Tzu Chi Bandung Membuka Sentra Vaksin Bagi Pelajar

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung)

Denis Danuar siswa SMP Mutiara bandung menjalani vaksinasi yang di dampingin oleh relawan Tzu Chi. Tzu Chi Bandung membuka sentra vaksin khusus untuk pelajar yang berusia 12 hingga 17 tahun.  

Tzu Chi Bandung membuka fasilitas vaksinasi center yang di selenggarakan di Aula Jing si Bandung pada 25 September 2021. Bekerjsama dengan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Garuda, Tzu Chi Bandung mengadakan vaksinasi center dengan sasarannya adalah usia 12 hingga 17 tahun.

Sentra vaksinasi ini menjadi sentra vaksinasi perdana yang melayani pemberian vaksin kepada pelajar. Pada kegiatan ini tim vaksinasi berhasil melakukan 1075 vaksinasi kepada pelajar.

Yulistina Relawan Tzu Chi membantu para siswa dari sekolah-sekolah untuk mengisi data-data pada formulir sebelum melakukan vasin di Aula Jing si Bandung.

Kegiatan sentra vaksin ini mulai melayani sejak pukul 07.00 Wib yang dibuka secara resmi oleh kepala UPT Puskesmas Garuda, dr. Nitta Kurniati. Dr. Nitta mengatakan untuk vaksinasi di wilayah Kec. Andir memerlukan tenaga SDM lebih karena peserta vaksin cukup banyak.

“Berkaitan dengan vaksinasi massal ini yang saya rasakan adalah pada saat kami dari UPT Puskesmas Garuda meminta bantuan tempat, mereka (relawan Tzu Chi) langsung saja mempersilahkan.

Jadi, sangat luar biasa, karena kalau di lihat di Kec. Andir tempat yang besar salah satunya di sini (Gedung aula Jing si) itu yang pertama , yang ke dua secara SDM nya juga sangat luar biasa “ ungkap dr.Nitta.

Ruchiyat Kurniadi relawan Tzu Chi mendampingi seorang siswa setelah menjalani vaksinasi.

Denis Danuar salah satu siswa kelas Sembilan mengaku semula takut di vaksinasi namun, untuk kesehatan bersama dan ingin bersekolah kemabali ia berani melawan takutnya untuk di vaksin.

“Iya awalnya takut di suntik tapi untuk bisa bersekolah lagi, dan bisa ketemu temen-teman di sekolah saya beranikan diri di suntik. Saya terimakasih kepada Puskesmas Garuda yang sudah membantu Vaksinasi untuk sekolah kami (SMP Mutiara 4 Bandung) dan terimakasih juga kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah memberikan tempat untuk Vaksinasi” ujar Denis.

Kegiatan vaksinasi center ini dilakukan untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di kalangan masyarakat. Pada bulan September 2021 menurut Walikota Bandung Oded M Danial mengumumkan bahwa kini wilayah Kota Bandung masuk ke zona kuning atau daerah risiko rendah penyebaran Covid-19.

dr. Nitta Kurniati (kerudung Merah) Kepala UPT Puskesmas Garuda Kota Bandung tengah berbincang dengan relawan Tzu Chi. Dr. Nitta sangat berterimakasih kepada Yayasan Tzu Chi Bandung yang sudah memberikan tempat sentra vaksin dalam skala besar.

Namun, pemerintah Kota Bandung tidak mau lengah dalam menanggulangi wabah pandemi ini. Ruchiyat Kurniadi relawan Tzu Chi mengatakan perhari ini Kota Bandung sudah mencapai 70% warganya sudah di vaksin.

“Kita justru ingin membantu khususnya di kota Bandung untuk percepatan vaksinasi , dan seperti yang kemarin dikatakan oleh pak wakil wali kota kita perhari ini sudah mencapai 70% an , ya sekitar 30% an lagi kita coba membantu untuk melaksanakan sentra vaksin, sekarang ini kita mulai mengadakan yang berumur 12 sampai 18 tahun“Ujar Ruchiyat.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Semangat Para Remaja Mengikuti Vaksinasi Covid-19, Mereka Sudah Rindu Kembali Ke Sekolah

Semangat Para Remaja Mengikuti Vaksinasi Covid-19, Mereka Sudah Rindu Kembali Ke Sekolah

12 Juli 2021

Vaksinasi Covid-19 yang digelar TNI dan Tzu Chi Indonesia di Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng (12 Juli 2021), juga diikuti banyak peserta berusia 12-17 tahun.  

Terus Mendukung Percepatan Vaksinasi Nasional

Terus Mendukung Percepatan Vaksinasi Nasional

05 Juli 2021

Tzu Chi Batam bekerjasama dengan Dinkes Kota Batam menggelar vaksinasi Covid-19. Pada Sabtu, 26 Juni 2021, vaksinasi diadakan di Aula Jing Si Batam, dan 1.068 peserta berhasil divaksin.

Tzu Chi Sinar Mas di Lampung Gelar Vaksinasi

Tzu Chi Sinar Mas di Lampung Gelar Vaksinasi

02 September 2021

Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Downstream Lampung turut mendukung percepatan vaksinasi. Relawan juga memnberikan bantuan sembako untuk warga tidak mampu yang terdampak pandemi Covid-19.

Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -