Tzu Chi Indonesia Terima Kunjungan Kehormatan KGPAA Mangkunegara X

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A
Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X beserta rombongan mengunjungi Tzu Chi Center untuk mengenal Tzu Chi khususnya di Indonesia dan kegiatannya.


Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menerima kunjungan kehormatan dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Tzu Chi Center, PIK, Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat, 10 Mei 2024. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana untuk lebih mengenal Tzu Chi dan mendiskusikan potensi kerja sama yang dapat dilakukan oleh Tzu Chi dan Mangkunegara ke depannya.

Setelah disambut oleh relawan dan staf Tzu Chi Indonesia, KGPAA Mangkunegara X diajak berkeliling Tzu Chi Center. Dimulai dari ruang Exhibition Hall, KGPAA Mangkunegara X dan rombongan dikenalkan dengan sejarah Tzu Chi dan perjalanan Tzu Chi di Indonesia. Selain itu, rombongan juga diajak untuk mengunjungi Tzu Chi School, DAAI TV, dan Tzu Chi Hospital.

Pendidikan budi pekerti menjadi salah satu hal yang menarik bagi KGPAA Mangkunegara X karena budi pekerti juga menjadi kearifan dari masyarakat Jawa.

KGPAA Mangkunegara X saat berdiskusi dengan relawan dan staf Tzu Chi Indonesia saat ramah tamah di Tzu Chi Center, PIK, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Tentunya senang sekali hari ini bisa bersilaturhami dengan rekan-rekan Tzu Chi dan pertama kali juga ke Tzu Chi Center begitu juga sekolah dan rumah sakitnya. Menurut saya Tzu Chi sangat luar biasa bagaimana bisa membawa impact yang cukup besar bagi masyarakat melalui program kesehatan, pendididkan, pembangunan. Ini bisa menjadi motivasi buat kami dan bisa menjadi pijakan serta pelajaran juga bagaimana Mangkunegara bisa lebih berdampak dan bermanfaat lagi bagi masyarakat ke depannya,” ungkap KGPAA Mangkunegara X.

Selain tour Tzu Chi Center, KGPAA Mangkunegara X dan rombongan juga beramah tamah serta berdiskusi tentang potensi-potensi kerja sama yang dapat dilakukan ke depannya. “Hari ini lebih banyak melihat visi misi dari Tzu Chi dan Mangkunegara, serta berdiskusi bagaimana visi dan misi ini bisa sejalan. Dari situ nanti kita lihat apa yang bisa kita lakukan kedepannya bersama-sama,” jelas KGPAA Mangkunegara X.

Dalam kesempatan ini, KGPAA Mangkunegara X juga mengunjungi Tzu Chi School untuk melihat fasilitas serta sistem pendidikan yang diterapkan bagi para siswa.

Saat berkunjung ke Tzu Chi Hospital, KGPAA Mangkunegara X juga diajak untuk meninjau salah satu fasilitas di ruang paliatif.

Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin yang ikut mendampingi rombongan juga merasa bersyukur atas kedatangan dari KGPAA Mangkunegara X dan rombongan untuk mengenal lebih jauh tentang Tzu Chi. “Kita bersyukur hari ini KGPAA Mangkunegara X berkenan untuk hadir bersama jajarannya ke Tzu Chi Indonesia. Dari diskusi yang dilakukan ternyata banyak sekali persamaan terutama kalau berbicara tentang pentingnya budi pekerti yang kita paraktikkan di Budaya Humanis dan Pendidikan Tzu Chi yang ternyata juga sudah merupakan kearifan luhur dari masyarakat di Jawa,” ungkapnya.

Dalam kunjungan yang berlangsung santai ini, banyak diisi dengan diskusi tentang sustainability, pelestarian lingkungan, kearifan lokal, vegetaris, dan hal-hal lainnya. Selain itu, kedua belah pihak juga saling memberikan suvenir sebagai tanda persahabatan. “Ini memang kunjungan yang pertama kali tetapi juga bukan yang terakhir. Mudah-mudahan kedepannya bisa berkolaborasi untuk bersama-sama memajukan budi pekerti, pendidikan, budaya humanis, dan hal yang lain. Dengan berkolaborasi saya rasa hasil yang diinginkan nantinya akan lebih baik,” ungkap Hong Tjhin.

Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin menyerahkan souvenir dari Tzu Chi Indonesia kepada KGPAA Mangkunegara X.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Datang Merasakan Langsung

Datang Merasakan Langsung

11 November 2015

Minggu, 8 November 2015 relawan Tzu Chi mengajak anggota baru “Team Teratai” untuk melakukan kunjungan ke Aula Jing Si di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Ini dilakukan agar para anggota baru dapat mengenal lebih dekat Tzu Chi dan merasakan cinta kasih Master Cheng Yen dalam misi Tzu Chinya.

Berawal dari Obrolan di Meja Makan, Dubes Sri Lanka Berkunjung ke Tzu Chi Center

Berawal dari Obrolan di Meja Makan, Dubes Sri Lanka Berkunjung ke Tzu Chi Center

14 September 2023
Ada cerita menarik saat Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia, Jayanath Siri Kumara Colombage akhirnya mengunjungi Tzu Chi Center, PIK, pada Selasa 12 September 2023 lalu.
Tzu Chi Indonesia Terima Kunjungan Kehormatan KGPAA Mangkunegara X

Tzu Chi Indonesia Terima Kunjungan Kehormatan KGPAA Mangkunegara X

10 Mei 2024
Tzu Chi Indonesia menerima kunjungan kehormatan dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X di Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara pada Jumat, 10 Mei 2024.
Menghadapi kata-kata buruk yang ditujukan pada diri kita, juga merupakan pelatihan diri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -