Terus Mendukung Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Fitriawan, Dayar (Tzu Chi Bandung)
Relawan Tzu Chi mendampingi Enah Sumarni warga Dunguscariang yang menjalani vaksinasi Covid-19. 

Tzu Chi Bandung bekerja sama dengan Puskesmas Garuda menggelar vaksinasi Covid-19 bagi warga Kelurahan Dunguscariang, Kecamatan Andir, Sabtu 11 September 2021. Vaksinasi massal dengan target 1.650 orang ini digelar di Aula Tzu Chi Bandung.

Warga yang hadir begitu antusias. Sebagian besar telah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya vaksinasi. Enah Sumarni, salah seorang warga merasa sangat terbantu karena lokasi vaksinasi sangat mudah dijangkau.

“Saya sekarang sangat lega karena sudah divaksin. Saya sebagai warga Dunguscariang mengucapkan banyak terima kasih atas program vaksinasi ini. Terima kasih juga kepada Tzu Chi yang memberikan tempat untuk semua warga Dunguscariang,” katanya.


Sebagian besar warga sudah memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya vaksinasi.



Dokter Aditya Rahman Pratama meninjau pelaksanaan vaksinasi massal untuk warga Dunguscariang.

Dokter Aditya Rahmat Pratama, Ketua Tim Pembina Vaksinasi di wilayah Dunguscariang, dari Puskesmas Garuda menjelaskan, vaksinasi ini merupakan vaksinasi yang terakhir untuk Kecamatan Andir.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah sangat mensupport kegiatan vaksinasi masal hari ini yang sasarannya 1.650. Kami juga lihat antusias warga Dungus Cariang sendiri juga cukup baik dan sangat berjalan dengan sangat baik mulai dari pendaftaran sampai dengan akhir pencatatan pelaporan berjalan baik,” ujarnya.



Ruchiyat, relawan, berbincang dengan warga lansia yang menunggu giliran vaksinasi.




Tampak relawan Tzu Chi mengarahkan warga dalam menjalani tahapan vaksinasi.

Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana hadir pada vaksinasi ini.

Alhamdulillah hari ini kita melihat proses vaksinasi hasil kolaborasi berbagai pihak dalam ikhtiar upaya kita dalam mencapai herd immunity,” ujarnya.

Kolaborasi seperti ini, tambahnya, akan terus dilakukan dengan berbagai pihak karena Pemkot Bandung tidak bisa melakukan proses percepatan vaksinasi ini sendiri. Pemkot Bandung membutuhkan bantuan dari berbagai pihak salah satunya seperti yang digelar oleh Tzu Chi Bandung dan Puskesmas Garuda kali ini dan diharapkan di akhir tahun 2021 target bisa tercapai.



Warga yang melakukan pendaftaran vaksin tak perlu bingung karena relawan Tzu Chi selalu siap mengarahkan dan memberi informasi.



Wakil Wali kota Bandung (tengah) H. Yana Mulyana berfoto bersama dengan relawan Tzu Chi dan tim medis dari Puskesmas Garuda.

Kota Bandung sendiri memiliki target 1.952.358 orang yang harus diberi vaksin. Saat ini tercatat sudah sekitar 1.400.000 atau setara dengan 72 % yang sudah menerima vaksin dengan dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sudah ada sekitar 900.000 orang atau hampir 46 persen.

Djonni Andhella, Ketua Tzu Chi Bandung, mengatakan layanan vaksinasi ini memang merupakan bentuk dukungan Tzu Chi Bandung kepada pemerintah terkait percepatan program vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung agar terbentuk herd immunity di kalangan masyarakat.

“Kami bersyukur acara ini bisa terselenggara dengan baik, lancar dan tentunya kita harus support vaksinasi ini,” pungkasnya.

Editor: Khusnul Khotimah
 

Artikel Terkait

Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru

Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru

14 September 2021

Tzu Chi Pekanbaru dan TNI melangsungkan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang bertempat di Kantor Tzu Chi Pekanbaru. Kegiatan diikuti oleh 517 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Perjuangan Tim Medis Tzu Chi Menangani Pandemi

Perjuangan Tim Medis Tzu Chi Menangani Pandemi

02 Juli 2021 Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia turut mendukung pemerintah dengan membuka Sentra Vaksinasi Covid-19 dalam upaya mempercepat program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per hari agar tercipta Herd Immunity di masyarakat
Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

23 Agustus 2021

Tzu Chi Singkawang bekerjasama dengan Polres Singkawang menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 untuk siswa-siswi SMA Ignasius, Singkawang pada 14-15 Agustus 2021.

Orang yang memahami cinta kasih dan rasa syukur akan memiliki hubungan terbaik dengan sesamanya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -