Tzu Chi Padang Menggelar Pemberkahan Awal Tahun 2023

Jurnalis : Pipi (Tzu Chi Padang) , Fotografer : Pipi (Tzu Chi Padang)

Sebanyak 218 peserta yang terdiri dari tamu undangan dan donatur serta 35 relawan mengikuti kegiatan Pemberkahan Awal Tahun 2023 yang bertempat di Kantor Tzu Chi padang.

Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, pada Minggu, 29 Januari 2023, Tzu Chi Padang kembali mengadakan kegiatan Pemberkahan Awal Tahun 2023. Acara yang bertempat di Kantor Tzu Chi Padang ini juga diikuti oleh 218 peserta yang terdiri dari tamu undangan dan donatur serta 35 relawan Tzu Chi Padang.

Mengawali kegiatan kegiatan Pemberkahan Awal Tahu 2023 di Tzu Chi Padang, para peserta diajak untuk menyaksikan video kilas balik Tzu Chi Internasional dan Tzu Chi Indonesia. Setelah itu, relawan menampilkan isyarat tangan Pu Tian San Wu (Tiga Tiada), dilanjutkan dengan pemutaran video kilas balik Tzu Chi Padang, serta kata sambutan dari Wakil Ketua Tzu Chi Padang, Chaidir Chua yang mengajak seluruh peserta yang hadir untuk ikut berpola hidup vegataris.

Kemudian acara di lanjutkan dengan sharing Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) Aqilillah Putra Martin yang dibantu Tzu Chi sejak tahun 2017 sampai saat ini. Aqilillah diagnosa Epispadia yang merupakan kelainan bawaan sejak lahir yang menyebabkan letak uretra (lubang kencing) laki-laki tidak pada posisi yang seharusnya. Bantuan yang diberikan kepada Aqilillah berupa tunjangan transportasi rawat jalan, rawat inap, dan obat di luar tanggungan BPJS.

Dalam kegiatan Pemberkahan Awal Tahun 2023 di Tzu Chi Padang juga diadakan penuangan celengan bambu yang dilakukan peserta dan relawan Tzu Chi.

Sharing dari Delmawati, orang tua Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) Aqilillah Putra Martin yang dibantu Tzu Chi sejak tahun 2017 hingga sekarang. Aqilillah di diagnosa mengalami Epispadia sejak lahir.

Berkat jodoh yang baik, Aqilillah bersama dengan orang tuanya Delmawati dapat hadir dalam acara Pemberkahan Awal Tahu 2023. Pada kesempatan ini, Delmawati menceritakan tentang kehidupan mereka dan awal mula Aqilillah di diagnosa Epispadia. Sampai saat ini, Aqilillah sudah melakukan beberapa kali operasi besar di Rumah Sakit Cipto Jakarta dan operasi berikutkan akan di jadwalkan di awal tahun 2024.

Dalam sharing-nya, Delmawati tak lupa mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Ketua dan Wakil Ketua Tzu Chi Padang, relawan Tzu Chi, para donatur yang sudah membantu biaya pengobatan anaknya. “Tanpa bantuan dari Tzu Chi, mungkin pengobatan Aqilillah tidak akan berjalan dengan baik karena keterbatasan biaya untuk melanjutkan pengobatan di Jakarta. Alhamdulillah, Tzu Chi membantu semua apa yang dibutuhkan dalam pengobatan. Saat ini Aqilillah kondisinya sudah mulai membaik,” kata Delmawati. Pada akhir sharing semua tamu bertepuk tangan memberi semangat kepada Aqilillah dan ibunya.

Di akhir kegiatan Pemberkahan Awal Tahun 2023, relawan Tzu Chi Padang juga membagikan angpau Berkah dan Kebijaksanaan dari Master Cheng Yen kepada seluruh peserta.

Acara kemudian dilajutkan dengan penampilan salah satu relawan yang menyanyikan lagu “Senyuman Terindah” dan penungan celengan bambu oleh para peserta. Setelah itu, para peserta diajak untuk menyaksikan video Ceramah Master Chen Yen serta doa bersama dengan membawa pelita sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Menjelang akhir acara, para peserta dibagikan angpau Berkah dan Kebijaksanaan dari Master Cheng Yen dan bersama-sama mengikuti isyarat tangan Satu Keluarga di akhir kegiatan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

PAT 2022: Tekad Teguh Tak Tergoyahkan

PAT 2022: Tekad Teguh Tak Tergoyahkan

15 Desember 2022

Untuk tampil dalam Persamuhan Dharma, para penyelam Dharma menghabiskan waktu untuk latihan selama tujuh bulan. Di samping harus menghapal lirik, gerakan, dan formasi, juga dibutuhkan tekad dan niat yang kuat agar dapat terus latihan hingga hari persamuhan tiba. 

PAT 2022: Menyelami Dharma, Menyeberangi Lautan Samsara

PAT 2022: Menyelami Dharma, Menyeberangi Lautan Samsara

14 Desember 2022

Kapal berkapasitas besar dengan logo Tzu Chi sudah siap untuk berlayar membawa para insan Tzu Chi dan semua makhluk yang menderita menyeberangi lautan. Juga menghadapi badai dan ombak besar di tengah lautan yang luas hingga mencapai pantai kebahagiaan.

PAT 2022: Menyelami dan Menghayati Kebenaran Sejati Dari Sutra, Serta Membina Berkah dan Kebijaksanaan

PAT 2022: Menyelami dan Menghayati Kebenaran Sejati Dari Sutra, Serta Membina Berkah dan Kebijaksanaan

15 Desember 2022

Tzu Chi Medan mengadakan Pemberkahan Akhir Tahun 2022 dan Pelantikan Relawan Komite. Pementasan adaptasi Persamuhan Dharma juga digelar untuk menyelami semangat pembabaran Dharma Puncak Burung Nasar 2.500 tahun lalu.

Saat membantu orang lain, yang paling banyak memperoleh keuntungan abadi adalah diri kita sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -