Tzu Chi Dukung Pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A
Tzu Chi Indonesia bersama perusahaan mitra melakukan seremoni peletakan batu pertama pembangunan gedung Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School di wilayah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama perusahaan mitra memberikan dukungan dalam pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School yang berada di bawah Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang. Kegiatan ini ditandai dengan seremoni peletakan batu pertama pembangunan gedung Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School pada Sabtu, 9 September 2023 di wilayah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Sebelum peletakan batu pertama, kegiatan diawali dengan ramah tamah di Pesantren Tegalrejo yang berada di wilayah Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Baik pihak Tzu Chi Indonesia dan Pesantren Tegalrejo (Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang) saling memperkenalkan diri. Kegiatan ini juga diikuti oleh relawan Tzu Chi Jakarta, relawan Tzu Chi Yogyakarta, perwakilan dari perusahaan mitra yaitu Sinarmas, Indofood, PT. Sebuku Tanjung Coal, Pulau Intan, perwakilan Bupati Magelang, TNI dan Polri, serta pengusaha dari Kota Magelang dan sekitarnya.

Suasana ramah tamah di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo yang diikuti relawan Tzu Chi dan tamu undangan lainnya.

Relawan Tzu Chi Jakarta, relawan Tzu Chi Yogyakarta, perwakilan dari perusahaan mitra yaitu Sinarmas, Indofood, PT. Sebuku Tanjung Coal, Pulau Intan, perwakilan Bupati Magelang, TNI dan Polri, serta pengusaha dari Kota Magelang dan sekitarnya mengunjungi sekolah di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo.

Jalinan jodoh dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang ini karena memiliki visi dan misi yang sama. Setelah beberapa kali berdiskusi dan melakukan survei awal, Tzu Chi Indonesia beserta perusahaan mitra kemudian memberikan bantuan berupa pembangunan gedung sekolah dan asrama 3 lantai seluas 8.000 meter persegi untuk Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School yang akan dibangun di wilayah Mertoyudan, Magelang.

Ketua Pembina Yayasan Syubbanul Wathon, K.H. Muhammad Yusuf Chudlori atau yang akrab disapa Gus Yusuf sangat mengapresiasi dan menyambut baik pembangunan sekolah dan gedung asrama ini. Karena sejak dulu Pesantren Tegalrejo mempunyai harapan dan visi misi untuk mewujudkan sekolah internasional yang dapat melahirkan generasi-generasi yang memiliki nilai-nilai akhlak serta moralitas dan juga berwawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Hong Tjhin, Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia memperkenalkan Tzu Chi saat ramah tamah di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo.

Gus Yusuf berbahagia dan menyambut baik pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School.

“Dari hal tersebut nyambung, kita ketemu dengan sahabat-sahabat dari Tzu Chi yang juga punya visi dan misi yang sama dengan cinta kasih menciptakan generasi yang punya etika, moralitas dan juga kecintaan kepada tanah airnya. Ini merupakan suatu kehormatan bagi Yayasan Syubbanul Wathon bisa bekerja sama dengan yayasan Buddha Tzu Chi sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ungkap Gus Yusuf.

Selesai ramah tamah, rombongan yang didampingi Gus Yusuf juga berkenan meninjau sekolah di Pesantren Tegalrejo yang dilanjutkan dengan bersama-sama menuju ke lokasi peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School yang lokasinya ditempuh dengan waktu 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Acara yang digelar dengan sederhana ini juga syarat dengan makna. Hong Tjhin, Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia yang hadir dalam kegiatan merasakan seperti kilas balik pada 20 tahun yang lalu. Saat itu Tzu Chi Indonesia juga memberikan bantuan di Pesantren Nurul Iman (Parung, Bogor) dan di tahun 2023 ini terulang kembali dengan Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang. Ia juga berharap nantinya sekolah ini dapat menunjang proses pendidikan yang bermutu dan mampu berkompetensi.

Peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School yang dilakukan oleh perwakilan Tzu Chi Indonesia, Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang, Pemkab Magelang, serta pengusaha di Kota Magelang.

“Kami dari Tzu Chi dengan semangat Gan En, Zun Zhong, Ai (Bersyukur, Menghormati, Cinta Kasih) sangat mendukung visi misi ini. Mudah-mudahan kolaborasi ini bisa menghasilkan proses pendididkan yang bermutu. Bukan saja bisa membantu membekali santri dan santriwati dengan karakter yang baik dan budi pekerti, tetapi juga bisa memberikan talenta kompetensi yang bisa berkompetisi di dunia kerja yang nyata,” ungkap Hong Tjhin.

Setelah sambutan dari perwakilan Tzu Chi Indonesia dan Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang, kegiatan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School yang ditandai dengan penyekopan pasir dalam dua sesi.

Saling Berkolaborasi dalam Pendidikan
Selain membantu pembangunan gedung Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School, Tzu Chi juga akan membantu dalam menyiapkan software (tenaga pengajar) untuk sekolah ini. Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Freddy Ong yang hadir dalam kegiatan ini juga sudah berdiskusi terkait kolaborasi yang akan dilakukan untuk mempersiapkan tenaga pengajar.

“Tadi sudah berbincang dengan Gus Yusuf dan tim. Nomor 1 mereka akan mencarikan personil-personil, jika sudah siap kita bantu untuk training-nya,” kata Freddy Ong.

Lokasi yang akan dibangun menjadi Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School.

Freddy Ong juga berharap Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School ini bukan hanya gimmick. Tetapi mindset-nya juga harus internasional, punya pemikiran internasional, sampai kolega dan kiblatnya juga harus internasional.

“Harapannya ini menjadi sekolah Islamic internasional school pertama di Magelang. Bisa menghasilkan siswa-siswa yang budaya internasional, budaya global, dan budaya islami yang rahmatan lil alamin (kasih sayang bagi semesta alam),” jelas Freddy Ong.

Dalam kolaborasi mempersiapkan tenaga pengajar untuk Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School, Tzu Chi juga akan fokus persiapan guru sekolah bernuansa internasional. “Pasti membawa budi pekerti Tzu Chi, ren wen-nya (budaya humanis) supaya sekolah ini tidak hanya mengedepankan kognitif tetapi budi pekerti dan budaya humanis kita juga,” ungkap Freddy Ong setelah kegiatan berakhir.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Tzu Chi Dukung Pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School

Tzu Chi Dukung Pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School

12 September 2023

Tzu Chi Indonesia bersama perusahaan mitra memberikan dukungan dalam pembangunan Pesantren Syubbanul Wathon International Islamic School di wilayah Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.

Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -