Terus Mendukung Percepatan Vaksinasi Nasional

Jurnalis : Stella Young (Tzu Chi Batam), Fotografer : Stella Young, Supardi (Tzu Chi Batam)


Ruang observasi dialihan ke luar untuk dapat mengakomodasi lebih banyak warga. Tercatat sejumlah 1.300 peserta yang mendaftar dan 1.068 peserta yang berhasil divaksin.

Pandemi mengharuskan kita semua untuk menyesuaikan diri dengan keadaan New Normal atau Kebiasaan Baru. Berbagai penyesuaian diri perlu dilakukan agar protokol kesehatan tetap terjaga, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kita tidak bisa lagi hidup menjauhi virus, malah saat ini kita sudah bergelut dengan virus tersebut dalam ruang dan waktu yang sama. Apakah kita harus berperang melawannya atau justru kita harus bersahabat dengannya?

 
Dari mana pun sisi kita melihat Corona, satu hal yang tak dapat ditunda lagi yaitu Vaksinasi. Kali ini Yayasan Budha Tzu Chi Batam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Batam menggelar vaksinasi Covid-19 sebagai wujud perhatian dan pelayanan kepada masyarakat. Pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 vaksinasi Covid-19 digelar di Aula Jing Si Batam. Tercatat sejumlah 1.300 peserta yang mendaftar dan 1.068 peserta yang berhasil divaksin.





Vaksinasi di hari Sabtu mengizinkan lebih banyak relawan untuk terlibat.

Pandanglah halangan sebagai tantangan, dan percayalah bahwa di balik tantangan tersebut pasti terselip sebuah pelajaran. Itulah mindset yang dipegang Dukman, relawan Tzu Chi Batam yang sudah berkali-kali berkontribusi di dalam ruangan vaksinasi.

 
“Belajar dari pengalaman bekerjasama dengan organisasi lainnya, maka kami berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik dan suasana yang lebih nyaman kepada para calon penerima vaksin. Ke depan kami juga mengharapkan agar semakin banyak relawan yang dapat terjun dan membantu,” himbaunya.

 
Mungkin ini juga panggilan hati yang dirasakan oleh Liak Seng, relawan Calon Komite Tzu Chi Batam. Mendengar bahwa ini adalah vaksinasi yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Tzu Chi Batam bersama Dinas Kesehatan, maka dia segera hadir membantu.

“Kondisi pandemi ini menjadi saat bagi kita untuk memperkuat keterikatan, dan tentu saja membangun rasa untuk semakin peduli terhadap sesama. Kita sudah mempunyai gedung (rumah) dan fasilitas tersendiri, ada rasa kepemilikan,” ucapnya dengan sekujur tubuh berkeringat.



Rudi Tan, Ketua Tzu Chi Batam, merasa bersukacita dapat mendukung program vaksinasi pemerintah.

Pandemi menyelimuti dunia, karena itu dalam melakukan segala sesuatu, kita lebih-lebih harus tulus dan bersungguh hati. Setiap manusia pasti mempunyai cerita uniknya, begitupun yang terjadi pada diri ibu Tini, mantan penerima bantuan Tzu Chi, yang dulunya menerima bantuan pendidikan anaknya. Walau kini anak-anaknya sudah dewasa, namun niat ibu Tini selalu bersama Tzu Chi.

 
“Saya tertolong dengan bantuan Tzu Chi. Walau selama ini saya berjuang sendiri, namun dengan adanya Tzu Chi, saya merasa ringan beban ini. Meski hidup kekurangan, tetapi dengan sedikit menabung setiap hari dalam celengan bambu, semoga saya juga bisa menciptakan berkah. Saya ingin membantu seperti relawan lain, makanya begitu mendengar ada vaksinasi di Tzu Chi, saya secepatnya membawa 6 orang teman untuk datang,” ujarnya. Sungguh jalinan jodoh yang berkelanjutan.



Inilah kesehatan kita, kesehatan bersama. Marilah bersemangat mengikuti vaksinasi program pemerintah. Semoga bencana ini cepat berlalu, dan semua relawan bebas berkegiatan kembali.

 
Editor: Khusnul Khotimah


Artikel Terkait

Terus Mendukung Percepatan Vaksinasi Nasional

Terus Mendukung Percepatan Vaksinasi Nasional

05 Juli 2021

Tzu Chi Batam bekerjasama dengan Dinkes Kota Batam menggelar vaksinasi Covid-19. Pada Sabtu, 26 Juni 2021, vaksinasi diadakan di Aula Jing Si Batam, dan 1.068 peserta berhasil divaksin.

Vaksinasi Covid-19 TNI dan Tzu Chi: Melindungi Diri Sendiri, Melindungi Orang Lain

Vaksinasi Covid-19 TNI dan Tzu Chi: Melindungi Diri Sendiri, Melindungi Orang Lain

08 Juli 2021

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama TNI bekerja sama mengadakan Serbuan Vaksinasi Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi ini menargetkan 1.500 peserta vaksin setiap harinya.

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Singkawang

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Kota Singkawang

25 Mei 2021

Tzu Chi Singkawang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Singkawang menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat khususnya lansia yang berlangsung pada 19 - 20 Mei 2021.

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -