Tzu Chi Medan Menandatangani Nota Kesepahaman Dengan RSU Royal Prima Marelan

Jurnalis : Jefri (Tzu Chi Medan), Fotografer : Lily Hermanto (Tzu Chi Medan)

Penandatangan MOU antara Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Medan dengan RSU Royal Prima Marelan. MoU ini meliputi di bidang kesehatan dan pelestarian lingkungan di lingkungan RSU Royal Prima Marelan.

Pada 11 Juni 2022, relawan Tzu Chi dan para staf dan tenaga medis RSU Royal Prima Marelan menghadiri acara Penandatangan kerjasama antara Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Medan dengan RSU Royal Prima Marelan di bidang kesehatan sekaligus peresmian Green Point (titik kumpul barang daur ulang) di RSU Royal Prima Marelan.

Direktur RSU Royal Prima Marelan dr.Wienaldi, MKM. dalam sambutannya menyampaikan dari pandemi Covid 19 kita belajar dan semakin sadar bahwa kesehatan itu sangat berharga bagi umat manusia. “Saya yakin kita semua akan setuju dan sependapat dengan itu, kita juga berharap keluarga maupun teman-teman yang kita sayangi dalam keadaan sehat. Namun tidak bisa kita pungkiri kita bisa saja jatuh sakit. Di saat itulah kita membutuhkan pelayanan kesehatan yang terbaik dan penuh dengan cinta kasih” tutur dr.Wienaldi.

Direktur RSU. Royal Prima Marelan dr. Wienaldi, MKM memberi kata sambutan di depan para staf dan tim medis serta relawan Tzu Chi. Dalam sambutannya dr. Wienaldi mengungkapkan rasa bangganya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah berdedikasi serta sudah bersumbangsih dalam bidang kesehatan, kemanusiaan dan lingkungan hidup di tengah masyarakat.

Lebih lanjut dr. Wienaldi mengungkapkan rasa bangganya kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang sudah tidak kita ragukan dedikasinya, sumbangsihnya dalam bidang kesehatan, kemanusiaan dan lingkungan hidup. Hari ini 11 juni 2022 Tzu Chi Medan menandatangin kerjasama dengan RSU Royal Prima Marelan dengan harapan dapat berdampak luas bagi masyarakat dilingkungan sekitar kita.

Sylvia Chow perwakilan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Medan, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada dr. Wienaldi, MKM berserta seluruh staf dan tim medis dalam penandangan MOU dan peresmian green point.

Sylvia mengungkapkan peresmian green point ini merupakan titik ke 32 di Kota Medan yang bertepatan 32 tahun misi pelestarian lingkungan Tzu Chi yang dimulai pada 1990. Misi Kesehatan Tzu Chi ingin melindungi kehidupan. Sesuai dengan pesan Master Cheng Yen yaitu “Berada dalam keadaan sehat merupakan suatu berkah”.

Sylvia Chow memberikan sambutan pada acara penandatanganan Mou dan peresmian green point di RSU. Royal Prima Marelan . Sylvia mengatakan Misi Kesehatan Tzu Chi adalah ingin melindungi kehidupan.

Tony Honkley relawan Tzu Chi yang fokus pada Pelestaria Lingkugan Tzu Chi mengaajak kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar yang bisa di mulai dari lingkungan terdekat. Tony memperlihatkan beberapa barang yang bisa di daur ulang dan dampak yang ditimbulkan akibat penumpukan sampah.

Tony juga mengajak para peserta untul mulai membawa alat makan dan minum sendiri. Hal ini adalah hal kecil yang mengurangi pemakaian palstik dan juga menjaga kesehatan kita. “Kita mulai membawa kantong kain ketika ingin berbelanja di swalayan agar mengurangi sampah plastik” ajak Tony.

Para staf dan tim medis RSU Royal Prima Marelan mulai memasukkan barang-barang yang bisa di daur ulang secara terpisah ke dalam wadah yang sudah di siapkan. Lokasi ini dijadikan tempat titik kumpul Green Point di lokasi rumah sakit.

Lia Amelia Staf RSU C sangat berterima kasih dengan hadirnya relawan Tzu Chi. “Saya jadi mengenal Yayasan Buddha Tzu Chi yang ternyata sangat membantu masyarakat dalam hal kesehatan, kemanusiaan maupun upaya-upaya dalam menjaga lingkungan hidup kita. Saya sendiri jadi lebih paham bagaimana tindakan kecil kita dalam menjaga lingkungan dapat berdampak besar bagi kehidupan kita” tutur Lia.

Peresmian green point di tandai dengan mengetuk tiga kali wadah untuk pengumpulan barang- barang daur ulang. Peresmian green point secara simbolis dilakukan dr.Wienaldi, MKM, dan diikuti para staf dan tim medis dengan memasukan barang-barang yang bisa didaur ulang ketempat yang telah disediakan.

Relawan Tzu Chi Medan berfoto Bersama dengan staf dan tim medis RSU Royal Prima Marelan setelah acara penandatanganan nota kesepahaman di bidang kesehatan dan pelestarian lingkungan.

Elly Siek koordinator kegiatan mengatakan dengan diresmikannya titik green point di lingkungan RSU Royal Prima Marelan diharapkan masyarakat lebih bijak dalam menjaga lingkungan “Semoga dengan adanya green point ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan” harap Elly.

Editor: Anand Yahaya

Artikel Terkait

Pelestarian Lingkungan di Pulau Gusung

Pelestarian Lingkungan di Pulau Gusung

13 Oktober 2016
Tzu Ching (muda mudi Tzu Chi) Makassar menggelar kegiatan pelestarian lingkungan di Pulau Gusung, 8 dan 9 Oktober 2016. Kegiatan yang mengusung tema Mengubah Sampah Menjadi Emas, Emas Menjadi Cinta Kasih ini diikuti sebanyak 47 relawan dari berbagai universitas yang ada di Makassar.
Mendalami Misi Pelestarian Lingkungan

Mendalami Misi Pelestarian Lingkungan

14 Desember 2015
Tanggal 5 Desember 2015, Tzu Chi Bandung mengundang relawan Tzu Chi Jakarta untuk mensosialisasikan pelestarian lingkungan di Kantor Tzu Chi Bandung. Diikuti oleh 25 relawan Tzu Chi Bandung, diharapkan kegiatan ini bisa menginspirasi dan memberi semangat kepada relawan Tzu Chi Bandung untuk menjalankan misi pelestarian lingkungan.
Titik Pemilahan Daur Ulang Baru di Surabaya

Titik Pemilahan Daur Ulang Baru di Surabaya

27 Maret 2019
Titik pemilahan sampah daur ulang bertambah satu di Surabaya. Sabtu, 23 Maret 2019, tempat pemilahan barang-barang daur ulang ini mulai diresmikan penggunaannya. Relawan dan warga sekitar bersama-sama memilah sampah daur ulang.   
Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -