Sembako Kemerdekaan

Jurnalis : Elsa Fany Luluk (DAAI TV Medan), Fotografer : Lukman (Tzu Chi Medan)

Pelepasan Babinsa TNI AD dalam mengantarkan sembako cinta kasih. Masing-masing Babinsa membawa 20 paket sembako yang didistribusikan langsung kepada warga terdampak Covid-19.

Selama pandemi Covid-19, Tzu Chi tidak henti-hentinya melakukan aksi kebaikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kali ini, Tzu Chi Medan kembali berkolaborasi dengan TNI Komando Daerah Militer I Bukit Barisan. Ada total 20.000 paket sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula, dan lain sebagainya yang diberikan kepada masyarakat Kota Medan.

Tepat di Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, relawan Tzu Chi Medan bersama dengan Bintara Pembina Desa atau Babinsa TNI membagikan paket sembako langsung kepada warga. Masing-masing babinsa membawa 20 paket sembako dengan sepeda motor.

Relawan Tzu Chi Medan bersama Babinsa bersiap mengantarkan paket sembako kepada warga.

“Tentunya kami berharap dan berdoa seluruh keluarga besar kita, seluruh masyarakat tetap semangat. Tentunya dengan adanya pandemi Covid-19 saat sekarang yang bukan saja terdampak pada kita, sudah merupakan wabah global, yang paling utama adalah menjaga kesehatan. Tetap bahagia dengan menjalankan prokes, dan kita berharap yang kita bagi ini bisa membantu, bermanfaat bagi keluarga besar kita yang sedang terdampak,” ungkap Mayor Jenderal TNI Hassanudin, Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan.

Di Kecamatan Medan Sunggal, relawan Tzu Chi dan Babinsa TNI membagikan paket sembako ke daerah yang rawan banjir. Salah seorang warga yang menerima bantuan di lingkungan ini adalah Rihad Jhoni Aritonang. Ayah dari 5 anak ini bekerja sebagai tukang bangunan, namun selama pandemi Covid-19 Rihad menganggur. Sementara istrinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Paket sembako cinta kasih berisikan beras, minyak goreng, gula, dan bahan pokok lainnya siap diantarkan ke rumah-rumah warga.

Rihad pun menyampaikan rasa syukurnya kepada relawan Tzu Chi, “Khusus untuk Buddha Tzu Chi saya mengucapkam terima kasih telah mengunjungi kami yang susah. Buat saya pandemi ini memang susah. Cari kerja aja kita harus pakai peraturan pemerintah. Apalagi sejak ada PPKM ini nggak sembarangan keluar. Wajib kita laksanakan protokol kesehatan.”

Aksi kebaikan di tengah perayaan 17 Agustus ini berlangsung dengan lancar dan efektif. Babinsa TNI begitu cermat dalam memantau kondisi warga yang kesusahan. Relawan Tzu Chi turut berwelas asih dengan sepenuh hati. Masyarakat penuh syukur menerima bantuan ini.

Tidak hanya membagikan sembako kemerdekaan, pada momen ini relawan Tzu Chi dan TNI juga mempunyai kesempatan bersumbangsih lewat donor darah. 

Timmy Jawira, salah satu relawan Buddha Tzu Chi Medan yang bertugas mengaku senang dapat berpartisipasi dalam bantuan di momen kemerdekaan ini. Ia berharap sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi, “Di momen kemerdekaan ini Yayasan Buddha Tzu Chi berbagi utk masyarakat yang terdampak Covid-19. Harapan minimal mereka terbantulah dengan adanya paket sembako ini karena mereka kan masa PPKM ini mereka tidak dapat bekerja tiap hari. Ada yang malah tidak bekerja sama sekali. Jadi dengan bantuan sembako ini bisa meringankan beban mereka.”

Relawan Tzu Chi Medan bersama Babinsa menyerahkan sembako cinta kasih kepada masyarakat.

Tidak hanya membagikan sembako kemerdekaan, pada momen ini relawan Tzu Chi dan TNI juga mempunyai kesempatan bersumbangsih lewat donor darah. Terlihat beberapa peserta melakukan donor darah dengan bersukacita di Aula TNI Kodam I Bukit Barisan.

Bersama prajurit TNI Kodam I Bukit Barisan, relawan Tzu Chi Medan merayakan Dirgahayu Republik Indonesia dengan berbagi kasih dan kebaikan. Inilah yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Untuk Indonesia tumbuh, Indonesia bangkit.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Perhatian Tzu Chi Batam untuk Warga Sekitar Melalui Paket Idul Fitri

Perhatian Tzu Chi Batam untuk Warga Sekitar Melalui Paket Idul Fitri

07 Mei 2021

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Batam membagikan 115 paket Idul Fitri kepada warga lansia, janda, dan penyandang disabilitas sekitar Aula Jing Si Batam pada Minggu, 2 Mei 2021

Semangat Para Relawan Tzu Chi Berkontribusi Pada Penyaluran Bantuan Sosial Peduli Covid-19

Semangat Para Relawan Tzu Chi Berkontribusi Pada Penyaluran Bantuan Sosial Peduli Covid-19

21 April 2021

Merupakan sebuah berkah bisa berkontribusi pada penyaluran Bantuan Sosial Peduli Covid-19. Begitu para relawan Tzu Chi memaknai sumbangsih tenaga, juga waktu mereka. Salah satunya Herinda dan Alex Salim.

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

01 September 2021

Tzu Chi Makassar salurkan bantuan beras PPKM Darurat sebanyak 200 ton ke Polda Sulawesi Selatan dan Kodam XIV Hasanuddin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan yang terdampak Covid-19 di Sulawesi selatan.

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -