Tzu Chi Palembang Lanjutkan Bantuan Perlengkapan Medis Tahap II

Jurnalis : Putradi (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Putradi, Sefy (Tzu Chi Palembang)


Peyerahan bantuan kepada RS. Dr. AK Gani yang diwakili oleh Letkol CKM, Drs, BJ Saman, Apt.

Beberapa Rumah sakit di Palembang masih kekurangan alat pelindung diri (APD) seperti baju isolasi (hazmat), kacamata google, masker operasi, dan alat rapid test. Karena itu Tzu Chi Palembang terus berupaya menyalurkan bantuan APD terutama ke rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19.

Sebelumnya pada 27 Maret 2020, Tzu Chi Palembang telah mendistribusikan bantuan tahap I berupa 36.000 masker, 1.200 botol air minum kemasan, dan 1.200 bungkus biskuit ke sepuluh Rumah Sakit serta Dinas Kesehatan di Kota Palembang.

 

Perwakilan RS Bunda Prabumulih saat menandatangani surat serah terima bantuan APD.

Kemudian bantuan tahap II dimulai dari tanggal 14–20 April 2020. Agar bantuan segera dapat didistribusikan dan bisa mengikuti himbauan pemerintah untuk “stay at home” yaitu menjaga kesehatan bersama dengan tetap di rumah, maka itu Sefy, Koordinator TIMA (Tzu Chi Medical Assosiation) Palembang memutuskan pihak rumah sakitlah yang datang langsung mengambil bantuan ke Kantor Tzu Chi Palembang.

Bantuan tahap II ini diutamakan bagi rumah sakit rujukan Covid-19 dan  puskesmas yang menangani pasien positif covid-19 yaitu RS RK Charitas, RS dr. AK Gani Palembang, RS Bhayangkara Palembang, RS Bunda Prabumulih, dan RS Umum Kota Prabumulih. Lalu RS Myria, RS Kundur, RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang, RS Karya Asih Charitas, RSK Gigi Dan Mulut Palembang, RS Santo Antonio Baturaja, serta Klinik Kartini KM 20. Sedangkan dua Puskesmas ialah Puskesmas Sako, dan Puskesmas Kenten.

 

Teddy Kurniawan, Ketua Tzu Chi Palembang saat menyerahkan bantuan kebutuhan medis kepada perwakilan RS Umum Kota Prabumulih.

Dalam bantuan ini telah diserahkan sebanyak 315 baju isolasi (Hazmat), 140 kacamata google, 12.000 masker operasi, 115 liter pembersih tangan (Handsanitizer), 200 liter disinfektan, 2.500 tablet multivitamin, 232 Pelindung wajah (Face Shield), 310  masker N95 dan 1.200 alat rapid test.

Sementara itu drg. Laila Ayu Marlina dari Puskesmas Sako menyampaikan bahwa di tempatnya bertugas ada pasien yang positif Covid-19 dan ada juga yang melakukan isolasi mandiri. Ada 12 orang dalam pengawasan (ODP), tapi sekarang sudah sehat.


Serah terima bantuan APD kepada RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

“Dan ini penyebarannya bukan dari luar kota bahkan sekarang sudah terjadi transmisi penyebaran virus lokal atau dalam kota Palembang,” jelasnya.

Dokter Laila Ayu Marlina mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Tzu Chi Palembang. Sebelumnya untuk pemakaian baju APD digunakan dua kali seminggu, tapi dengan bantuan ini tim medis bisa memakai APD baru setiap hari.

Editor: Khusnul Khotimah


Artikel Terkait

Tzu Chi Palembang Lanjutkan Bantuan Perlengkapan Medis Tahap II

Tzu Chi Palembang Lanjutkan Bantuan Perlengkapan Medis Tahap II

27 April 2020

Tzu Chi Palembang kembali mendistribusikan bantuan medis tahap II yang dimulai dari tanggal 14–20 April 2020. Bantuan tahap II ini diutamakan bagi rumah sakit rujukan Covid-19 dan  puskesmas yang menangani pasien positif Covid-19.


Dengan keyakinan yang benar, perjalanan hidup seseorang tidak akan menyimpang.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -