Turnamen Golf Cinta Kasih

Jurnalis : Agus (Tzu Chi Batam), Fotografer : Agus, Santoso (Tzu Chi Batam)

Pemukulan bola asap sebagai tanda dimulainya Turnamen Golf Tzu Chi 2022.

Master Cheng Yen pernah berkata misi kemanusiaan Tzu Chi memiliki dua tujuan utama: "Mendidik mereka yang mampu untuk membantu yang kurang mampu" dan "Membantu mereka yang kurang mampu untuk mewujudkan kekayaan batin mereka." Dengan semangat untuk mendidik yang kaya untuk membantu yang kurang mampu, kita harus membantu mereka dengan cara membuka pintu hati mereka dan mengajari bahwa selain menghasilkan uang, kita juga perlu untuk berbuat kebajikan dengan cara membantu mereka yang membutuhkan. Kebahagiaan yang direalisasikan dengan cara bersumbangsih ini merupakan kekayaan batin. Ini adalah kekayaan yang sesungguhnya.

Ajaran Master Cheng Yen inilah salah satunya yang mendasari terlaksananya turnamen golf di Palm Springs Golf & Country Club, Nongsa, Batam pada tanggal 17 Juni 2022. Pagi-pagi, relawan Tzu Chi Batam sudah berkumpul di Aula Jing Si Batam untuk menaiki bus yang akan mengantarkan para relawan ke Palm Springs. Pukul 10.30 WIB, para pemain golf atau disebut golfer mulai bergiliran tiba di Palm Springs untuk mengambil kartu nilai (score card), kunci locker serta kaos yang disediakan oleh panitia. Relawan juga sangat bersungguh hati mempersiapkan minuman dan makanan ringan untuk dikonsumsi peserta saat di lapangan golf.

Dalam turnamen golf ini Tzu Chi Batam juga mensosialisasikan makanan vegetarian sebagai menu makanan para peserta.

Siha, ketua panitia acara lega melihat tercapainya jumlah golfer yang ditargetkan. "Untuk mencari golfer untuk ikut acara ini agak menjadi tantangan karena charity kita ini di hari kerja, tetapi bersyukur banyak yang berpartisipasi. Target rencara awal 150 orang, ternyata hari ini yang ikut ada 158 golfer," ucapnya bersyukur. Siang hari, dibawah terik matahari, 158 golfer dengan penuh semangat berkumpul di depan spanduk Tzu Chi untuk berfoto bersama. Pemukulan bola asap dilakukan oleh beberapa golfer: Ketua panitia acara (Siha), anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Asmin Patros, Ketua Tzu Chi Cabang Batam, Rudi Tan, dan Wakil Ketua Panitia Acara, Bambang Suherman sebagai simbolis dimulainya Tzu Chi Charity Golf Tournament 2022 dalam tajuk Mengayunkan Golf Demi Cinta Kasih.

"Tujuan pertama dari acara ini yaitu untuk mensosialisasikan lagi Tzu Chi ke masyarakat biar golfer juga dapat mengenal Tzu Chi. Tujuan kedua memang kita menggalang beras untuk cinta kasih, beras dari Tzu Chi nanti akan dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu,” ujar Siha.

Lagu-lagu Tzu Chi dibawakan oleh relawan Tzu Chi Tg. Pinang, Budiningsih dan Dewiningsih.

Golfer yang selesai melaksanakan permainannya diberikan handuk dan minuman oleh relawan Tzu Chi. Selesai mandi, para golfer diarahkan ke lokasi makan malam dengan stan-stan yang menawarkan masakan vegetarian yang disediakan oleh tim konsumsi. Wakil Ketua Panitia Acara, Bambang Suherrman menyampaikan masakan vegetarian tersebut mendapatkan respon positif dari para golfer, "Semua golfer memuji makanan kita yang vegetarian, tidak ada yang bilang vegetarian tidak enak, semuanya enak".

Fang Fang selaku pembawa acara menyampaikan bahwa global warming menjadi isu yang hangat di setiap negara. Oleh karena itu, kegiatan daur ulang dan pola makan vegetarian merupakan cara yang ampuh untuk menurunkan kadar CO2. "Dengan mengonsumsi makanan vegetarian, kita juga telah berkontribusi membantu mewariskan bumi yang indah untuk anak cucu kita nanti," ujar Fang Fang.

Penyerahan secara simbolis dana kegiatan yang akan digunakan untuk pengadaan beras bagi masyarakat yang kurang mampu.

Acara pada malam hari diwarnai dengan pengumuman pemenang turnamen golf dan pemberian hadiah. Video kilas balik pembagian beras yang telah dilakukan insan Tzu Chi Batam beberapa waktu yang lalu turut ditayangkan sebagai wujud nyata bantuan Tzu Chi terhadap kalangan yang kurang mampu. Pembawa acara, Fang fang dan Stella turut mengajak para golfer untuk turut bersumbangsih dalam kegiatan pembagian beras selanjutnya yang direncanakan diadakan di bulan Juli nanti.

Mengambil momentum ini, panitia juga mengadakan pameran produk Jing Si dan menggalang dana untuk pembangunan Jing Si Books & café di Kota Batam. Serangkaian acara mendapatkan dukungan positif dari para golfer, salah satunya adalah Susanto Theodolite. "Acara sosial harus banyak mendapatkan dukungan. Saya pribadi berprinsip, dalam cinta kasih kita semua bersaudara. Dan saya kira bukan saya saja, terlihat semua juga semangat," ujar Susanto. Susanto juga bangga melihat orang-orang Batam mempunyai jiwa sosial yang cukup tinggi karena rasa ingin berbuat baiknya tinggi.

Ketua Pelaksana Turnamen Golf Tzu Chi, Siha (3 dari kanan), menyerahkan piagam terima kasih kepada para sponsor kegiatan.

Bambang bersyukur acara berjalan dengan lancar berkat dukungan dari 77 relawan Tzu Chi. Beliau berharap dengan silaturahmi seperti ini dapat menginspirasi para golfer untuk turut bergabung ke barisan Tzu Chi layaknya Kata Perenungan Master Cheng Yen, "Bila semua orang dapat bersumbangsih dengan cinta kasih yang tulus dan murni, pelita harapan akan menerangi berbagai pelosok gelap di dunia".

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Turnamen Golf Cinta Kasih

Turnamen Golf Cinta Kasih

27 Juni 2022

Misi Kemanusiaan Tzu Chi bertujuan “Mendidik mereka yang mampu untuk membantu yang kurang mampu” dan “Membantu mereka yang kurang mampu untuk mewujudkan kekayaan batin mereka”. Dengan semangat inilah Tzu Chi Batam mengadakan Turnamen Golf Tzu Chi 2022.

Keindahan kelompok bergantung pada pembinaan diri setiap individunya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -