Sosialisasi Relawan Baru di He Qi Pusat

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Enjel, Hun hun, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat mengadakan sosialisasi relawan baru di Depo Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta. Sebanyak 22 peserta mengikuti kegiatan ini.

Untuk pertama kalinya sosialisasi relawan baru diadakan relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat di Depo Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta pada Sabtu, 2 September 2023. Dalam kegiatan ini, sebanyak 22 peserta yang hadir mendapatkan pemahaman awal Tzu Chi. Kegiatan pun diawali dengan shouyu lagu "satu keluarga" sambil menunggu dimulainya sosialisasi.

Kegiatan kali ini, para peserta diberi pemahaman istilah umum yang sering digunakan di Tzu Chi. Seperti panggilan Shixiong (Sx) untuk saudara laki-laki, Shijie (Sj) untuk saudara perempuan, dan Gan En untuk berterima kasih sebagai rasa bersyukur. Setelah itu dilanjutkan dengan materi pengenalan Tzu Chi, meliputi arti logo Tzu Chi, tulisan Tzu Chi, pendiri Tzu Chi, faktor berdirinya Tzu Chi, visi misi, juga asal muasal dana Tzu Chi yang dibawakan oleh Chindy Enjel Shijie, Shinta Shijie, dan Odelia Shijie.

Imelda, salah satu peserta sosialisasi relawan mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab.

Salah satu peserta yang ikut sosialisasi ini adalah Imelda (43). Sebelumnya ia selalu berhalangan hadir sosialisasi karena kesibukan, tetapi dalam kesempatan ini Imelda pun bisa hadir. Imelda awalnya sudah mengenal Tzu Chi dari sejak tinggal di Medan, semenjak tinggal di Jakarta, ia menjadi lebih mengenal Tzu Chi ketika anaknya mengikuti Kelas Budi Pekerti Tzu Chi.

“Sangat bermanfaat sosialisasi seperti ini, saya jadi lebih mengenal Tzu Chi. Saya juga ingin bisa berkontribusi sesuai dengan kemampuan yang saya miliki. Maka dari itu, saat sesi tanya jawab tadi saya menanyakan apakah kita boleh berkegiatan sesuai kemampuan yang kita miliki? Dan saya sudah mendapatkan jawabannya," ujar Imelda yang tinggal di daerah Jakarta Selatan ini.

Dalam kesempatan ini, relawan Komite Tzu Chi, Like Hermansyah memberikan pesan cinta kasih kepada para peserta sosialisasi.

Di penghujung kegiatan, ada pesan cinta kasih yang diberikan oleh relawan Komite Tzu Chi, Like Hermansyah yang juga salah satu pembina relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat. "Saya mengenal Tzu Chi sejak tahun 1998 dan saya banyak belajar di Tzu Chi. Banyak perubahan yang saya dapatkan untuk diri saya sendiri dan keluarga. Nah, kini mari bapak ibu sekalian bersama kita saling belajar karena hidup ini sangat luas maknanya, jadi selamat datang bapak ibu sekalian," ujarnya bersemangat.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Pelatihan Relawan Abu Putih He Qi Utara

Pelatihan Relawan Abu Putih He Qi Utara

18 Maret 2014 Tzu Chi merupakan organisasi kemanusiaan yang berlandaskan cinta kasih tanpa membeda-bedakan agama, ras, dan suku bangsa. Tzu Chi saat ini tersebar di 54 negara, terdiri dari banyak orang dengan berbagai karakter sehingga juga menjadi wadah bagi pembinaan diri.
Merekam Sejarah Tzu Chi

Merekam Sejarah Tzu Chi

20 Oktober 2014 Minggu, 12 Oktober 2014, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan pelatihan khusus untuk membekali relawan yang berminat pada bidang dokumentasi dengan menjadi relawan Zhen Shan Mei. Relawan berkumpul di Coastal area, yang merupakan tempat wisata bagi penduduk sekitar, pukul 07.30 WIB.
Lebih Bersungguh-Sungguh Menapaki Jalan Bodhisatwa

Lebih Bersungguh-Sungguh Menapaki Jalan Bodhisatwa

11 November 2016

Banyak hal yang didapatkan para peserta Pelatihan Relawan Abu Putih Tzu Chi Pekanbaru pada 30 Oktober 2016 lalu. Misalnya bagaimana para shifu(bhiksuni-murid Master)di Griya Jing Si begitu semangat dan bekerja keras sehari-hari. Juga betapa banyaknya lahan berkah yang bisa dikerjakan oleh para relawan Tzu Chi. Lalu bagaimana tekad para peserta usai mengikuti pelatihan?

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -