Sumbangsih Mendatangkan Sukacita Yang Sesungguhnya

Jurnalis : Jesy (Tzu Chi Batam), Fotografer : Andy, Supardi (Tzu Chi Batam)
Seorang relawan Tzu Chi membagikan kupon bantuan beras ke rumah-rumah warga yang  berada di Kelurahan Sambau. Kegiatan pemberian kupon beras ini berlangsung pada 16 Oktober.

Kegiatan Turnamen Golf Cinta Kasih yang berlangsung pada bulan Juni 2022 lalu, Tzu Chi Batam melaksanakan pembagian beras cinta kasih dari hasil dana yang dihimpun saat turnamen golf berlangsung. Pembagian beras dilaksanakan di area Palm Spring Golf Club yang berdekatan dengan pemukiman warga penerima beras di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Niat baik kebajikan para pengusaha Kota Batam ini terealisasi pada Minggu, 23 Oktober 2022. Ada 1.885 KK dari 12 RW dan 46 RT penerima kupon beras dari relawan Tzu Chi Batam yang dibagikan satu minggu sebelumnya.

Siha, Koordinator Kegiatan pembagian beras dengan suka cita menurunkan beras dari mobil box untuk di susun dengan rapih yang akan dibagikan ke warga.

“Pada awal saat pembagian kupon, kita kekurangan relawan karena di daerah Sambau ini wilayahnya cukup luas sehingga membutuhkan banyak relawan yang harus punya kendaraan agar bisa membawa dan mendampingi saat pembagian kupon. Kita bukan membagikan di satu titik. Kedua, pembagian kupon dalam jumlah besar, yakni hampir 2000 kupon. Itu tantangan bagi kita (relawan Tzu Chi),” tutur Siha, Koordinator Kegiatan.

“Cuaca juga sangat memengaruhi kita ketika pembagian kupon, dan sekarang pembagian beras cuaca sangat mendukung. Sangat senang kita dari sisi pengusaha dan relawan Tzu Chi juga bisa membantu warga yang kurang mampu.” Lanjut Siha.

Para penerima bantuan beras dengan wajah suka cita membawa 10 Kg beras.  Beras ini digagas oleh para golfer dari kalangan pengusaha Tzu Chi Batam yang berniat ingin membantu masyarakat yang kurang mampu.

Beras cinta kasih Tzu Chi ini sangat berarti bagi keluarga yang mengalami kesulitan untuk kebutuhan sehari-hari, bagi yang berpenghasilan tidak menentu. Walau antrian pengambilan beras sangat panjang, namun warga tetap pulang dengan sukacita.

“Bergembira karena kita orang gak mampu mendapatkan bantuan dari relawan semuanya. Kita merasa berterima kasih atas bantuan relawan mudah-mudahan mendapatkan Rahmad dan Hidayah dari Tuhan Yang MahaEsa”, ucap Ibu Sudarti penerima beras.

Para pengusaha tidak hanya berdana secara materi, pada pembagian beras ini para pengusaha juga turut membantu penyaluran beras cinta kasih ini kepada warga.

Beras 10 Kg ini dapat habis lebih kurang dua minggu bagi keluarga, tetapi cinta kasih dari sesama para pengusaha Kota Batam akan dapat di kenang oleh warga Kelurahan Sambau. Beras yang di bagikan total ada 1.864 karung (1 karung @10 Kg) yang dibagikan untuk warga Kelurahan Sambau.  Berkat niat kebajikan dari para pengusaha, yang bersinergi dengan pemeritahaan Kota Batam dan sumbangsih dari para relawan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

Raja Zurkanain Lurah Sambau memberikan apresiasi kepada relawan Tzu Chi dan panitia pembagian atas kerapian dan ketertiban acara pembagian beras yang berjalan dengan tertib dan lancar. Tzu Chi.

“Kita (pemerintah daerah) merasa bahagia sekali kegiatan ini berjalan dengan baik. Kami yakin Buddha Tzu Chi memang Yayasan yang sudah berpengalaman di dunia amal sosial jadi acara hari ini berjalan dengan tertib. Kita hanya mendorong sedikit saja. Sangat luar biasa Yayasan Buddha Tzu Chi, semoga yayasan ini dapat terus ada di dunia ini untuk membantu umat manusia.” Ucap Raja Zurkanain, Lurah Sambau.

Kegiatan bagi beras ini digagas oleh para golfer dari kalangan pengusaha Tzu Chi Batam yang berniat ingin membantu masyarakat yang kurang mampu. “Ketenangan dan kenyamanan batin setelah mempergunakan kekayaan duniawi untuk beri manfaat bagi orang banyak baru merupakan kekayaan yang sesungguhnya” Kata perenungan Master Cheng Yen.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Bantuan Beras dan Mi DAAI di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe

Bantuan Beras dan Mi DAAI di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe

01 Desember 2021

Selain di Palu, Tzu Chi juga menyalurkan 500 paket cinta kasih di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe, Sigi, Sulawesi Tengah pada 28 November 2021.

Tzu Chi Dukung Program Penurunan Stunting di Legok, Tangerang

Tzu Chi Dukung Program Penurunan Stunting di Legok, Tangerang

02 Desember 2022

Tzu Chi Indonesia mendukung TNI AD dalam Program Penurunan Stunting dan Bakti Sosial dengan memberikan 2000 paket beras bagi masyarakat kurang mampu di Desa Serdang Wetan, Legok, Tangerang. 

Bantuan Beras Mengalir ke Seluruh Indonesia

Bantuan Beras Mengalir ke Seluruh Indonesia

06 Januari 2021
Dalam upaya meringankan kesulitan masyarakat, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, bersama dengan Agung Sedayu Group, Sinar Mas Group dan Salim Group bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia berkomitmen dalam penyaluran 5.000 ton beras cinta kasih kepada masyarakat terdampak Covid-19. Sebanyak 5.000 ton beras cinta kasih tersebut rencanannya akan salurkan di 34 provinsi dengan dukungan pendistribusian oleh 34 kepolisian daerah melalui 493 kepolisian resort di tingkat kabupaten dan kota di Indonesia.
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -