Sembako Cinta Kasih untuk Para Gan En Hu di Kota Jambi

Jurnalis : Jenny Surianti (Tzu Chi Jambi) , Fotografer : Surianto Wijaya (Tzu Chi Jambi)

Rusman saat menjelaskan tentang arti celengan bambu.

Menyambut Idul Fitri 1445 Hijriyah, pada Minggu (24/03/2024), Tzu Chi Jambi memberikan bantuan sembako kepada 25 Gan En Hu atau penerima bantuan Tzu Chi jangka panjang. Paket itu berisi 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, sekilo gula pasir, 10 bungkus mie vegetarian, minuman, serta THR Idul Fitri. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan biaya hidup para Gan En Hu, khususnya jelang Idul Fitri.

Sebelum, paket sembako dibagikan, para relawan juga memperkenalkan tentang empat misi utama Tzu Chi, yaitu misi amal, misi kesehatan, misi pendidikan, dan misi budaya humanis. Relawan memutarkan video sejarah dan arti celengan bambu. Rusman, selaku fungsionaris di misi amal lalu menjelaskan lebih detail mengenai celengan bambu. Pun dengan Mariana yang merupakan fungsionaris misi pelestarian lingkungan juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga lingkungan alam. Apalagi sekarang banyak kerusakan lingkungan terjadi.

Para Gan En Hu sangat antusias menerima bantuan paket sembako.

“Lingkungan alam sudah mulai rusak dan terkikis akibat tangan-tangan manusia, maka dengan tangan-tangan manusia kembalilah kita berharap bisa memperbaiki dan merawat mereka,” ujar Mariana yang juga mengenalkan konsep “5R” (Rethink, Reduce, Reuse, Repair, dan Recycle) yang berpengaruh besar dalam mengurangi sampah.

Para Gan En Hu juga diajak menyanyikan lagu Satu Keluarga sambil memperagakan isyarat tangannya. Acara kemudian ditutup dengan doa bersama.  Tampak antusiasme para Gan En Hu menerima celengan bambu dan bertekad untuk bisa menyisihkan koin demi koin agar bisa membantu sesama yang membutuhkan. Pembagian sembako menutup rangkaian acara pagi itu. Para relawan berharap semoga Tzu Chi Jambi bisa menjalin lebih banyak lagi jodoh baik dengan tangan-tangan baru untuk dapat bergandengan bersama merajut kebajikan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Pembagian Kupon dan Paket Cinta Kasih di Kamal Muara

Pembagian Kupon dan Paket Cinta Kasih di Kamal Muara

27 Maret 2024

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Indonesia membagikan kupon sembako bagi warga prasejahtera di wilayah Kamal Muara. Kupon ini nantinya dapat ditukarkan dengan paket sembako berisi 10 Kg beras dan 20 bungkus mi instan.

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

Menebar Kebahagiaan di Bulan Ramadan

28 Maret 2024

Relawan Tzu Chi memberikan 1.000 paket sembako untuk warga Duri Utara, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Seminggu sebelumnya kupon telah dibagikan relawan untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Semangat Para Relawan Tzu Chi di Kota Medan dalam Menebar Cinta Kasih

Semangat Para Relawan Tzu Chi di Kota Medan dalam Menebar Cinta Kasih

01 April 2024

Dengan semangat yang membara, para relawan Tzu Chi dari komunitas Hu Ai Medan Perintis menyalurkan 964 paket sembako kepada masyarakat di Kecamatan Medan Perjuangan.

Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tidak terhingga.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -