Tetesan Darah Merupakan Wujud Cinta Kasih

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)

Para calon donor diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, cek suhu, dan menjaga jarak.

Relawan Tzu Chi Palembang (Komunitas Xie Li Kemuning) kembali mengadakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Kota Palembang pada Minggu, 13 Juni 2022. Walaupun saat ini kondisi Covid-19 sudah mulai menurun, namun pasokan darah di PMI masih sangat kurang. Masih banyak orang yang belum berani mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini dilakukan di Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech.Jl. Jend. Basuki Rachmat No.5, 20 Ilir D II, Kec. Ilir Tim. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, dimulai dari jam 08.00 pagi sampai 12.00 siang. Sebelum kegiatan donor darah, para relawan Tzu Chi dan petugas PMI bergotong royong mempersiapkan dan menyusun semua kebutuhan kegiatan.

Sebelum mendonorkan darah, para calon donor terlebih dahulu melakukan registrasi untuk kelengkapan data.

Sebelumnya para calon donor melakukan pemeriksaan tensi darah dan kadar hemoglobin sebagai persyaratan utama.

Saat kegiatan donor darah, para donor diwajibkan untuk melakukan registrasi dan tetap menjalankan protokol kesehatan terkait Covid-19, seperti cek suhu dan mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan. Setelah proses registrasi selesai, para donor melakukan pengukuran tensi darah dan tes hemoglobin (Hb). Berikut serangkaian pemeriksaan wajib yang harus dilakukan sebelum mendonorkan darahnya. Di semua bagian terdapat beberapa relawan yang mengarahkan agar tetap teratur dan rapi.

Sebanyak 96 peserta hadir dan bertekad sepenuh hati untuk menyumbangkan tetesan darahnya. Saat melakukan screening kesehatan, terdapat 85 pendonor yang lolos dan bisa mendonorkan darahnya. Sebelas orang yang belum berhasil mendonorkan darah dikarenakan kondisi kesehatan menurun atau belum memenuhi syarat saat pengecekan hemoglobin dan tensi darah.

Dari 96 calon donor, ada 85 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

Dr. Febrianty, SE., M.Si yang merupakan salah satu dosen di Institut Teknologi dan Bisnis di Kota Palembang merasa senang karena dapat mendonorkan darahnya hari itu. “Saat datang ke tempat kegiatan donor darah, saya disambut ramah oleh para relawan Tzu Chi Palembang. Dari proses pendaftaran, pengecekan HB, hingga pengambilan darah kegiatannya berjalan dengan baik dan lancar. Begitu juga dengan konsumsi dan layanan lainnya sudah sangat rapi dan ramah,” pujinya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Wujud Cinta Kasih Kepada Sesama Lewat Donor Darah

Wujud Cinta Kasih Kepada Sesama Lewat Donor Darah

13 Februari 2023

Bertempat di Season City, Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat (Xie Li Jembatan Lima) pada Minggu, 05 Februari 2023 kembali mengadakan donor darah untuk menambah stok darah PMI di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) RSUP Fatmawati.

Mengalirkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

Mengalirkan Cinta Kasih Lewat Donor Darah

14 Juli 2021

Semenjak masa pandemi, persedian darah di PMI Batam kian menipis sehingga sangat dibutuhkan donor darah guna menambah ketersediaan darah. Menanggapi situasi ini, relawan Tzu Chi Batam mengadakan donor darah pada 11 Juli 2021 di Gedung Aula Jing Si Tzu Chi Batam bersama PMI Batam.

Donor Darah Itu Bermanfaat

Donor Darah Itu Bermanfaat

26 Januari 2016

Relawan komunitas He Qi Pusat kembali mengadakan kegiatan donor darah pada 23 Januari 2016 di Sekretariat Relawan Komunitas He Qi Pusat, Gedung ITC Mangga Dua Lt. 6, Jakarta Utara. Beberapa donor yang telah berulang kali mendonorkan darah mengungkapkan manfaat donor darah.

Tanamkan rasa syukur pada anak-anak sejak kecil, setelah dewasa ia akan tahu bersumbangsih bagi masyarakat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -