Sirkulasi Kebajikan

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT, Gunawan Ho (Tzu Chi Biak)


Tzu Chi Biak bersama dengan Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) Biak mengadakan kegiatan donor darah.

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Biak dan Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 16 Maret 2019. Kegiatan donor darah diadakan di Kantor Tzu Chi Biak, Jl. Sedap Malam, Biak, Papua.

Kegiatan Tzu Chi bersama Permas sudah dijalin sejak tahun lalu. Sebelumnya di tahun 2018, Tzu Chi bersama Permas mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Ada 48 kantong darah yang berhasil terhimpun dari kegiatan ini.


Donor darah selain bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain juga ternyata juga memberi manfaat kesehatan bagi para donor. Seperti disampaikan oleh dr. Irene Mariani Santoso, Sp.Kk, koordinator kegiatan donor darah ini.

Kegiatan donor darah ini dilatari kebutuhan darah di PMI Cabang Biak yang sangat tinggi. Bahkan beberapa kali stok darah sempat mengalami kekosongan. Melalui kegiatan donor darah ini, Tzu Chi Biak berupaya menginspirasi lembaga-lembaga, komunitas, maupun yayasan-yayasan lain untuk ikut mendukung PMI dalam menyediakan kebutuhan darah bagi masyarakat. Semakin banyak komunitas dan masyarakat yang terlibat maka stok darah PMI akan semakin meningkat dan aman. Dengan begitu maka pelayanan kepada warga yang membutuhkan darah dapat terlayani dengan baik.


Robby Kurniawan, Wakil Ketua Tzu Chi Biak pada saat diwawancarai oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Biak. Robby mengatakan kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Tzu Chi Biak.

Pada saat kegiatan donor darah, tiba-tiba ada permintaan darah golongan AB untuk warga yang akan dioperasi. Beruntung diantara pendonor ada yang bergolongan darah AB sehingga bisa segera dikirim ke RSUD Biak Numfor. Tentunya setelah melalui proses terlebih dahulu agar aman digunakan. Ada tiga kantong darah golongan AB yang berhasil terkumpul.

“Kegiatan donor darah ini menjadi salah satu program rutin Tzu Chi Biak. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu PMI dan masyarakat Biak,” kata Robby Kurniawan, Wakil Ketua Tzu Chi Biak pada saat diwawancarai oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Biak.


Seusai mendonorkan darah, para donor mendapatkan makanan dan minuman yang disediakan oleh relawan Tzu Chi Biak.

Donor darah selain bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain juga ternyata juga memberi manfaat kesehatan bagi para donor. Seperti disampaikan oleh dr. Irene Mariani Santoso, Sp.Kk, koordinator kegiatan donor darah ini. “Sirkulasi darah akan semakin lancar dengan sering berdonor. Juga setiap darah yang dikeluarkan akan tergantikan sesuai dengan jumlah yang keluar,” kata dokter Irene.

Sebanyak 48 kantong darah berhasil dihimpun dari para donor. Darah ini kemudian akan dikirimkan ke PMI Cabang Biak untuk diproses selanjutnya sebelum digunakan kepada para pasien yang membutuhkan. Kepedulian kita, berguna bagi mereka.


Editor: Hadi Pranoto


Artikel Terkait

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

07 Mei 2019

Minggu, 5 Mei 2019, Tzu Chi Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Tzu Chi Palembang, Jalan Radial Ilir Barat No. D1 / 19-20, Palembang. Sebanyak 27 relawan dan 3 dokter dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA) hadir dalam kegiatan ini.

Membangun Kebiasaan Donor Darah Warga Kota Batam

Membangun Kebiasaan Donor Darah Warga Kota Batam

17 Oktober 2016

Untuk membentuk kebiasaan berdonor darah warga Kota Batam, Yayasan Buddha Tzu Chi Batam rutin menggelar kegiatan baksos donor darah. Seperti yang digelar di BSC Mall pada Minggu,16 Oktober 2016.  

Aksi Donor Darah di Deli Plaza

Aksi Donor Darah di Deli Plaza

04 Desember 2009
“Walaupun ini yang pertama kali bagi saya dalam mendonorkan darah, saya sangat senang sekali karena dapat menolong orang banyak,” ucap Marno, salah satu prajurit Batalion Arhanud 11/BS, Kodam I/BB, yang turut serta mendonorkan darahnya.
Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -