Serbuan Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2 di Medan

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan, Liani (Tzu Chi Medan)

Para peserta berbaris untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 yang diselenggarakan Tzu Chi Medan bekerja sama dengan Kodam I/Bukit Barisan pada 31 Agustus - 2 september 2021.


Dalam membantu pemerintah menggalakkan program vaksinasi Covid-19 untuk menekan angka kasus positif Covid-19, maka Tzu Chi Medan bekerja sama dengan Kodam I/ Bukit Barisan menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 tahap ke-2. Kegiatan ini diselenggarakan pada 31 Agustus, 1-2 september 2021 di Sekolah Chandra Kumala, Medan yang diikuti 4.655 peserta.

Selama 3 hari, proses vaksinasi berjalan dengan lancar, rapi, dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Sejak pagi pun relawan sudah berdatangan untuk merapikan fasilitas yang akan digunakan saat vaksinasi berlangsung. Para peserta yang akan mengikuti vaksinasi juga sudah mulai berbaris dan dibagi menjadi 10 orang untuk duduk sekaligus mengisi data peserta. Setelah itu, para peserta diarahkan ke ruang tunggu untuk menunggu pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis dari Faskes Kodim 0201/BS Medan, RS Tentara Binjai, dan Puskesmas Deli Serdang.
 

Suasana vaksinasi Covid-19, para relawan Tzu Chi Medan mendampingi para peserta vaksinasi sebelum pemeriksaan kesehatan.

Tim medis gabungan dari TIMA Tzu Chi Medan, Faskes Kodim 0201/BS Medan, RS Tentara Binjai, dan Puskesmas Deli Serdang melakukan vaksinasi Covid-19 tahap ke-2 kepada para peserta.

Dari posko pemeriksaan kesehatan barulah diarahkan menuju ke posko vaksinasi Covid-19. Tim vaksinator dari Kodam I/Bukit Barisan yang melibatkan tenaga medis dari Kesdam I/Bukit Barisan. Untuk vaksinasi ke-2 ini disediakan 8 posko pemeriksaan kesehatan dan 9 posko vaksinator Covid-19.

Selama berlangsungnya kegiatan vaksinasi ini, relawan juga berusaha menjelaskan ke warga yang masih kurang paham tentang kegunaan vaksin Covid-19. Disamping masih banyak warga yang belum mengerti tentang pentingnya vaksin Covid-19, banyak juga warga yang ingin vaksin tetapi tidak tahu dimana bisa mendapatkannya. Seperti Sri Anggriani yang sudah lama ingin vaksin, namun baru kali ini berkesempatan mendapatkan vaksin. “Sangat-sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi, dengan adanya program ini sangat membantu kami yang susah mendapatkan vaksin dan kami harapkan dengan vaksin bisa menjaga keselamatan kita bersama dari Covid-19,” kata Sri Anggriani.

Sundari (tengah) yang datang bersama ibunya untuk vaksinasi Covid-19 mendapatkan bantuan dan penjelasan dari relawan Tzu Chi Medan.


Sundari (54) yang datang bersama ibunya bisa mendapatkan vaksin karena mendapat informasi dari kepala lingkungan tempat tinggalnya bahwa ada vaksin yang diselenggarakan TNI bersama Yayasan Buddha Tzu Chi. “Kami mendapat informasi dari kepala lingkungan dan karena ibu saya berencana umroh sehingga sangat membutuhkan sertifikat vaksin sebagai syarat keberangkatan dan kami juga sangat berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan TNI yang perduli kepada masyarakat, semoga kita semua terbebas dari Covid-19,’’ tutur Sundari.

Melihat proses vaksinasi yang berjalan dengan lancar, dimana setiap harinya lebih dari 1.500 peserta, Ketua Tzu Chi Sumatera Utara, Mujianto merasa sangat senang dan memberikan appresiasi kepada relawan Tzu Chi Medan dan juga kepada seluruh prajurit serta tenaga medis.

Ketua Tzu Chi Sumatera Utara, Mujianto memantau proses vaksinasi Covid-19.


“Saya sangat memberikan appresiasi kepada semua yang bersumbangsih, baik relawan maupun prajurit TNI yang bekerja sama melayani masyarakat sehingga proses vaksinasi berjalan dengan lancar dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Semoga dengan semakin banyak masyarakat yang di vaksin maka akan terbentuk herd immunity dan pandemi Covid-19 ini bisa segera teratasi,” ungkap Mujianto.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

19 November 2021

TNI Angkatan Laut bersama Tzu Chi Biak melakukan kegiatan vaksinasi di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Biak Papua, Selasa 16 November 2021.

Vaksin Booster Pertama di Tzu Chi Batam

Vaksin Booster Pertama di Tzu Chi Batam

02 Maret 2022

Sabtu, 26 Februari 2022, Tzu Chi Batam untuk pertama kalinya mengadakan Vaksinasi Booster. Vaksinasi kerja sama dengan Dinas Kesehatan ini berhasil menyuntikkan 588 warga Kota Batam.

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

05 Juli 2021
Tzu Chi Palembang bekerjasama Kodim 0418/Palembang mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk warga Palembang. Dalam kegiatan ini, sebanyak 920 peserta berhasil divaksinasi.
Cara untuk mengarahkan orang lain bukanlah dengan memberi perintah, namun bimbinglah dengan memberi teladan melalui perbuatan nyata.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -