Sosialisasi Pelestarian lingkungan di Gita Bangsa School

Jurnalis : Arum (He Qi Tangerang) , Fotografer : Arum (He Qi Tangerang)
Johnny Chandrina juga menceritakan sejarah bagaimana Master Cheng Yen mendirikan Tzu Chi.

Para relawan Tzu Chi dari He Qi Tangerang menggelar sosialisasi pelestarian lingkungan hidup di Gita Bangsa School, 7 Desember 2023. Johnny Chandrina menjadi narasumber dalam sosialisasi yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 12.30 WIB ini.

Acara ini sesuai dengan tema pembelajaran yang ada di sekolah berkaitan dengan Aktualisasi Pendidikan Karakter. Sosialisasi ini dihadiri 75 peserta didik dari tingkat SMP, 12 guru, dan juga kepala sekolah.

Johnny Chandrina mengajarkan cara membuat Eco Enzyme. Bahan yang dibutuhkan berasal dari sampah rumah tangga yang basah seperti potongan sayuran dan kulit buah-buahan yang masih segar.

Johnny Chandrina menjelaskan tentang manfaat dari melestarikan lingkungan.“Sampah berkontribusi dalam memperburuk perubahan iklim, yang mengakibatkan pemanasan global. Tumpukan sampah di udara terbuka, mengeluarkan gas metana. Kita bertanggung jawab dan wajib berperan dalam mencegah pemanasan global. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, memisahkan sampah organik dan non organik, kita dapat meminimalisir penggunaan plastik sebagai pembungkus. Sampah organik dapat kita olah menjadi pupuk kompos,” jelasnya.

Ingga, relawan Tzu Chi bercakap-cakap dengan para siswa dan berpesan agar dari sekarang memilah sampah mulai dari rumah agar lingkungan terjaga dan bersih.

Usia mendengarkan penjelasan tersebut, siswa-siswi diajak praktik langsung memilah dan mengelompokkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah dan sifat sampah. Mereka mendapat pengalaman baru melakukan pemilahan sampah. Pemilahan sampah organik dan non-organik dapat mengurangi pencemaran udara. Di akhir acara, siswa-siswi memberikan donasi berupa pakaian layak pakai untuk dibawa ke Depo Medang Lestari. Acara pun ditutup dengan doa bersama dan penampilan isyarat tangan lagu Satu Keluarga.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Pelestarian Lingkungan dengan Aktivitas Sehat

Pelestarian Lingkungan dengan Aktivitas Sehat

15 Mei 2018

Dalam rangka merayakan Earth Day dan Ulang Tahun Tzu Ching UNPRI yang ke-3, Tzu Ching Medan bekerjasama dengan Tzu Ching UNPRI melakukan acara funwalk dengan tema “GO GREEN FUNWALK”. Kegiatan ini untuk menggalang bibit baru barisan Tzu Ching serta merayakan Earth’s Day.

Memahami Pelestarian Lingkungan Melalui Kelas Budi Pekerti

Memahami Pelestarian Lingkungan Melalui Kelas Budi Pekerti

22 Desember 2023

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat mengadaklan Kelas Budi Pekerti bertema Pendidikan Pelestarian Lingkungan pada awal Desember 2023.

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Menjaga Kelestarian Lingkungan

27 November 2018

Kegembiraan tampak jelas di setiap raut wajah para relawan Tzu Chi Bandung, Minggu 25 November 2018. Tanpa rasa jijik, relawan dengan telaten memilah sampah berdasarkan jenisnya untuk didaur ulang.

Keteguhan hati dan keuletan bagaikan tetesan air yang menembus batu karang. Kesulitan dan rintangan sebesar apapun bisa ditembus.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -