Sukacita di Bulan Tujuh Penuh Berkah

Jurnalis : Henny Laurence (Tzu Chi Makassar), Fotografer : Syanny Wijaya (Tzu Chi Makassar)


Para Relawan Tzu Chi  Makassar  telah mempersiapkan bahan makanan untuk Vegan Catering.

Setiap tahunnya, Tzu Chi Makassar selalu mengadakan Bazar Vegetaris untuk menyambut Bulan Tujun Penuh Berkah. Namun karena masa pandemi Covid-19 tahun ini, kegiatan tersebut ditiadakan dan diganti dengan Program Vegan Catering.

Master Cheng Yen, Pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi selalu mengatakan bahwa, “Setiap orang yang tinggal di Bumi ini harus tersadarkan dan mawas diri, serta berhati tulus, sehingga dapat menyelamatkan Bumi ini.”


Persiapan pengantaran makanan.


Proses pengolahan bahan yang dilakukan para relawan Tzu Chi Makassar

Dari imbauan Master tersebutlah, relawan Tzu Chi terus menggalakkan pola makanan vegetaris, terlebih melalui Program Vegan Catering ini. Walaupun sempat dilanda keraguan, namun relawan dengan ketulusan dan kerja sama berhasil melaksanakan kegiatan tersebut dengan lancar selama dua pekan terhitung pada 18 Agustus hingga 02 September 2020 nanti.

“Awalnya coba buka Catering Vegan ini selama satu minggu. Di luar dugaan kami, peminat makanan vegan di Makassar ternyata banyak,” kata Mersian Tjoe, Koordinator Vegan Catering di Makassar. Para pemesan Vegan Catering ini bukan hanya dari kalangan relawan saja, relawan juga mengajak masyarakat umum untuk ikut bervegetaris. “Karena banyak permintaan, kami pun lanjut buka pre-order (PO) lagi untuk minggu ke-2 selama seminggu juga,” begitu ungkapnya.


Proses Pengemasan makanan ke dalam kotak makan.

Berbagai tujuan pun diungkapkan oleh para pemesan. Ada yang untuk menunjang program diet, ada pula yang ingin menyelamatkan Bumi. Tak jarang mereka ingin mencoba merasakan cita rasa makanan vegan.

Tak ada kendala yang berarti selama Program Vegan Catering dilaksanakan. Relawan dengan sukacita memasak dan menyajikan makanan. Dalam proses pengambilan, para pemesan secara pribadi mengambil pesanannya di Kantor Yayasan Tzu Chi Makassar.


Menu sop saudara merupakan menu terfavorit karena banyak peminatnya.

Selama Program Vegan Catering berjalan, ada beberapa relawan yang mengajak teman dan keluarganya untuk ikut bervegetaris. Cara mengajaknya pun berbeda-beda, salah satunya dengan cara sharing bersama yang dilakukan oleh Lamsin tentang dampak dari global warming dan mengapa kita harus bervegetaris.

“Salah satu penyebab terjadinya global warming adalah dari kotoran hewan yang menghasilkan gas metana. Oleh sebab itu marilah bersama-sama belajar mengurangi mengkomsumsi daging,” ajak Lamsin.


Tommy adalah salah satu pemesan Vegan Catering di Tzu Chi Makassar.

Master Cheng Yen mengatakan, jika setiap orang dapat mengendalikan nafsu makan dan mengasihi hewan, maka perlahan-lahan lingkungan ini akan bersih. Dengan bervegetaris dan tidak membunuh, kita akan menghindari karma kolektif.

Editor: Metta Wulandari


Artikel Terkait

Sukacita di Bulan Tujuh Penuh Berkah

Sukacita di Bulan Tujuh Penuh Berkah

28 September 2020

Setiap tahunnya, Tzu Chi Makassar selalu mengadakan Bazar Vegetaris untuk menyambut Bulan Tujun Penuh Berkah. Namun karena masa pandemi Covid-19 tahun ini, kegiatan tersebut ditiadakan dan diganti dengan Program Vegan Catering.

Seulas senyuman mampu menenteramkan hati yang cemas.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -