Setetes Darah untuk Sejuta Harapan

Jurnalis : Eli Palinsi (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Yunike Cery Oktaviani (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Pemeriksaan awal sebagai syarat kelayakan untuk donor darah.

”Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya
 (Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Mendukung ketersediaan stok darah di PMI, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas yang ada di Xie Li Downstream Marunda menggelar donor darah pada Rabu (17/5/2023). Kegiatan yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bekasi ini berhasil mengumpulkan 80 kantong darah dari 106 orang pendaftar yang sebagian besar merupakan karyawan PT SMART Tbk unit Marunda.

Kegiatan rutin donor darah ini menjadi salah satu bentuk kampanye hidup sehat bagi karyawan, karena hanya yang memenuhi persyaratan yang dapat mendonorkan darahnya.  Pendonor harus dalam kondisi tubuh yang sehat, tidur yang cukup, tidak mengkonsumsi obat-obatan dan saat pemeriksaan hemoglobin hasilnya normal.

Setetes darah sejuta harapan diwujudkan karyawan PT SMART Tbk Unit Marunda dalam berdonor darah.

“Semangat donor darah ini akan membuat seseorang selalu menjaga kesehatannya. Kenapa? Karena sebelum donor kan pasti kita cek dulu. Jadi secara tidak langsung menjadi indikator kondisi kesehatan seseorang. Ketika berhasil berdonor berarti dia sehat. Jadi ketika tidak berhasil donor darah menjadi peringatan untuk memperbaiki pola hidupnya, memperbaiki pola makan dengan makan yang sehat terutama sayuran, konsumsi air putih yang cukup, olahraga serta istirahat yang cukup” ujar dr. Endang Koordinator Penanggung jawab UTD PMI Kabupaten Bekasi.

Bagi Ferdy Atmaja, salah satu peserta, berdonor darah selain baik untuk tubuh juga bisa membantu orang lain yang membutuhkan. “Donor darah selain sangat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan transfusi, juga memberi manfaat positif bagi kita selaku donor. Kita bisa mendapatkan cek medis gratis untuk memenuhi syarat sebelum berdonor. Tentu saja kebahagian tak terikira kalau berhasil donor yang nantinya darah yang kita sumbangkan dapat membantu orang lain,” ujarnya.

Relawan Xie Li Downstream Marunda berfoto bersama dengan Petugas PMI UTD Kabupaten Bekasi setelah kegiatan berlangsung.

Sementara bagi Dedi Kurniawan yang sudah beberapa kali berdonor, donor darah ibarat sebagai candu.  “Donor itu candu, ini kali ke-7 saya berhasil donor di kantor. Saya ingat di awal dulu takut-takut saat mau donor, tapi teman-teman relawan Tzu Chi berhasil meyakinkan saya, sampai sekarang saya tidak pernah melewatkan kesempatan donor di kantor. Bahkan saya juga suka mencari donor di luar kantor saking candunya. Maka dari itu pesan saya kalau bisa Tzu Chi adakan setahun tiga kali biar saya tidak perlu cari-cari lagi cukup di kantor saja,” ungkapnya penuh harap.

Relawan di Xie Li Marunda berupaya akan terus mendukung kegiatan  donor darah  sekaligus mempromosikan manfaat dari donor darah agar semakin banyak karyawan menjadi pendonor darah aktif.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menjalin Jodoh Baik Melalui Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Melalui Donor Darah

30 Agustus 2018

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan rutin donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karimun yang bertujuan untuk membantu PMI dalam menambah persediaan darah.

Donor Darah Tzu Chi Padang Memeriahkan HUT Mahkamah Agung

Donor Darah Tzu Chi Padang Memeriahkan HUT Mahkamah Agung

21 Agustus 2017

Tzu Chi Padang bersama Palang Merah Indonesia Kota Padang turut memeriahkan hari ulang tahun Mahkamah Agung RI ke-72 yang jatuh pada Sabtu 19 Agustus 2017 dengan mengadakan donor darah. 

Menyambut Waisak dengan Berdonor Darah

Menyambut Waisak dengan Berdonor Darah

17 Mei 2022

Menyambut Hari Raya Waisak, relawan Tzu Chi dari komunitas Xie Li (PGC) mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 14 Mei 2022 di Aula Wihara Silaparamita, Cipinang Jaya, Jakarta Timur.

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -