Mendukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 untuk Pelajar

Jurnalis : Bambang M. (Tzu Chi Singkawang), Fotografer : Bambang M. (Tzu Chi Singkawang)

Tzu Chi Singkawang dan Polres Singkawang menggelar vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di Aula SMA Ignasius, Singkawang.

Dalam rangka mendukung pemerintah untuk menangani Covid-19, Polres Singkawang bekerjasama dengan Tzu Chi Singkawang melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dengan sasaran para pelajar. Kegiatan program vaksinasi ini dilaksanakan pada Sabtu - Minggu, 14-15 Agustus 2021 di SMA Ignasius, Jl. Syafiuddin, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Dokter Novaldi selaku koordinator kegiatan menyampaikan latar belakang kegiatan ini adalah mendukung percepatan vaksinasi Covid-19, dimana Presiden RI menargetkan vaksinasi Covid-19 ini mencapai dua juta orang per hari di seluruh Indonesia. "Jadi TNI dan Polri bersama pemerintah bahu membahu mencapai target 70% rakyat Indonesia tervaksinasi guna mencapai kekebalan tubuh yang prima," ungkap dr. Novaldi.

Lebih lanjut dokter di Polres Singkawang ini juga menjelaskan bahwa pelaksanaan di setiap daerah, termasuk di Singkawang melibatkan seluruh elemen masyarakat. “Kami bersyukur di Singkawang ada Yayasan Buddha Tzu Chi yang mempunyai tim lengkap yang bersedia diajak untuk mengejar target tersebut,” tambah dr. Novaldi.

Didampingi pihak SMA Ignasiusdan tim dari Polres Singkawang, dr. Novaldi selaku koordinator kegiatan memberikan suntikan vaksin kepada salah satu siswa.

Di Singkawang sendiri, vaksinasi Covid-19 dosis pertama masih banyak yang kurang, baru sekitar 35.000 dari target sebanyak 160.000. Maka salah satu upaya supaya mencapai target adalah dengan mempercepat vaksinasi pada anak usia sekolah setelah diperbolehkan oleh pemerintah.

"Sasaran berikutnya tetap pada sekolah-sekolah yang lain. Jadi begitu ada kiriman vaksin, kami segera berkoordinasi untuk pelaksanaanya. Prinsipnya tim Polres Singkawang dan Tzu Chi ini membantu percepatan vaksinasi dari pemerintah," tegas dr. Novaldi.

Kepala Sekolah SMA Ignasius, Lusiana Lidwina sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diadakan Tzu Chi SIngkawan dan Polres Singawang ini. Sejak awal ia pun berharap supaya program vaksinasi Covid-19 segera masuk ke sekolah-sekolah untuk vaksinasi para siswa dan siswi karena para guru semuanya juga sudah melakukan vaksinasi.

“Harapannya ketika semua murid dan guru sudah tervaksinasi lalu proses belajar mengajar kembali normal, karena kita semua sudah mempunyai kekebalan. Tapi tentu tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Lusiana Lidwina.

Relawan Tzu Chi Singkawang membantu proses input data dan untuk para siswa SMA Ignasius yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Dokter Frandy sebagai relawan medis yang baru bergabung dengan Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Tzu Chi Singkawang mengakui ini adalah pengalaman pertama sebagai vaksinator. Kegiatan ini juga menjadi pengalaman berharga dalam hidupnya karena turut dalam program memutuskan mata rantai pandemi Covid-19.

"Terima kasih Tzu Chi Singkawang yang telah mengajak saya untuk berpartisipasi dalam program ini. Saya bertekad tetap terlibat dalam program vaksinasi berikutnya, juga kegiatan kemanusiaan Tzu Chi yang lainnya," ungkap dr. Frandy.

Para siswa SMA Ignasius Singkawang juga menyambut antusias program vaksinasi ini. Meskipun awalnya ada perasaan takut, namun mempertimbangkan manfaatnya dalam menciptakan kekebalan melawan virus Covid-19 para siswa pun dengan senang hati mereka mengikuti program vaksinas ini.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Serbuan Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2 di Medan

Serbuan Vaksinasi Covid-19 Tahap Ke-2 di Medan

03 September 2021

Tzu Chi Medan bekerja sama dengan Kodam I/Bukit Barisan menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada 31 Agustus - 2 september 2021 di sekolah Chandra Kumala, Medan.

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

Mendukung Program Vaksinasi Covid-19 di Palembang

05 Juli 2021
Tzu Chi Palembang bekerjasama Kodim 0418/Palembang mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk warga Palembang. Dalam kegiatan ini, sebanyak 920 peserta berhasil divaksinasi.
Vaksinasi Covid-19 Dimulai di RSCK Tzu Chi

Vaksinasi Covid-19 Dimulai di RSCK Tzu Chi

18 Januari 2021

vaksinasi adalah upaya negara dalam melindungi masyarakatnya dari ancaman pandemi Covid-19 dan demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity. Jumat, 15 Januari 2021, tenaga medis dari RSCK Tzu Chi mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -