Transform Yourself, Rise Up, Reach Higher

Jurnalis : Metta Wulandari, Fotografer : Arimami Suryo A, Dok. Tzu Chi

Staf Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menjalin keakraban di antara karyawan sekaligus memberikan motivasi dan pengembangan diri melalui kegiatan yang menyenangkan dengan outbound.

Sebanyak 103 staf Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ikut dalam Employee Outbound Training yang bertema Empower U: Transform Yourself, Rise Up, Reach Higher di Teras Bhumi Cisarua, Bogor, Jawa Barat akhir pekan kemarin (3 – 4 November 2023). Kegitan ini bertujuan untuk menjalin keakraban di antara karyawan sekaligus memberikan motivasi dan pengembangan diri melalui kegiatan yang menyenangkan yang nantinya bermuara pada service excellence, kemampuan berkomunikasi dan problem solving yang lebih baik dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

Selama dua hari, berbagai kegiatan dan sesi permainan dalam outbound yang seru betul-betul membuat seluruh staf yang biasanya berkutat dengan rutinitas pekerjaan kantor terasa lebih fresh, dan apabila boleh meminjam istilah gen z, kami serasa sedang healing singkat. Namun lebih dari sekadar healing dan seru-seruan, nyatanya permainan dalam outbound ini membawa pemahaman bahwa seluruh karyawan memiliki arti yang sama pentingnya, sebagai aset yang harus saling bersinergi untuk mewujudkan visi dan misi yang ingin dicapai oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

Employee Outbound Training yang bertema Empower U: Transform Yourself, Rise Up, Reach Higher diadakan di Teras Bhumi Cisarua, Bogor, Jawa Barat akhir pekan kemarin, 3 – 4 November 2023.

Selama dua hari, berbagai kegiatan dan sesi permainan dalam outbound yang seru membuat seluruh staf bermain sekaligus mengasah kerja sama.

Kegiatan Seru yang Mendekatkan
“Saya banyak belajar, ketika sedang bermain kita tidak melihat jabatan, hierarki, dan lainnya. Kita juga melihat bagaimana persaingan antar tim untuk meraih kemenangan, itu adalah satu hal yang menjadikan outbound ini sukses. Tapi persaingan-persaingan itu cukup ada di outbound karena begitu kita di kantor lagi, kita sudah bonding. Jadi ketika kembali lagi ke kantor, kita bisa lebih akrab, saling menyapa, dan bercanda,” kata Marwan Yaumal Akbar, staf External Relation.

Tak jauh berbeda dengan Marwan, Lita Prihati, staf Finance and Accounting juga belajar bagaimana caranya mencari solusi untuk menyelesaikan tantangan dalam setiap permainan, ada yang menjadi pemimpin, dan lainnya. Semua anggota grup juga saling mengisi dan bekerja sama dengan baik untuk menyelesaikan semua permasalahannya.

(Dari kiri ke kanan) Marwan Yaumal Akbar, Lita Prihati, Tarsisius Eko memberikan sharing pengalaman mereka setelah ikut dalam Employee Outbound Training.

Seluruh tim ikut permainan menjaga lilin dan melindungi lilin tetap menyala sampai akhir tujuan.

“Acara seperti ini seru dan luar biasa karena kita bisa bermain sekaligus banyak belajar. Karena banyak manfaatnya, kalau bisa setiap tahun diadakan,” ungkapnya disambut tepuk tangan tanda setuju dari staf lainnya. “Selain belajar hal baru, melalui acara seperti ini, kita benar-benar bisa saling mengenal satu sama lain karena saya yakin kita sejauh ini hanya kenal muka tapi nggak tahu namanya,” lanjutnya tertawa.

Sementara itu, Tarsisius Eko staf Bakti Amal merasa surprise karena dalam dua hari ini ia diajak untuk tak hanya bersenang-senang tapi juga mengasah diri: bekerja sama, berpartisipasi, dan saling mengisi. “Tapi ada satu hal yang paling penting dimana di akhir ketika Shijie Vero memegang lilin (diibaratkan sebagai visi dan misi Tzu Chi) dan berjalan sampai mencapai tujuan akhir, ternyata lilin yang dijaga itu gampang dipadamkan oleh orang-orang dalam,” kata Tarsisius Eko, “kemarin ada beberapa teman yang bilang, ‘kok orang dalam ya yang ngelempar airnya, kan jadi mati’. Makanya dari sana, ini menjadi pembelajaran kita semua bahwa ayo teman-teman, Shixiong-Shijie, kita bersatu, jangan mau dipecah belah, tetap mewujudkan welas asih dan budaya humanisnya terus kita bangun dan pertahankan.”

Veronica D (tengah), HRD Yayasan Buddha Tzu Chi yang juga panitia Employee Outbound Training turut serius memecahkan permainan bersama tim di kelompoknya.

Seluruh staf mengucapkan terima kasih kepada kerja keras panitia untuk mewujudkan Employee Outbound Training ini.

Hal tersebut juga yang menjadi catatan penting dari diadakannya outbound ini, dimana kerja sama tim yang solid menentukan hasil akhir dari pekerjaan sekaligus pencapaian tujuan. Seperti kata Veronica D, HRD Yayasan Buddha Tzu Chi yang juga panitia Employee Outbound Training ini bahwa, “Semua hal, semua kendala pasti bisa kita lalui kalau kita kerja sama dan saling dukung dengan baik. Dan tentunya, dalam menghadapi permasalahan sehari-hari perbedaan pendapat pasti sering terjadi, nggak papa, yang penting bisa kita selesaikan dengan baik dan akhirnya kita bisa menjalin hubungan dengan lebih baik lagi.”

Helena Himawan, HR Director yang juga turut bergembira bersama seluruh staf memberikan pesan di akhir kegiatan Employee Outbound Training.

Ekspresi kegembiraan dari seluruh manajemen dan staf Yayasan Buddha Tzu Chi di acara penutupan Employee Outbound Training.

Sementara itu Helena Himawan, HR Director yang juga turut bergembira bersama seluruh staf memberikan pesan bahwa, semoga apa yang sudah dilakukan selama dua hari ini memberikan pengalaman, kesan, pembelajaran, serta para staf pun bisa memetik banyak pelajaran tentang bagaimana bekerja sama, bagaimana memberikan prioritas, bahkan bagaimana kita menyelesaikan satu masalah.

“Ada yang give up, ‘Udahlah, udah nggak bisa’. Tapi ada yang masih berusaha sampai berantem. Hahaha.. itu pilihan. Mau putus asa dan tidak selesai, atau mau “berantem” tapi selesai masalahnya. Jadi apa yang harus kita prioritaskan, apa yang harus bisa kita lakukan kerja sama. Yang penting setelah ini kita tetap menjalin hubungan baik, bonding,” pesan Helena Himawan. “Tapi jangan lupa juga, seperti yang tertulis di baju outbond kita, yakni: Empower U: Transform Yourself, Rise Up, Reach Higher. Jangan lupa, reach higher,” lengkapnya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Transform Yourself, Rise Up, Reach Higher

Transform Yourself, Rise Up, Reach Higher

06 November 2023

Staf Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ikut dalam Employee Outbound Training untuk menjalin keakraban di antara karyawan sekaligus pengembangan diri melalui kegiatan yang menyenangkan.

Dengan kasih sayang kita menghibur batin manusia yang terluka, dengan kasih sayang pula kita memulihkan luka yang dialami bumi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -