke-70 dengan mengadakan karya bakti untuk membersihkan sampah-sampah yang mengendap di anak sungai Citarum, kemudian Tzu Chi memberikan sembako kepada warga dan anggota TNI yang ikut membantu membersihkan," ungkapnya. Ia pun menambahkan, harapan diikutsertakannya warga oleh TNI dalam kegiatan ini agar mereka sadar bagaimana dan memperhatikan nilai-nilai pelestarian lingkungan sehingga tidak membuang sampah di sungai.

Anggota TNI dari KODAM III/Siliwangi bersama warga setempat mengangkat dan membersihkan sampah dari anak sungai Citarum. Kegiatan karya bhakti ini dalam rangka memperingati HUT KODAM III/Siliwangi ke 70.

Adanya pembagian sembako ini tentu disambut baik oleh warga penerima bantuan, salah satunya adalah Dede Kurnia (40) warga Dayeuhkolot, Ia mengatakan aksi solidaritas yang ditunjukkan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi dan TNI dalam memperhatikan warga yang membutuhkan sangatlah membantu. Selain itu, masyarkat pun tergerak untuk membersihkan sungai dari sampah serta menjaga lingkungan setempat. “Sangat terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang mana kita sering menerima bantuan sosial dari Buddha Tzu Chi, terutama dulu kita pernah dapat peralatan evakuasi seperti perahu terus berobat gratis juga ada. Alhamdulillah sekarang ada bantuan sembako," ujar Dede.

Dengan kerendahan hatinya, para relawan Tzu Chi telah membagikan 1000 paket sembako hingga rampung. Bersamaan dengan itu, dengan ini merupakan ajang untuk melatih diri dan merasakan penderitaan yang dialami oleh penerima bantuan.



Artikel Terkait

Memahami Pelaksanan Misi Amal Tzu Chi

Memahami Pelaksanan Misi Amal Tzu Chi

20 Maret 2018
Sebanyak 35 relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengikuti kegiatan Pendalaman materi SOP Misi Amal Tzu Chi pada Minggu, 18 Maret 2018.
Bersyukur Kunci Semangat Hidup

Bersyukur Kunci Semangat Hidup

11 Juli 2014 Gathering Gan En Hu berlangsung di Jing Si Book & Café Blok M Plaza pada Minggu, 6 Juli 2014. Gathering Gan En Hu kali ini memiliki maksud dan tujuan yaitu pemberian bantuan jangka panjang Tzu Chi.
Dana Kecil Amal Besar

Dana Kecil Amal Besar

26 Oktober 2018

Relawan Tzu Chi Medan Timur mengadakan Sosialisasi Misi Amal Tzu Chi (SMAT) di Sekolah Dharma Bakti, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa 23 Oktober 2018. Di sini relawan membagikan celengan dan mensosialisasikan manfaat menabung ke celengan setiap hari kepada siswa-siswa serta para guru.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -