Tzu Chi Jambi Membantu Pasokan Darah PMI

Jurnalis : Suriyanto Wijaya (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Jenny Surianti, Maria Tjoa, Steven Gho (Tzu Chi Jambi)

Kegiatan donor darah kerja sama Yayasan Buddha Tzu Chi Jambi dengan PMI Jambi untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di wilayah Jambi.

Demi membantu memenuhi kebutuhan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI), Yayasan Buddha Tzu Chi Jambi bekerja sama dengan PMI Kota Jambi Kembali mengadakan kegiatan Donor Darah yang bertempat di Gedung Serba Guna Karunia Global School Jambi (31/3/24). Mulai pukul 07.00 WIB relawan Tzu Chi Jambi telah tiba di lokasi, masing masing relawan bersiap di pos sesuai pembagian tugas. Ada yang bertugas di meja registrasi, meja cek tensi, meja cek hemoglobin, konsumsi, pemerhati, dan lainnya.

Donor darah kali ini diikuti oleh sebanyak 295 orang yang terdaftar sebagai calon pendonor. Sebanyak 191 orang yang berhasil mendonorkan darahnya, ada 52 orang yang gagal dalam screening dan ada 52 orang yang sudah daftar tapi tidak hadir di acara.

Salah satu donor yang antusias adalah kakak beradik Sella dan Angela. Kegiatan donor darah ini merupakan yang pertama kalinya untuk mereka. “Kami diajak oleh teman untuk ikut donor darah. Awalnya ragu karena tidak pernah tapi setelah dipikir donor darah kan baik buat kesehatan dan saya juga bisa berbuat kebaikan dengan menyumbangkan darah saya,” ungkap Sella dengan gembira.

Donor darah pertama untuk Angela (kiri) & Sella (Kanan), awalnya ragu tapi ingat niat awal mau menolong orang lain.

Hal serupa juga dirasakan oleh Angela. “Saya baru pertama kali ikut donor darah walaupun agak takut tapi saya memberanikan diri untuk donor darah. Saya cukup menguatkan niat dalam diri saya kalau ikut donor darah untuk menolong sesama sehingga yang awalnya takut menjadi berani untuk donor darah,” kata Angela.

Cek Kesehatan Gratis
Selain Donor Darah, Tzu Chi Jambi juga memberikan layanan pengecekan Gula Darah, kolestrol dan konsultasi kesehatan gratis yang dibantu oleh dr. Sriyani, Sp.GK dan dr. Chandra Pranata Salim. Relawan mulai melayani pasien yang mulai hadir dari pukul 08.30 WIB. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolestrol. Warga Jambi sangat antusias mengikuti cek kesehatan gratis ini.

Selain Donor Darah, Tzu Chi Jambi juga memberikan layanan pengecekan Gula Darah, kolestrol dan konsultasi Kesehatan gratis. Dokter Sriyani sedang memeriksa pasien yang ingin cek kesehatan

Salah satu warga Jambi yang datang untuk memeriksakan kesehatannya adalah irwan, irwan mengeluh belakangan ini tumit kakinya sering merasa nyeri, kemudian dokter yang bertugas mengecek kolestrol, gula darah, tensi dan asam urat hasilnya normal lalu dokter bertanya kepada irwan apakah sering berolah raga, irwan menjawab lagi aktif bermain badminton. Dokter memberikan saran untuk sementara selama bermain badminton jangan terlalu dipaksakan dan meminta irwan selama bermain badminton untuk memakai plester koyo yang biasa dipakai oleh pemain badminton untuk mengurangi rasa nyeri setelah bermain badminton.

Dokter Sriyani, Sp.GK sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan cek kesehatan ini. “Saya diajak oleh temen saya yang merupakan relawan Tzu Chi Jambi, saat diajak saya langsung mengiyakan kebetulan hari kegiatan ini tidak ada jadwal praktik. Senang melihat antusias warga Jambi yang datang untuk mengecek kesehatan mereka. Jika ke depannya diajak lagi saya siap akan bantu dengan catatan waktu pas tidak ada jadwal praktik,” ungkap dr. Sriyani.

Kegiatan cek kesehatan ini berjalan lancer sebanyak 73 pasien yang datang untuk melakukan pengecekan kesehatan gratis.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Donor Darah di Pabrik Tepung Tapioka

Donor Darah di Pabrik Tepung Tapioka

09 Februari 2011 Master Cheng Yen selalu  berpesan, urusan dunia tidak bisa diselesaikan oleh satu orang. Seorang diri juga tidak mampu mencapai semua keberhasilan  dunia. Mari kita bersama–sama bersatu hati peduli pada bumi tanpa memandang perbedaan, karena sejatinya kita  berada di dalam  bumi  yang sama.
Menebar Cinta Kasih dalam Kegiatan Donor Darah

Menebar Cinta Kasih dalam Kegiatan Donor Darah

09 September 2016
Relawan Tzu Chi He Qi Pusat, Komunitas Sunter kembali menggelar kegiatan donor darah pada Minggu, 4 September 2016. Donor darah yang digelar di RS. Royal progress Sunter Jakarta Utara ini merupakan kali kedua pada tahun ini.
 Baksos Donor Darah di Penghujung Tahun

Baksos Donor Darah di Penghujung Tahun

12 Desember 2023

Tzu Chi Padang bekerja sama dengan PMI Kota Padang mengadakan kegiatan donor darah yang rutin diadakan setiap tiga bulan sekali. Sebanyak 203 kantong darah berhasil dikumpulkan.

Berbicaralah secukupnya sesuai dengan apa yang perlu disampaikan. Bila ditambah atau dikurangi, semuanya tidak bermanfaat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -