Sukacita Setelah Mendonorkan Darah

Jurnalis : Soit (Tzu Chi Medan), Fotografer : Soit, Liani, Lukman (Tzu Chi Medan)
Tampak Suriaty, relawan Tzu Chi memberikan perhatian kepada peserta yang baru pertama kali mendonorkan darahnya.

Komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Binjai kembali mengadakan donor darah, Minggu 22 Mei 2022 di Binjai Mall, Kota Binjai, Sumatera Utara. Beberapa persiapan dilakukan dari jauh hari. Meskipun sudah banyak kelonggaran yang diberikan pemerintah terkait pandemi, relawan tetap mengadakan acara ini dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti penyemprotan ruangan donor, pengecekan suhu, wajib masker, dan penyemprotan dengan hand sanitizer.

Sebanyak 31 relawan yang berasal dari Binjai, Medan, dan Langkat bahu-membahu menyukseskan kegiatan kali ini. Dalam kegiatan ini 4 relawan TIMA (Tzu Chi International Medical Association) yang merupakan dokter dan 15 sukarelawan mahasiswa kedokteran juga turut membantu di bagian pojok TIMA. Mereka bertugs di bagian konsultasi kesehatan dan pengecekan kadar gula darah gratis bagi pendonor, bagian tensi dan bagian pemerhati.

Salah satu pendonor adalah Gita (27), karyawan salah satu toko busana di Binjai Mall. Ia sudah mendonorkan darahnya sebanyak delapan kali. Gita menuturkan, ia pertama kali mendonorkan darah sewaktu ada kegiatan donor darah yang digelar PMI di Binjai Mall.

“Awalnya dihinggapi perasaan deg-degan, keringat dingin dan tangan terasa dingin namun setelah berhasil mendonorkan darah, dan mendapatkan manfaat seperti badan terasa lebih ringan, segar dan bugar, ada perasaan bahagia karena sudah bisa berbagi darah kepada yang membutuhkan sehingga sekarang rutin mendonorkan darahnya setiap kali ada kesempatan,” tuturnya.

Gita (baju merah) yang setelah merasakan manfaat dari donor darah sekarang rutin mendonorkan darahnya setiap kali ada kesempatan.

Irwan Tandyono mensosialisasikan celengan bambu.

Pada donor darah kali ini ada 15 mahasiswa dan mahasiswi kedokteran koas yang turut bersumbangsih menjadi relawan. Salah satunya Shavilla Lukita yang merupakan lulusan Universitas Prima Indonesia di Kota Medan.

“Untuk kegiatan ini kami membantu mensosialisasikan manfaat dari donor darah, membantu di bagian tensi serta merasakan terjun langsung berhadapan dengan masyarakat,” kata Shavilla.

Shavilla dan teman-temannya pun diajak untuk mengikuti kegiatan donor darah ini oleh mentor mereka drg. Veranyca Chiuman yang merupakan relawan TIMA.

“Senang bisa mengikuti kegiatan kali ini. Pengalaman juga bertambah dan bisa belajar lebih banyak bagaimana cara bersosialisasi secara langsung dengan masyarakat. Harapan saya semakin banyak masyarakat kota Binjai yang mengikuti kegiatan donor darah sehingga masyarakat lebih sehat,” ujar Shavilla.

Shavilla, mahasiswi koas kedokteran gigi turut bersumbangsih menjadi relawan di bagian cek tekanan darah.

Seorang relawan Tzu Chi, selain membantu di bagian pelayanan juga turut mendonorkan darahnya.

Selain masyarakat yang mendonorkan darahnya, para relawan juga turut berdonor. Sebanyak 142 peserta mendaftarkan diri, dan sebanyak 139 peserta berhasil mendonorkan darahnya.

Soit, koordinator donor darah kali ini menuturkan, kegiatan baksos donor darah ini diadakan untuk mendukung pihak rumah sakit yang membutuhkan darah bagi pasiennya. Dalam kegiatan ini, Tzu Chi bekerjasama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD Dr. Pirngadi Medan, dan Binjai Mall sebagai penyedia tempat.

“Dalam kegiatan baksos kali ini relawan juga mengenalkan kepada para pendonor apa itu visi dan misi dari Yayasan Buddha Tzu Chi serta mengajak pendonor untuk ikut bergabung ke dalam barisan relawan Tzu Chi,” ujarnya.

Foto Bersama tenaga medis Relawan TIMA dan mahasiswa-mahasiswi koas kedokteran Unpri Medan.

Dalam kegiatan ini, Chan A Khai, relawan Tzu Chi juga mengenalkan eco enzyme kepada para pendonor dengan membagikan botol kecil ukuran 50 ml berisikan cairan eco enzyme hasil panennya. Selain mengenalkan manfaat dari eco enzyme, ia juga mengajarkan cara pembuatannya bagi pendonor yang tertarik.

“Bagaimana caranya sampah basah yang berasal dari dapur bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali,” jelasnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

Niat yang Tak Lekang Oleh Hujan

07 Mei 2019

Minggu, 5 Mei 2019, Tzu Chi Palembang mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Tzu Chi Palembang, Jalan Radial Ilir Barat No. D1 / 19-20, Palembang. Sebanyak 27 relawan dan 3 dokter dari Tzu Chi International Medical Association (TIMA) hadir dalam kegiatan ini.

Donor Darah di Poins Mall Lebak Bulus yang Selalu Berkesan

Donor Darah di Poins Mall Lebak Bulus yang Selalu Berkesan

11 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di komunitas Xie Li Selatan kembali menggelar donor darah di Poins Mall, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Donor darah kali ini berhasil menghimpun 124 kantong darah.

Tzu Chi Medan Komunitas Hu Ai Mandala Galang Kantung Darah Di Tanjung Morawa

Tzu Chi Medan Komunitas Hu Ai Mandala Galang Kantung Darah Di Tanjung Morawa

17 Desember 2021

Relawan Tzu Chi Medan komunitas Huai Mandala pada Minggu 12 Desember 2021 mengadakan penggalangan donor darah.

Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -